Contoh Soal Koreksi Kesalahan Pencatatan Akuntansi Periode Lalu

Konten [Tampil]

Contoh soal koreksi kesalahan pencatatan akuntansi periode lalu bertujuan agar entitas dapat memperpanjang masa manfaat aktiva tetapnya. Jurnal koreksi adalah pencatatan bukti transaksi untuk mengakhiri prosedur dan sistem pengendalian internal yang salah di perusahaan pada tahun sebelumnya.

Contoh jurnal koreksi perusahaan dagang, jasa dan manufaktur akan terjadi ketika sistem pengendalian internal entitas tidak mampu mengantisipasi terjadinya keterlambatan pembayaran tagihan. Jurnal koreksi adalah metode untuk menyesuaikan transaksi agar dapat sesuai dengan kebijakan akuntansi di masa lampau.

Perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan ditujuan bagi lawan transaksi yang mengadakan kegiatan bisnisnya. Pihak-pihak yang terkait dalam koreksi kesalahan adalah seluruh prosedur informasi keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan setiap akhir periode perpajakannya.

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Pencatatan Akuntansi Periode Lalu

Penyebab Terjadinya Kesalahan dalam Pencatatan Akuntansi

Penyebab terjadinya kesalahan dalam pencatatan akuntansi adalah entitas tidak menerapkan secara sempurna sistem pengendalian internal selama satu periode. Internal control adalah sistem yang diupayakan dapat mencegah dampak risiko bawaan, risiko pengendalian dan risiko perhitungan informasi akuntansi.

Mengapa kesalahan yang terjadi dalam proses penyusunan laporan keuangan harus segera diperbaiki karena entitas perlu memberikan informasi secara wajar atas keterlambatan penyetoran informasi keuangannya. Prosedur koreksi pencatatan hendaknya mencantumkan seluruh informasi keuangan secara wajar.

Penyebab terjadinya kesalahan dalam pencatatan akuntansi keuangan adalah estimasi tentang nilai kini yang menjadi tanggungjawab perusahaan dimasa mendatang. Ketika perusahaan tidak membuat laporan keuangan, maka pemegang saham tidak mengetahui aliran penggunaan dana yang telah disetorkan pada awal pendirian perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Dividen yang Diterima Pemegang Saham

Contoh Soal Koreksi Kesalahan Pencatatan Akuntansi Periode Lalu

Contoh soal koreksi kesalahan pencatatan akuntansi periode lalu harus diupayakan agar dapat menyesuaikan ketentuan informasi keuangannya. Setiap pertambahan nilai wajib dilakukan pemungutan pajak pertambahan nilai guna menghindari sanksi administratif perpajakan yang ada.

Contoh soal koreksi kesalahan pencatatan akuntansi periode lalu merupakan proses perubahan kebijakan akuntansi dan estimasi akuntansi. Bagaimanakah prosedur koreksi pencatatan hanya dapat dilakukan ketika sumber daya manusianya independen dan profesional mengelola bukti transaksi yang didapatkannya.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi terjadi ketika PT Rafinternet salah melakukan perhitungan nilai persediaan akhir sebesar Rp 84.000. Apabila ditahun berikutnya mendapatkan penghasilan sebeasr Rp 430.000 dan hpp sebesar 230.000. Berapakah nilai laba kotor yang harus diakui periode selanjutnya?

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan

Contoh Jurnal Koreksi Perusahaan Dagang, Jasa dan Manufaktur

Contoh jurnal koreksi perusahaan dagang, jasa dan manufaktur harus dapat mengasumsikan terjadinya keterlambatan pembayaran tagihannya dimasa depan. Koreksi kesalahan yang tidak berulang pada periode sebelumnya berakibat pada aliran kas yang didapatkan oleh perusahaan berdasarkan internal controlnya.

Contoh soal koreksi kesalahan pencatatan akuntansi periode lalu bertujuan agar entitas mau memberikan sejumlah dana kas dan setara kas yang diinginkannya. Akibat adanya perubahan estimasi akuntansi berdampak pada pembetulan spt tahunan badan usaha dan denda keterlambatan pembayaran tagihan.

Contoh jurnal koreksi perusahaan dagang, jasa dan manufaktur memungkinkan entitas melaporkan seluruh sumber dayanya sesuai keadaan yang sebenarnya terjadi. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan pencatatan persediaan dan kas adalah mengevaluasi kejadian tersebut. Adapun laporan kinerja keuangan yang dibuat tahun berikutnya adalah

Laporan Keuangan Periode Berjalan Periode Mendatang
Penghasilan Rp 344.000 Rp 430.000
HPP Rp 251.200 Rp 314.000
Laba Kotor Rp 92.800 Rp 116.000

Baca Juga: Contoh Perhitungan Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Demikian contoh soal koreksi kesalahan pencatatan akuntansi di periode lalu sesuai perkembangan sistem pengendalian internal perusahaan. Jika perusahaan tidak membuat laporan keuangan, maka pemegang saham tidak mengetahui arah tujuan dari pendirian perusahaan yang disepakati pada awal kontrak kerjasama.

0 Response to "Contoh Soal Koreksi Kesalahan Pencatatan Akuntansi Periode Lalu"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel