Pengertian VPN adalah: manfaat, Fungsi dan Kelebihan serta kekurangan VPN

Konten [Tampil]
Pengertian VPN adalah sebuah koneksi yang terjadi diantara jaringan satu dengan jaringan yang lain secara pribadi atau private dengan menggunakan jaringan publik (internet). Rafinternet.com akan memberikan penjelasan mengenai apa itu VPN / Virtual Private Network?

Pengertian VPN adalah


Definisi VPN kata per kata dapat dipelajari seperti berikut ini,

  • Virtual: sesuatu yang tidak nyata atau semu yakni didunia Maya atau internet.
  • Private, yaitu sesuatu yang sifatnya pribadi, yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu. Untuk dapat menjaga kerahasiaannya dari jaringan publik maka seluruh data akan di enkripsi.
  • Network, yaitu jaringan koneksi yang menghubungkan koneksinya.
Jadi, Pengertian VPN adalah koneksi atau hubungan yang terjadi secara virtual atau Maya di jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.

Baca juga pengertian Database.

Fungsi VPN dan Kegunaan VPN.

Kegunaan VPN adalah cara yang aman agar dapat mengakses Local Area Network (LAN) yang berada dalam jaringan tertentu, melalui koneksi internet atau jaringan lainnya yang menggunakan transmisi data pribadi. Dengan adanya VPN maka kita dapat menghindari adanya sebuah penyusup yang ada pada saat melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu dapat masuk ke lalu lintas jaringan.

Berdasarkan Pengertian VPN diatas, maka dapat diambil sebuah fungsi VPN dah kegunaan VPN antara lain,
  • Kerahasiaan Data (Confidence Ally)
Seseorang yang menggunakan VPN dapat menjaga kerahasiaannya data dan informasi milik pengguna agar tidak digunakan orang lain secara sembarangan. Saat ini pengguna jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis yang besar seperti perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang memiliki informasi dan data yang rentan. Dengan adanya VPN maka bisa mengamankan masuk dan keluarnya data dengan menggunakan jaringan yang terenkripsi.
  • Keutuhan Data (Data Integritas)
Vpn dapat berguna untuk menyelamatkan data dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Program VPN dapat memastikan bahwa transmisi data selesai dan diterima penerima sesuai dengan permintaan user tanpa adanya sebuah perubahan yang sedikitpun terjadi atau terjadinya manipulasi dari data yang dikirim.
  • Otentifikasi Sumber (Origin Authentication)
Program VPN berguna untuk mengintensifkan sumber pengirim data yang akan diterima. VPN dapat memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Jika dalam proses autentikasi berhasil, maka informasi dan data akan disetujui. Dalam hal ini VPN bermanfaat agar menganalisis sumber-sumber yang tidak terpercaya atau kredibel sehingga dapat mencegah terjadinya pengiriman virus atau bahkan Malware.

Baca juga Pengertian Teknologi.

Manfaat VPN 

Setelah Pengertian VPN dan fungsi VPN, kita dapat mengetahui manfaatnya. Dengan adanya VPN maka transmisi data yang terjadi diantara komputer bahkan gaghet pribadi akan secara otomatis terenkripsi sehingga akan aman dari pihak yang tidak berkepentingan.

Secara umum Manfaat VPN adalah sebagai berikut 
  1. Privasi; Privasi yang akan lebih terjamin dengan adanya beberapa fitur untuk menyembunyikan kegiatan dari ISP (internet service provider) ketika berselancar di internet. Pengguna VPN dapat dengan menyembunyikan alamat IP asli sehingga ketika melakukan kegiatan browsing internet tidak akan diketahui oleh seseorang lokasi dimana ia berada.
  2. Remote Access, dengan adanya VPN maka dapat digunakan mengakses jaringan komputer di kantor 
  3. Keamanan; VPn akan membantu dalam menjada keamanan jaringan dari serangan hacker, apalagi ketika menggunakan WiFi umum.
  4. Hemat Biaya; VPN akan membantu dalam melakukan Penghematan biaya pengaturan jaringan. penggunaan VPN di jaringan local yang luas dapat digunakan dengan biaya murah karena menggunakan jaringan internet tanpa harus membangun jaringan sendiri.
Baca juga Pengertian LAN.

Cara Kerja VPN.

Cara kerja VPN yaitu dengan membuat jaringan di dalam jaringan atau sering disebut dengan tunneling. Tunneling memiliki manfaat untuk membuat koneksi secara private dengan menggunakan infrastruktur jaringan lain.

Secara umum, ketika mengakses website di internet, secara otomatis kita akan terhubung ke ISP. Jadi semua trafik yang melalui website akan secara otomatis tersimpan di jaringan ISP.nya

Berbeda ketika komputer yang memiliki akses VPN dapat mengakses internet. VPN akan secara otomatis mengenkripsi kan data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui alamat website yang dikunjungi oleh pengguna bahkan semua situsnya.

Cara kerja VPN ini adalah sebagai berikut,
  1. ISP tidak mengetahui semua aktivitas penggunaan VPN yang ada di internet.
  2. Alamat IP yang terlihat adalah alamat IP server VPN.
  3. Penggunaan Hotspot publik menjadi aman ketika data terenkripsi 
  4. Provider VPN bisa melihat semua aktivitas penggunaan VPN di internet.

Kelebihan dan kekurangan VPN.

Ketika menggunakan server VPN di jaringan komputer perusahaan, maka dalam transmisi data yang bersifat rahasia atau private dalam membantu mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus pencurian data oleh pihak yang tidak terproteksi.

Dengan menggunakan VPN maka tidak akan ada yang bisa menyusup ke jaringan pribadi anda sehingga dalam transmisi data sangat tinggi. Berdasarkan pada pengertian VPN, adapun kelebihan dan kekurangan VPN adalah sebagai berikut.
  • Kelebihan VPN

  1. Bagi perusahaan, jaringan yang khusus dalam membuat jaringan lebih aman, maka VPN merupakan solusi dengan biaya yang lebih murah.
  2. Fitur beberapa keamanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  3. Dengan menggunakan VPN maka mobilitas perusahaan akan lebih baik daripada pekerja yang menggunakan jaringan kantor yang bersifat pribadi.
  • Kekurangan VPN.
  1. jika menyediakan akses ke karyawan secara global atau internet, maka faktor keamanan yang perlu diperhatikan karena menjadi resiko tersendiri sehingga informasi sensitif perusahaan dapat diakses.
  2. Memerlukan perhatian yang ekstra dalam penerapan sistem keamanan dari VPN.

NAH pengertian VPN, manfaat VPN, fungsi VPN, kelebihan dan kekurangan VPN, telah saya sampaikan ya.

0 Response to "Pengertian VPN adalah: manfaat, Fungsi dan Kelebihan serta kekurangan VPN"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel