Contoh Soal Perhitungan Return On Asset pada Laporan Keuangan Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan return on asset pada laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia akan memaksimalkan proses penyesuaikan laba perusahaan terhadap aktiva tetapnya. Fungsi roa adalah merepresentasikan rasio laba yang didapatkan berdasarkan aktiva tetap perusahaan selama satu periode.

Cara menghitung roa di laporan posisi keuangan berdampak pada laba rugi yang dihasilkan perusahaan. Investor akan mencari perusahaan yang mendapatkan keuntungan setiap periode dengan meminimalkan biaya atau memaksimalkan pendapatan selama satu tahun sesuai nilai dividen saham dan dividen tunainya.

Contoh soal return on asset di laporan keuangan dan jawabannya menjadikan informasi keuangan sebagai dasar pertimbangan kekayaan perusahaan. Laporan keuangan adalah informasi perihal total kekayaan yang dimiliki untuk menjalankan aktivitas operasional bergantung pada nilai goodwill para sekutu baru.

Contoh Soal Perhitungan Return On Asset pada Laporan Keuangan Perusahaan

Perhitungan Return on Asset (ROA)

Analisis roa bertujuan mengukur kemampuan perusahaan ketika menggunakan aktiva tetap jangka panjang dan aktiva lancar untuk menghasilkan laba agar kemakmuran pemegang saham bertambah. Dividen adalah total kekayaan yang dimiliki perusahaan untuk memaksimalkan omzet ditahun berjalan.

Contoh soal perhitungan return on asset pada laporan keuanga perusahaan hendaknya mempertimbangkan profit margin dan perputaran aktiva tetap. Biaya pendanaan adalah biaya yang berkaitan upaya perusahaan memperoleh pinjaman pihak ketiga seperti biaya administrasi bank dan biaya bunga pinjaman pokok hutang tertentu.

Perhitungan return on asset berlaku untuk setiap perusahaan yang membuat laporan posisi keuangan. Apa yang akan terjadi ketika perusahaan tidak membuat neraca saldo yaitu entitas tidak mengetahui mutasi aliran dana perusahaan sejalan aktivitas bisnis yang didapatkannya selama satu periode akuntansi mendatang.

Baca Juga: Cara Menghitung Audit Tenure dari Catatan Atas Laporan Posisi Keuangan

Contoh Soal ROA dari Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Terbuka

Contoh soal roa dari laporan posisi keuangan perusahaan terbuka adalah informasi berkaitan dengan siklus akuntansi yang berlaku. Perusahaan terbuka atau tbk adalah entitas yang ingin mendapatkan pendanaan dari masyarakat melalui transaksi penjualan saham biasa di bursa efek indonesia sesuai nilai jualnya.

Contoh soal perhitungan return on asset pada laporan keuangan perusahaan terbuka layak dipertimbangkan untuk memperoleh pengurangan pajak penghasilan. PPh badan usaha wajib diatribusikan sebagai tambahan kekayaan perusahaan selama satu periode sesuai nilai wajarnya.

Contoh soal roa dari laporan posisi keuangan terjadi ketika PT Rafinternet meminjam dana di bank dengan bunga Rp 7.000.000 dan berhasil memperoleh laba sebesar Rp 49.000.000. Hitunglah nilai return on asset apabila total rata-rata aset perusahaan sebesar Rp 123.000.000 dengan rumus perhitungan roa?

Baca Juga: Cara Menghitung Leverage dan Nilai Perusahaan dari Laporan Keuangan

Contoh Perhitungan Return on Asset untuk Data Sekunder

Contoh perhitungan return on asset pada laporan keuangan perusahaan dapat digunakan sebagai data sekunder. Data sekunder adalah data yang digunakan peneliti untuk membuktikan adanya fenomena kondisi keuangan. Data sekunder dan data primer menjadi informasi awal bagi peneliti agar dapat melanjutkan penelitiannya.

Contoh soal perhitungan return on asset pada laporan keuangan perusahaan terbuka layak dipertimbangkan sebagai bahan baku dan bahan penolong. Kegunaan fungsi roa adalah menilai kelayakan perusahaan memperoleh laba dari total aset yang dimilikinya selama menjalankan aktivitas bisnis.

Cara menghitung return on asset akan mempengaruhi siklus kehidupan produk yang dimulai dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaaan dan tahap penurunan. Setiap tingkatan siklus kehidupan produk memiliki fase dimana perusahaan akan mendapatkan penghasilannya secara tersendiri.

Rumus ROA = (Laba Bersih + Bunga Pinjaman) / Total Rata-Rata Aset
Rumus ROA = (Rp 49.000.000 + Rp 7.000.000) / Rp 123.000.000
Rumus ROA = 46%

Baca Juga: Contoh Kasus Analisis Cross Section dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan return on asset pada laporan keuangan perusahaan terbuka sesuai tujuan pembentukan persekutuan dan perseroan terbatas. Kelayakan bisnis harus menjadi pertimbangan seorang investor yang ingin menanamkan dana di perusahaan sesuai tingkat penjualan produknya.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Return On Asset pada Laporan Keuangan Perusahaan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel