Pengertian Adaptasi adalah: Tujuan, Jenis, Arti dan Contoh Adaptasi.

Konten [Tampil]
Pengertian Adaptasi adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana seorang menyesuaikan diri dalam situasi yang memiliki tekanan dari lingkungan sekitar untuk dapat bertahan hidup. Rafinternet.com akan memberikan bahasan mengenai Apa yang dimaksud dengan adaptasi?

Nah Pengertian adaptasi adalah kemampuan khusus yang dimiliki oleh mahluk hidup agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya agar dapat bertahan hidup. Semua makhluk hidup harus mempunyai kemampuan adaptasi pada lingkungan karena bagi mereka yang tidak dapat beradaptasi bisa saja mereka mengalami kepunahan ya.

Contoh adaptasi sederhana bisa saja dilakukan untuk memperoleh air, udara atau nutrisi bahkan untuk mengatasi kondisi fisik lingkungan. Mempertahankan kondisi kehidupan dari musuh bahkan kompetisi dan reproduksi bahkan keharusan dalam merespon perubahan yang terjadi di lingkungan.
Baca juga Pengertian Agresif.

Tujuan Adaptasi.

Tujuan utama adaptasi adalah agar bisa melindungi diri sendiri terhadap lingkungan agar tidak mengalami kepunahan atau sejenisnya. Berdasarkan pengertian adaptasi diatas, beberapa tujuan adaptasi secara umum adalah;
  • Agar dapat memperoleh makanan dan minuman.
  • Agar dapat melindungi diri dari musuh atau kompetitor.
  • Agar dapat berkembang biak dan melestarikan jenisnya.
  • Agar dapat bertahan hidup.
Baca Juga Struktur Berita.

Proses adaptasi itu tidak hanya dibutuhkan oleh manusia atau hewan saya bahkan tumbuhan atau benda yang tidak bernyawa yang memiliki kemampuan tumbuh harus melakukan adaptasi. Contoh tumbuhan yang memiliki klorofil yang tumbuh dari arah cahaya matahari, dan tumbuhan berair contohnya eceng gondok sudah pasti akan menumbuhkan akarnya ke bawah agar dapat menyeimbangkan posisinya.

Jenis-Jenis Adaptasi.

Adaptasi terbagi menjadi beberapa jenis yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku. Beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis adaptasi adalah sebagai berikut;

Adaptasi Morfologi.
Pengertian adaptasi morfologi adalah cara agar dapat menyesuaikan bentuk tubuh dan alat-alat yang terdapat pada tubuh sebuah organisme untuk dapat menyediakan diri dengan lingkungannya. Adaptasi morfologi lebih mudah untuk diamati karena adaptasi tersebut kasat mata.

Contoh adaptasi morfologi pada manusia adalah perubahan warna rambut kepala saat lanjut usia ya serta kulit manusia yang semakin menghitam apabila terlalu sering terkena panas. Contoh adaptasi morfologi pada hewan adalah bebek yang mempunyai selaput pada kakinya yang berguna untuk berenang dan juga mencari makan.

Adaptasi Fisiologi.
Pengertian adaptasi fisiologi adalah adaptasi terhadap fungsi bagian tubuh organisme terhadap lingkungan sekitarnya. Adaptasi fisiologi hanya dapat diketahui melalui studi karena adaptasi fisiologi tidak kasar mata.

Contoh adaptasi fisiologi pada manusia adalah penemuan bahwa jantung atlet yang jauh lebih besar daripada jantung milik orang biasa pada umumnya. Contoh adaptasi fisiologi pada hewan adalah hewan yang dibedakan dari beberapa jenis seperti karnivora, herbivora dan omnivora.

Adaptasi Tingkah laku.
Adaptasi laku ini dilakukan ketika sebuah organisme berusaha menyesuaikan tingkah laku terhadap keadaan lingkungannya. Contoh adaptasi tingkah laku adalah bunglon yang yang merubah warna tubuhnya untuk menyesuaikan tempat yang dihinggapinya.
Baca Juga Pengertian Agresif.

Contoh adaptasi 

Ada banyak sekali yang bisa kita lakukan agar bisa beradaptasi. Semua organisme dilingkungan selalu berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan agar bisa bertahan hidup. Berdasarkan pengertian adaptasi, beberapa contoh adaptasi morfologi, contoh adaptasi fisiologi dan contoh adaptasi tingkah laku adalah sebagai berikut;

Contoh Adaptasi Morfolodi

  • tanaman air yang mempunyai daun lebih lebar untuk membantu proses penguapan menjadi lebih cepat.
  • Beberapa bentuk gigi hewan yang sesuai dengan jenis makanannya.
  • Hewan yang hidup di kutub Utara memiliki kulit yang tebal serta bulu yang halus untuk tetap bertahan hidup.

Contoh Adaptasi Fisiologi.

  • Manusia yang mengeluarkan keringat yang berfungsi untuk membantu mengatur suhu tubuh serta membuang zat sisa metabolisme.
  • Hewan herbivora yang memanfaatkan enzim-enzim selulase agar membantu proses pencernaan tumbuhan yang dimakannya.
  • Ikan yang memiliki gitar sisi berfungsi agar mengetahui besarnya tekanan air yang ada.
  • Cacing teredo menghasilkan enzime selulase untuk membantu mencernaan kayu yang dimakannya.

Contoh Adaptasi Tingkah laku.

  • Lipan akan menggulingkan dirinya ketika terancam.
  • Bunglon akan mengubah warnanya sesuai dengan lingkungannya.
  • Kumbang dan tupai akan berpura-pura mari saat menghadapi bahaya.
  • Cumi-cumi akan mengeluarkan tinta berwarna ketika dalam keadaan yang berbahaya.
Baca juga Pengertian Saham.

Nah Pengertian Adaptasi beserta contoh adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku telah saya sampaikan ya.

0 Response to "Pengertian Adaptasi adalah: Tujuan, Jenis, Arti dan Contoh Adaptasi."

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel