Pengertian Etika Bisnis dan Contoh Etika Bisnis

Pengertian etika bisnis adalah sebuah metode yang dilakukan oleh beberapa orang dalam suatu bisnis dalam kegiatan bisnisnya yang mencakup berbagai macam aspek, baik individu, entitas bahkan masyarakat. Rafinternet.com akan memberitakan apa yang dimaksud dengan etika bisnis dan bagaimana contoh etika bisnis?

Pengertian Etika Bisnis dan Contoh Etika Bisnis


Etika bisnis diartikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan mengenai tata cara yang ideal dalam mengelola bisnis dengan memperhatikan norma atau moralitas yang berlaku secara menyeluruh, universal, ekonomi bahkan sosial.

Jadi setiap jenis perusahaan harus memperhatikan dan menjalankan etika yang berlaku seperti taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Adapun prinsip etika bisnis yaitu sebagai berikut:

  1. Jujur dalam berinteraksi baik dalam komunikasi atau bersikap.
  2. Mempunyai komitmen dan taat janji.
  3. Mempunyai loyalitas.
  4. Mempunyai integritas.
  5. Mempunyai sifat amanat.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli.

Dari pengertian etika bisnis, maka beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian etika bisnis adalah:
  • Yosephus.
Menurut Yosephus, pengertian etika bisnis adalah daerah yang memiliki penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis. Jadi sasaran etika bisnis adalah perilaku moral pembisnis yang berkegiatan ekonomi.
  • Hill dan Jones.
Menurut Hill dan Jones, definisi etika bisnis adalah sebuah ajaran yang membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Hal ini dapat memberikan sebuah bekal kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk membuat keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.
  • Velasquez.
Menurut Velasquez, etika bisnis adalah sebuah studi mengenai moral yang salah dan benar. Studi yang terkonsentrasi pada standar moral sebagaimana ditetapkan dalam kebijakan, institusi dan perilaku bisnis.
  • Steade ET Al
Etika bisnis adalah sebuah standar etika yang berhubungan dengan tujuan dan sebuah cara mengambil suatu keputusan bisnis.
Baca juga Pengertian Agresif.

Tujuan Etika Bisnis

Berdasarkan Pengertian Etika Bisnis, tentunya kita harus mengetahui manfaat serta tujuan etika bisnis. Setiap pembisnis sudah harus memiliki pengetahuan tentang etika dalam berbisnis serta harus menggunakannya ketika berinteraksi.

Untuk setiap pengusaha, tujuan etika dalam berbisnis adalah agar dapat meningkatkan kesadaran moral serta membuat batasan-batasan bagi pelaku bisnis serta membuat sebuah signal bisnis yang baik. Para pembisnis harus mempunyai pemahaman mengenai monkey bisnis atau praktek bisnis yang kotor yakni yang merugikan pihak lain termasuk dirinya sendiri pada akhirnya.

Pelaksanaan etika dalam berbisnis seharusnya akan membawa sebuah perusahaan ke arah manajemen bisnis yang baik sehingga masing-masing orang memiliki citra yang baik di mata semua orang.

Inti etika bisnis adalah kita harus mempunyai moral ketika berbisnis harusnya tidak boleh melanggar hukum yang berlaku, bahkan sampai merugikan pihak-pihak yang lainnya.

Baca juga

Contoh Etika bisnis yang baik.

Berdasarkan pengertian etika bisnis, maka kita dapat memberikan beberapa contoh etika bisnis yang baik dan bisa ditiru ya, sebagai berikut:
  • Menyebutkan nama.
Para pembisnis harus menyebutkan nama dari partner bisnis secara lengkap ketika bertemu dengan orang lain apalagi orang baru. Ini adalah Erika sederhana yang sering kali tidak diduga, akan tetapi memberikan hasil yang terbaik.

Walaupun begitu sebaiknya ketika anda tidak hafal nama panjangnya, lebih baik nama panggilannya hal ini digunakan untuk menghindari adanya salah faham.
  • Berdiri saat berkenalan.
Pembisnis pada umumnya melakukan hal ini, dengan berdiri ketika berkenalan maka seseorang akan merasa dihargai dan juga diperlakukan dengan baik oleh orang tersebut.

Walaupun begitu apabila situasinya tidak memungkinkan maka sebaiknya anda membungkuk saja, atau berjabat tangan secara tanpa sentuhan ya.
  • Mengucapkan Terimakasih
Hal ini bertujuan agar orang lain merasa dihargai atas apa yang dilakukan oleh orang tersebut. Ucapan terima kasih harus diucapkan dalam rangka menghargai lawan bicara ya.

Baca juga Pengertian VPN.

Nah Pengertian Etika Bisnis dan Contoh Etika Bisnis yang baik dan benar telah saya jelaskan ya kawan-kawan.

0 Response to "Pengertian Etika Bisnis dan Contoh Etika Bisnis"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel