✓ Pengertian Intranet adalah, Sejarah Intranet, Kelebihan Dan Kekurangan Intranet

Pengertian Intranet Adalah sebuah jaringan privat atau pribadi yang terhubung dengan beberapa protokol internet yakni TCP / IP, sehingga dapat saling berkomunikasi dan mengirimkan informasi secara rahasia dalam lingkup yang terbatas, seperti Kantor, universitas, bahkan sekolah. Jadi Rafinternet.com akan membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan Intranet / Internal Network.

Dengan kata lain, Intranet adalah sebuah jaringan internet yang tertutup dengan skala yang terbatas yang dimiliki oleh jaringan internet pribadi. Intranet hanya dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan tertentu yang tidak dapat diakses oleh pihak luar tanpa seijinnya.

Pengertian Intranet


Intranet merupakan kepanjangan dari Internal Network. Ada beberapa organisasi yang dapat membangun intranet dengan beberapa komponen protokol internet yang dapat digunakan baik di hardware atau software seperti komputer client, server hub, modem dan protokol internet.

Baca juga Pengertian VPN

Pengertian Intranet Menurut Para Ahli.

Anda dapat memahami Arti Intranet, maka dapat merujuk pendapat para ahli tentang Intranet yakni
  • Turban, King, Lee dan Liang.
Menurut King, Lee, Turban dan liang, Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan perusahaan ataupun pemerintah uang menggunakan peralatan atau tools dalam internet, seperti Web browser dan internet protokol. Jaringan intranet dapat digunakan oleh perusahaan sebagai media untuk berkomunikasi dan kolaborasi.
  • Miftakul Amin.
Menurut Miftahul Amin Pengertian Intranet adalah Local area network yang dipergunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaratkan seperti Berinternet Dalam jaringan Local.
  • O'Brean dan Marakash.
Menurut O'Brien dan Marakas, Pengertian Intranet adalah jaringan yang ada dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi internet seperti Web browser dan server sehingga dapat menyediakan lingkungan internet dalam perusahaan yang berfungsi untuk berbagai informasi, komunikasi, kolaborasi dan dukungan proses bisnis.


Sejarah Intranet.

intranet berawal dari penemuan World Wide Web oleh Tim Berners Lee dan teman-temannya pada tahun 1989. Pada waktu itu, internet hanyalah sebuah jaringan komputer pribadi yang hanya populer di kalangan perusahaan dan instansi pemerintah.

Tahun 1995, barulah intranet diperkenalkan kepada beberapa provider produk jaringan sesuai dengan  kebutuhan informasi yang diinginkan. Informasi yang diberikan dalam intranet adalah dalam bentuk website sebuah perusahaan. Dengan intranet, organisasi dapat melakukan  berbagai aktivitas, mulai dari komunikasi data standar hingga mengirimkan informasi pribadi atau rahasia.

Intranet yang berkembang di perusahaan tidak pernah lepas dari perkembangan internet sendiri. Kedua teknologi ini akan membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan, misalnya efektivitas dan efisiensi kerja. 

Biasanya intranet diperusahaan digunakan untuk membantu aplikasi dan program, seperti kolaborasi kerjasama, manajemen proyek, manajemen pelanggan, dan lain-lain, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan tersebut.


Manfaat dan fungsi Intranet.

Pengertian intranet yang telah disampaikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi utama Intranet adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain melalui jaringan lokal sehingga hanya dapat diakses di layanan terbatas yakni dalam satu lokasi saja.

Manfaat Intranet dan keuntungan Intranet adalah sebagai berikut;
  • Meningkatkan produktivitas kerja, dengan menggunakan intranet maka setiap orang dalam organisasi bisa mendapatkan informasi yang dapat menunjang peran mereka di organisasi tersebut.
  • Efisiensi biaya dan waktu, dengan produktivitas yang meningkat maka waktu dan biaya yang dikeluarkan akan semakin sedikit dan output yang dihasilkan lebih banyak.
  • Memudahkan Komunikasi, intranet dapat membantu proses komunikasi dari berbagai deviasi dalam organisasi, baik ke atas atau kebawah.
  • Manajemen dan operasi, intranet dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan oleh manajemen baik secara internal ataupun eksternal.
  • Membantu perusahaan dalam membangun budaya kerja, perusahan yang telah memiliki kolaborasi akan mempermudah para karyawan untuk memadukan berbagai ide yang dapat membantu kemajuan organisasi.

Nah Pengertian Intranet menurut Para Ahli telah saya Sampaikan, bersamaan dengan Sejarah Intranet dan Manfaat Intranet, semoga menambah wawasan ya.

0 Response to "✓ Pengertian Intranet adalah, Sejarah Intranet, Kelebihan Dan Kekurangan Intranet"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel