Pengertian Agresif adalah: Ciri-ciri Agresif dan Jenis Perilaku Agresif

Pengertian Agresif adalah sebuah perilaku yang sengaja dimaksudkan untuk melukai atau menyakiti perasaan orang lain baik secara fisik atau verbal. Perilaku ini sering dikaitkan ke sikap anak-anak pada usia perkembangan yang cenderung melakukan sebuah aktivitas yang dia inginkan akan tetapi dia mengejek atau menyakiti perasaan anak lain. Rafinternet.com akan memberikan bahasan mengenai apa yang dimaksud dengan agresif? Bagaimana ciri-ciri agresif dan jenis perilaku agresif.

Pengertian Agresif adalah: Ciri-ciri Agresif dan Jenis Perilaku Agresif


Istilah agresif sering dikaitkan dengan sebuah kondisi psikologis seseorang yang memiliki konotasi negatif. Dalam sudut pandang ilmu psikologi, agresif merupakan perilaku seseorang yang ditujukan untuk menyerang maupun menyakiti orang lain. Sifat agresif ini terjadi di masa perkembangan yakni pada usia 3-7 tahun dimana menjadi tahap perkembangan yang memiliki masalah baik dirumah maupun disekolah.

Baca juga Pengertian Berita.

Arti Agresif menurut para ahli.

Berdasarkan pengertian agresif, maka dapat disimpulkan bahwa arti agresif menurut pendapat para ahli adalah:

  • David G. Myers
Menurut David G. Myers, pengertian agresif adalah sebuah perilaku fisik ataupun verbal yang memiliki tujuan untuk melukai objek yang menjadi sasaran agresif.
  • Linda L. Davidoff
Menurut Linda L. Davidoff, arti agresif adalah sebuah tindakan makhluk hidup yang ditujukan menyerang dan menyakiti mahkluk lainnya, baik verbal ataupun non verbal.
  • Robert Baron.
Pengertian Agresif adalah tingkah laku individu yang memiliki tujuan melukai atau mencelakai orang lain yang tidak ingin datangnya tingkah laku tersebut.
  • Leonard Berkoeitz.
Menurut Leonard Berkoeitz, definisi perilaku agresif adalah perilaku yang dimaksudkan sebagai alat untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun mental.
  • Kamus besar bahasa Indonesia.
Menurut KBBI, pengertian Agresif adalah sebuah sifat untuk menyerang, atau cenderung ingin menyerang sesuatu yang dianggap sebagai sebuah situasi atau hal yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat.


Ciri-ciri Perilaku Agresif.

Perilaku agresif dapat dikenali melalui memperhatikan sikap dan tindakan orang dalam kehidupannya sehari-hari. 

Menurut Bower dalam Psychemate 2007, ciri-ciri perilaku agresif adalah

  • Memberikan perasaan tanpa adanya mengindahkan bahkan menyinggung perasaan orang lainnya.
  • Mata yang tidak memiliki ekspresif, merendahkan, bahkan melotot serta memalingkan muka ketika berbicara.
  • Berbicara yang lebih banyak dengan cepat serta hanya membicarakan tentang dirinya sendiri.
  • Seringkali membanggakan dirinya apalagi ketika mereka itu dipuji oleh orang lain, akan tetapi mereka sering membuat orang yang memuji itu malahan tersinggung.
  • Mempunyai sifat Sok Tahu dimana mereka hanya memberikan opini atas semua hal menurut sudut pandang mereka sendiri bahkan memberi kebenaran kepada dirinya.
  • Mengutamakan dirinya sendiri daripada orang lain.
  • Menyerang orang lain ketika mereka berpendapat orang lain ketika berbicara.
Baca juga Pengertian VPN.

Jenis-Jenis Perilaku Agresif.

Perilaku agresif dibedakan menjadi dua macam yakni agresif rasa benci dan agresif sebagai sarana mencapai tujuan. Berikut ini adalah penjelasannya:

Agresif Rasa Benci / Tidak suka.

Perilaku agresif ini ditandai dengan adanya sifat emosi yang tinggi yang seringkali mengungkapkan rasa kemarahan. Agresif ini bertujuan untuk kepentingan diri sendiri dan sering dinamakan agresif jenis panas.

Seseorang yang mempunyai sifat agresif ini cenderung tidak peduli terhadap apa yang diakibatkan sifatnya itu ya. Tentunya akan memberikan kerugian yang lebih banyak daripada manfaatnya.

Agresif Untuk Gapai Tujuan.

Sifat ini ditandai dengan adanya perilaku yang sering emosi untuk menunjukkan siapa yang bisa mencapai tujuannya itu. Seringkali perilaku dari pelaku dan korban tidak ada hubungannya antar pribadi ya.


Nah Pengertian Agresif dan Arti agresif serta definisi agresif telah saya sebutkan ya kawan.

0 Response to "Pengertian Agresif adalah: Ciri-ciri Agresif dan Jenis Perilaku Agresif"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel