Contoh Soal Akuntansi Kontrak Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai dapat mengakui adanya penghasilan bagi perusahaan. Entitas adalah badan usaha yang menjalankan aktivitas bisnis untuk kemakmuran para pemegang sahamnya dengan memperdayagunakan sumber daya keuangannya.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan untuk keperluan pembayaran pajak penghasilan. PPh pasal 4 ayat 2 harus dipotongkan atas penghasilan yang didapatkan melalui aktivitas perencanaan dan kegiatan pembangunan.

Cara menghitung pendapatan metode persentase penyelesaian harus dilaksanakan agar entitas mendapatkan kepastian tentang keberlanjutan informasi keuangannya. Kapan penerimaan diakui sebagai pendapatan ketika entitas telah menyerahkan pemilikan barang seperti hak milik, risiko dan manfaat kepada pelanggannya.

Contoh Soal Akuntansi Kontrak Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian

Bagaimana Pengakuan Pendapatan Menurut Metode Persentase Penyelesaian

Bagaimana pengakuan pendapatan menurut metode persentase penyelesaian akan terjadi ketika entitas menjalankan kebijakan keuangan atas dasar penerimaan kas dari pelanggan. Kewajiban memotongkan pajak final terjadi ketika adanya kegiatan perencanaan dan pembangunan gedung sesuai tarif pph pasal 4 ayat 2.

Pengakuan pendapatan menurut metode persentase penyelesaian dapat diakui berdasarkan pekerjaan yang telah diselesaikan periode berjalan dengan pekerjaan yang diselesaikan masa mendatang. Persentase penyelesaian hanya mengakui pelunasan piutang dan total piutang yang belum dilunasi sampai berakhirnya periode akuntansi.

Bagaimana pengakuan pendapatan menurut contoh soal akuntansi kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian memerlukan informasi detail penagihan dalam laporan posisi keuangan. Kewajiban perusahaan untuk memberikan kebebasan financial ketika melakukan pelunasan tagihan yang jatuh tempo.

Baca Juga: Analisis Time Series dan Forcasting Data Laporan Keuangan

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian akan terjadi ketika entitas melaksanakan pekerjaan yang melewati satu periode akuntansi. Pendapatan kontrak konstruksi terdiri dari nilai awal perjanjian, penyimpangan, klaim dan pemberian insentif tertentu atas pekerjaan yang selesai.

Contoh soal akuntansi kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian harus memberikan kepastian kepada lawan transaksi untuk mengunjungi aktivitas bisnisnya. Kewajiban perusahaan untuk menagihkan barang dan jasa yang telah diserahkan ke klien bertujuan agar tidak terjadi piutang tak tertagih.

Contoh soal akuntansi kontrak konstuksi metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian dapat terjadi untuk kegiatan pembangunan atau penghancuran bangunan. Jika perusahaan mengakusisi menggunakan metode kontrak konstruksi mana entitas diwajibkan membuat faktur pajak penjualan. Adapun riwayat pelunasan tagihan dan kemajuan kegiatan pembangunan adalah

202020212022
Biaya yang harus dikeluarkan164,00 Juta336,00 Juta400,00 Juta
Perkiraan biaya selesai246,00 Juta134,40 Juta
kemajuan tagihan272,00 Juta258,40 Juta149,60 Juta
kas terkoleksi244,80 Juta206,72 Juta228,48 Juta
Persentase penyelesaian kontrak41%84%100%

Baca Juga: Contoh Soal Hubungan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Kelebihan dan Kelemahan Metode Persentase Penyelesaian

Kelebihan dan kelemahan metode persentase penyelesaian perlu dipertimbangkan untuk pembeli dan penjual berkaitan dengan hak dan kewajiban melaksanakan kegiatan pembangunan. Penjual memiliki hak untuk meminta pembayaran atas kemajuan kontrak sesuai bukti pemilikan pembeli atas informasi keuangannya.

Kelebihan dan kelemahan metode persentase penyelesaian berkaitan dengan pengakuan pendapatan dalam akuntansi konvensional memang menjadi tujuan perusahaan dirikan. Contoh soal akuntansi kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian bertujuan agar pemegang saham mendapatkan keuntungan secara normal.

Kelebihan dan kekurangan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian memungkinkan wajib pajak melaksanakan kewajiban yang telah jatuh tempo. Entitas diwajibkan melaporkan segala pemungutan pph final dan pajak pertambahan nilai ketika sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Adapun perhitungan pengakuan pendapatan sebagai berikut:

202020212022
Harga Kontrak680,00 Juta680,00 Juta680,00 Juta
- Biaya dikeluarkan164,00 Juta336,00 Juta400,00 Juta
- Perkiraan biaya sampai selesai246,00 Juta134,40 Juta0,00 Juta
Perkiraan total laba kotor270,00 Juta209,60 Juta280,00 Juta
Persentase penyelesaian kontrak41%84%100%

Baca Juga: Cara Menghitung Dividen yang Diterima Pemegang Saham

Demikian contoh soal akuntansi kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian dalam akuntans keuangan lanjutan. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai maka entitas diwajibkan melaporkan informasi keuangan secara riil sesuai tujuan pembentukan persekutuan berdasarkan akta pendirian yang disepakati.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Kontrak Konstruksi Metode Persentase Penyelesaian"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel