Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya akan dilaksanakan setiap akhir periode untuk memaksimalkan proses penyusutan dan tambahan umur manfaat. Perubahan metode fifo ke average atau metode average ke fifo berdampak pada nilai persediaan akhir yang dilaporkan perusahaan.

Contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap dan metode penyusutan dapat diselenggarakan perusahaan agar setiap aset dipergunakan secara maksimal. Tabel usia ekonomis aset pemerintah daerah dan pusat dipergunakan menentukan kategori aset tetap untuk pelaporan spt tahunan badan usaha swasta dan negeri.

Penyebab terjadinya perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan setiap akhir periode. Keandalan laporan keuangan diukur berdasarkan tingkatan kemampuan informasi mempengaruhi penerimaan kas dan pengeluaran kas setiap periodenya.

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Perubahan Kebijakan Estimasi Akuntansi dan Koreksi Kesalahan Periode Lalu

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya berdampak material terhadap kondisi keuangan perusahaan. Laporan keuangan adalah informasi berkaitan dengan penggunaan sumber daya keuangan dari ekuitas dan liabilitas untuk menciptakan aset berdasarkan kinerja keuangannya.

Perubahan kebijakan estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan periode lalu harus diselenggarakan secara maksimal untuk menentukan tingkatan kekayaan perusahaan. Apakah akibat perubahan estimasi dalam pencatatan akuntansi berdampak pada pengeluaran perusahaan agar dapat memperpanjang masa manfaat aset tetap.

Perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan di periode lalu telah diatur pada PSAK 20. Pengertian penerapan retrospektif adalah pelaksanakaan kebijakan akuntansi baru untuk peristiwa dan kondisi keuangan seakan-akan prinsip dan dasar telah diselenggarakan beberapa periode lampau.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Persediaan Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap dan jawabannya terjadi ketika entitas melakukan pengeluaran kas yang material dan dapat memperpanjang usia ekonomis aset tertentu. Umur manfaat adalah estimasi aktiva dapat dipergunakan secara maksimal untuk membantu kegiatan produksi item tertentu.

Hal-hal apa saja yang mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan akuntansi adalah entitas diwajibkan melaporkan seluruh kekayaannya selama satu periode. Perubahan metode penilaian persediaan dari fifo ke average berdampak pada pajak penghasilan yang seharusnya disetorkan ke perusahaan.

Contoh soal perubahan umur manfaat aset tetap dan jawabannya diperlukan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam sistem pembagian kekayaan. Ketidakpastian penerimaan pendapatan mengakibatkan entitas wajib untuk memeriksan kewajaran saldo di laporan posisi keuangannya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Agen

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Perubahan Estimasi

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan perubahan estimasi bertujuan agar entitas menyesuaikan informasi keuangan yang diberlakukan. Pengaruh tidak langsung atas perubahan kebijakan akuntansi adalah adanya aliran kas dan setara kas yang harus dikeluarkan untuk pembayaran tagihannya.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi, estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya harus dilaksanakan agar entitas terhindar dari proses pemeriksaan pajak. Pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan bertujuan agar membantu entitas menyetorkan objek pajak ke negara.

Contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap terjadi ketika PT Rafinternet berhasil membeli kendaraan seharga Rp 80.000.000 dengan masa pakai 8 tahun. Ditahun ketiga, PT Rafinternet mengadakan pembelian suku cadang senilai Rp 34.000.000 dan berhasil menambah masa manfaat setahun. Berapakah nilai penyusutan baru atas transaksi tersebut?

Harga Perolehan Rp 80.000.000
Akumulasi penyusutan Rp 20.000.000
Nilai Buku Rp 34.000.000
Tambahan biaya Rp 9.000.000
Biaya perolehan baru Rp 43.000.000
Masa manfaat baru7 Tahun
Beban penyusutan Rp 6.142.857

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Masa Jatuh Tempo dan Jawabannya

Demikian contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap tambahan informasi keuangan harus dapat menyakinkan para pemegang saham perihal setoran kas dan setara kas yang telah diberikannya.

0 Response to "Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel