Contoh Soal Pelunasan Obligasi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pelunasan obligasi dan jawabannya merupakan aktivitas perusahaan mengakhiri masa pinjaman kas dan setara kas dari pihak ketiga. Entitas diwajibkan melaporkan seluruh informasi keuangan kepada pemegang saham agar dapat melihat kemampuan melanjutkan hidupnya dimasa mendatang dengan sumber dayanya.

Cara menghitung bunga obligasi premium dan diskonto tahunan berakibat pada pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Obligasi merupakan salah satu contoh liabilitas jangka panjang yang berguna untuk membantu meningkatkan konsumsi perusahaan dalam rangka mengalokasikan sumber daya keuangan untuk memperoleh laba.

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum jatuh tempo bertujuan agar perusahaan mendapatkan keringan pembayaran bunga karena tingkat suku bunga pasar menurun. Harga jual obligasi berpengaruh terhadap suku bunga pasar dimana harga jual akan naik ketika suku bunga pasar menurun sesuai permintaan dan penawaran.

Contoh Soal Pelunasan Obligasi dan Jawabannya

Pengertian dan Macam-Macam Liabilitas Jangka Panjang

Pengertian liabilitas jangka panjang adalah kewajiban perusahaan membayarkan sejumlah kas dan setara kas dimasa depan akibat penggunaan kekayaan pihak ketiga disertai imbal balik. Liabilitas menjadi bagian dari passiva atau sumber daya untuk memperoleh aktiva lancar dan aktiva tetap di periode berjalan.

Macam-macam liabilitas jangka panjang terdiri dari obligasi, wesel bahkan saham. Perbedaan wesel dan obligasi terletak pada pihak yang membeli surat hutang. Wesel dibeli oleh perseorangan, obligasi dapat dibeli oleh masyarakat tanpa harus mempertimbangkan sebagai subjek pajak orang pribadi ataupun badan usaha.

Pengertian dan macam-macam liabilitas jangka panjang harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan untuk tujuan pelaporan pajak penghasilan. PPh pasal 4 ayat 2 bunga obligasi akan dilakukan pemotongan sebesar 20% dari bunga pinjaman dan tidak dapat dikreditkan sebagai kredit pajak saat melaporkan spt tahunan.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo akan meyakinkan seseorang untuk membeli dan memberikan bantuan dana kepada perusahaan. Sebelum obligasi dijual kepada masyarakat, penerbit harus mendapatkan persetujuan dari trustee untuk menjamin pengembalian dana pinjaman.

Contoh soal pelunasan obligasi dan jawabannya dapat menggunakan kas, setara kas, aktiva tetap bahkan ditukarkan dengan saham. Saham merupakan bentuk pengakuan adanya setoran modal di perusahaan. Perusahaan lebih memilih menerbitkan obligasi daripada saham dikarenakan tidak mempengaruhi komposisi pemodal.

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo terjadi ketika PT Rafinternet berhasil memperjualbelikan obligasi senilai Rp 24.000.000, bunga 8% dalam waktu 10 tahun. Apabila PT Rafinternet akan melunasi hutang obligasi dengan kurs 80% dan sisa amortisasi diskonto obligasi sebesar Rp 9.000.000. Bagaimana pencatatan jurnal penarikan kembali obligasi yang beredar?

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Jurnal Pelunasan Obligasi Saat Jatuh Tempo

Jurnal pelunasan obligasi saat jatuh tempo diperlukan agar entitas dapat mengakhiri masa peminjaman dana kepada pihak ketiga. Kewajiban pembayaran tagihan hendaknya diselesaikan sebelum terjadinya proses likuidasi. Likuidasi adalah ketidakmampuan perusahaan melunasi tagihan pihak ketiga menggunakan sumber dayanya.

Jurnal pelunasan obligasi saat jatuh tempo menjadikan perusahaan bertanggungjawab dalam pelunasan tagihan tertentu. Apabila harga jual obligasi diatas nilai nominal maka entitas berkewajiban melakukan proses amortisasi diskonto obligasi dan premium obligasi selama waktu tertentu.

Contoh soal pelunasan obligasi dan jawabannya mengakibatkan entitas menanggung biaya bunga obligasi. Pendapatan bunga obligasi menjadi salah satu objek pajak penghasilan final. Obligasi dijual diantara dua tanggal bunga berakibat pada alokasi informasi pendapatan dan beban tidak sesuai periodenya.

Adapun jurnal penarikan kembali atau jurnal pelunasan obligasi sebelum masa jatuh tempo.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Utang Obligasi Rp 24.000.000
Diskonto Obligasi Rp 9.000.000
Laba penghentian Obligasi Rp 4.800.000
Kas Rp 19.200.000

Baca Juga: Cara Menghitung Diskonto Obligasi dan Premi Obligasi

Demikian contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo dalam kewajiban jangka panjang. Perbedaan obligasi, wesel dan saham harus diketahui karena menjadi salah satu sumber daya keuangan perusahaan yang dapat membantu menjalankan aktivitas bisnis secara normal setiap harinya.

0 Response to "Contoh Soal Pelunasan Obligasi dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel