✓ Pengertian Berita adalah, Ciri-ciri Berita dan Syarat Berita yang Baik

Pengertian Berita adalah sesuatu informasi atau laporan mengenai sebuah hal yang sedang dan telah terjadi dimana penyampaiannya melalui media cetak, siaran TV, radio, media Online bahkan dari mulut ke mulut kepada khalayak banyak secara umum. Rafinternet.com akan memberikan bahasan mengenai Apa Itu Berita? Bagaimana Contoh Berita Yang Baik?

Secara umum, Pengertian Berita adalah sebuah informasi mengenai laporan fakta terbaru dan terpenting mengenai peristiwa terkini yang disampaikan kepada masyarakat luas melalui berbagai media online atau offline seperti media sosial dan surat kabar.

Pengertian Berita


Secara umum, isi berita adalah informasi terbaru atau aktual mengenai fakta-fakta yang terjadi dimasa lalu. Selain itu berita juga berfungsi sebagai alat untuk mempengaruhi masyarakat mengenai isu yang diangkat dalam berita tersebut.

Penyampaian berita harus memenuhi beberapa unsur yakni 5W+1H yaitu;

  • What, Menanyakan apa yang terjadi dalam peristiwa tersebut?
  • Who, Menanyakan Siapa yang terlibat dalam sebuah peristiwa.
  • Where, Menanyakan tempat terjadinya peristiwa tersebut.
  • When, Menanyakan kapan terjadinya peristiwa tersebut.
  • Why, Menanyakan alasan terjadinya peristiwa tersebut.
  • How, Menanyakan bagaimana urutan terjadinya peristiwa tersebut.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli, dapat digunakan untuk merujuk beberapa pendapatnya yakni;
  • Dean M. Lyle Spencer
Menurut Dean M. Lyle Spencer, Pengertian Berita adalah ide atau kenyataan yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembacanya.
  • Michel V. Charniey
Menurut Mickhel V. Charniey, Pengertian Berita adalah sebuah laporan tercepat dari peristiwa Datau keterpaduan yang faktual, menarik dan penting bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.
  • Willard C. Bleyer
Menurut Willard C. Bleyer, definisi berita adalah informasi terkini yang dipilihkan oleh wartawan agar dimuat dalam suatu media sehingga dapat menarik minat bagi pembacanya.
  • William S. Maulsby.
Menurut William S. Maulsby, Arti berita adalah sebuah penuturan secara benar dan tidak memihak atau independen dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang dimuat berita tersebut.
  • J.B Wahyudi.
Pengertian Berita Menurut J.B Wahyudi adalah sebuah laporan mengenai peristiwa atau pendapat yang mempunyai nilai penting, menarik bagi khalayak dan terbaru serta dipublikasi melalui media massa secara periodik.
  • Amak Syarifuddin.
Berita adalah sebuah laporan keterjadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang dapat menarik perhatian publik media massa.

Baca juga Media Online.

Ciri-ciri berita yang baik.

Berdasarkan pengertian berita, berita mempunyai ciri-ciri agar dapat membedakannya dengan bentuk informasi lainnya. Adapun ciri-ciri berita adalah sebagai berikut;
  • Berita berisi informasi terkini dan aktual yang dianggap bermanfaat bagi khalayak umum
  • Isi berita yang menarik perhatian masyarakat sehingga dalam penyajiannya membutuhkan sebuah teknik penyampaian secara tersendiri.
  • Informasi dalam berita memuat fakta yang akan disampaikan kepada masyarakat.
  • Isi berita disampaikan secara jelas dan menggunakan kalimat yang tidak berbelit-belit.

Syarat-Syarat Berita.

Berdasarkan pengertian berita, berita Aan dianggap bermanfaat dan memenuhi kode etik dengan syarat-syarat tertentu. Beberapa syarat berita adalah sebagai berikut;
  1. Sesuai fakta, berita harus memuat informasi yang sesuai dengan fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan.
  2. Berita Aktual, Berita harus memuat informasi yang terkini yakni jarak waktu antara keterjadian dan penyiaran tidak terlalu jauh.
  3. Independen, berita harus memuat informasi yang sebenarnya terjadi serta tidak memihak atau bahkan memojokkan suatu pihak yang dapat memengaruhi masyarakat.
  4. Lengkap, berita harus memberikan informasi secara lengkap agar masyarakat tidak bingung dan juga tidak salah penafsiran.
  5. Sistematis, berita harus disampaikan secara urut sistematis agar masyarakat mudah untuk memahaminya.
  6. Akurat, berita harus melalui proses konfirmasi agar berita tersebut tidak hoax dan terjaga keakuratan isi berita.
  7. Menarik, berita harus disampaikan melalui cara semenarik mungkin agar pembaca betah membaca berita tersebut.
  8. Mudah Dimengerti, berita harus disampaikan dengan penggunaan kata dan kalimat yang mudah dimengerti masyarakat awam.
Baca juga: Pengertian Email.

Nah Pengertian Berita dapat disimpulkan bahwa berita adalah sebuah informasi yang disampaikan oleh wartawan dengan menjada kualitas isi dari berita tersebut. Berita mempunyai ciri-ciri berita dan harus memenuhi syarat berita yang baik.

0 Response to "✓ Pengertian Berita adalah, Ciri-ciri Berita dan Syarat Berita yang Baik"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel