Contoh Soal Perhitungan Rasio Likuiditas Jangka Panjang dan Rumusnya

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan rasio likuiditas jangka panjang dan rumus debt ratio serta rumus interest coverage ratio harus diselenggarakan secara wajar untuk menilai kemampuan perusahaan mengembalikan pinjamannya. Hutang merupakan kewajiban perusahaan ketika mengusahakan adanya aktivitas bisnis selama operasionalnya.

Contoh soal rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, profitabilitas dan aktivitas harus menjadi pertimbangan seorang investor sebelum menanamkan dana di perusahaan. Informasi aliran kas masuk dan aliran kas keluar diprioritaskan pada pembayaran tagihan yang jatuh tempo sesuai masa peralihan aktiva tetapnya.

Mengapa rasio likuiditas sangat penting bagi perusahaan karena dapat menilai kemampuan perusahaan mengembalikan pinjaman dari supplier. Supplier dan customer merupakan pihak-pihak yang bekerja sama dengan perusahaan dapat rantai distribusi barang dan jasa kepada pelanggan akhir sesuai peruntukkannya.

Contoh Soal Perhitungan Rasio Likuiditas Jangka Panjang dan Rumusnya

Cara Meningkatkan Rasio Likuiditas Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Cara meningkatkan rasio likuiditas jangka pendek dan jangka panjang diperlukan sebagai upaya perusahaan memberikan kebebasan bagi investor mengalokasikan dananya sebagai liabilitas jangka panjang. Ketika perusahaan dibubarkan, maka harus melakukan pelunasan hutang kepada pihak eksternal terlebih dahuli.

Mengapa rasio likuiditas sangat penting bagi perusahaan sebab investor akan menilai kemampuan pengembalian pinjaman dari bank atau lembaga keuangan. Ketepatan waktu pembayaran dan tingkat bunga pinjaman berakibat pada kenaikan kepercayaan pengalokasian dana perusahaan selama satu periode.

Cara meningkatkan rasio likuiditas jangka pendek dan jangka panjang dapat melibatkan pertambahan aktiva lancar. Pengertian aktiva lancar adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan untuk mengalokasikan pembelian jangka pendek tanpa merubah nilai nominal yang ada selama satu periode sejalan dengan aktivitasnya.

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi dan Jawabannya

Contoh Soal Perhitungan Rasio Likuiditas Jangka Panjang dan Jawabannya

Contoh soal perhitungan rasio likuiditas jangka panjang dan jawabannya menjadi materi analisis laporan keuangan. Investor harus dapat melakukan analisis rasio keuangan agar mampu memberikan keputusan tentang performa keuangan yang terjadi selama satu periode untuk memperoleh dividen tertentu.

Contoh soal rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas harus diselenggarakan dengan benar untuk memberikan kepastian pembayaran tagihan. Termin pembayaran adalah jangka waktu pembayaran tagihan sejak barang dikirimkan dari gudang penjual hingga sampai waktu kontrak dilaksanakan.

Contoh soal perhitungan rasio likuiditas jangka panjang terjadi ketika PT Rafinternet melakukan optimalisasi pendapatan senilai Rp 53.000.000 dengan pembayaran bunga pinjaman bank senilai 6%. Hitunglah rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas berdasarkan laporan keuangan sebagai berikut:

Laporan Keuangan
PT Rafinternet
31/12/2021
AktivaPassiva
- Kas Rp 34.800.000 - Hutang Dagang Rp 54.133.333
- Piutang Rp 23.200.000 - Hutang Bank Rp 61.866.667
- Persediaan Rp 23.200.000
- Aktiva Tetap Rp 104.400.000 - Modal Saham Biasa Rp 69.600.000
Jumlah Rp 185.600.000 Jumlah Rp 185.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Metode Fifo ke Average

Cara Menghitung Rasio Hutang dan Interest Coverage Ratio

Cara menghitung rasio hutang dan interest coverage ratio menjadi materi analisis laporan keuangan. Apabila perusahaan tidak menyusun laporan keuangan maka akan terjadi ketidakpastian langkah perusahaan ketika mengupayakan mencapai tujuan sesuai keinginan dari pemegang saham yang beredar.

Contoh soal debt ratio dan rumusnya menjadi pilihan bagi investor untuk menilai tingkat kewajiban di perusahaan. Mengapa rasio likuiditas paling penting untuk mengukur performa keuangan perusahaan sebab menjadi tolak ukur pembayaran tagihan dari supplier. Adapun rumus debt ratio sebagai berikut

Debt ratio = Rp 61.866.667 / (Rp 61.866.667 + Rp 69.600.000)
Debt Ratio = 47%

Contoh soal perhitungan rasio likuiditas jangka panjang terdiri dari interest coverage ratio. Pengertian interest coverage ratio adalah kemampuan perusahaan melakukan pembayaran atas beban bunga yang terjadi selama satu periode. Hitunglah rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas sebagai berikut:

Interest Coverage Ratio = Rp 53.000.000 / (6% x Rp 61.866.667)
Debt Ratio = 43%

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan rasio likuiditas jangka panjang dan rumus analisis laporan keuangan. Informasi liabilitas bertujuan agar investor dapat menilai kapan sebuah investasi akan kembali menjadi dividen jangka pendek. Pengumuman pembagian dividen dapat melalui rups perusahaan tersebut.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Rasio Likuiditas Jangka Panjang dan Rumusnya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel