Contoh Soal Kas Kecil dan Kas Besar Perusahaan Jasa dan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal kas kecil dan kas besar perusahaan dagang dan jasa bertujuan membedakan antara pembayaran bernilai nominal besar dan kecil. Prosedur pengelolaan kas kecil akan melibatkan sistem pengendalian internal, mekanisme pembayaran dan permintaan kas untuk membiayai aktivitas perusahaan.

Apa perbedaan kas kecil dan kas besar terletak pada jumlah saldo yang tersisa. Contoh laporan patty cash bulanan dan tahunan bertujuan agar pemegang saham dapat mengambil keputusan tentang investasi jangka pendek dan panjang yang mampu dipergunakan oleh perusahaan selama tahun fiskal.

Prosedur pengelolaan kas besar dan kecil perusahaan dagang dan jasa memiliki kesamaan terutama ketika menerapkan sistem pengendalian internal. Pemeriksaan terhadap kas kecil dilakukan secara otodidak untuk memberikan kepastian tentang jumlah tercatat dengan jumlah kas yang ada di brankas perusahaan.

Contoh Soal Kas Kecil dan Kas Besar Perusahaan Jasa dan Dagang

Prosedur Pengelolaan Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Prosedur pengelolaan kas kecil metode imprest dan fluktuasi dapat disesuaikan kebijakan akuntansi perusahaan. Bukti transaksi kas kecil terdiri dari bukti pengeluaran kas yang disetujui pejabat perusahaan, invoice dari supplier dan bukti penerimaan barang dari pihak yang meminta pembelian perlengkapan kantor.

Prosedur pengelolaan kas kecil metode imprest dijalankan sebagai upaya mempublikasikan informasi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis yang dilaksanakan. Imprest fund system bertujuan agar perusahaan dapat mengalokasikan setiap pengeluaran kas kecil sejalan dengan aktivitas bisnis yang dijalankannya.

Contoh prosedur pengelolaan kas besar metode fluktuasi terjadi dengan penggunaan cek atau bilyet giro ketika membayarkan tagihan. Berikut yang bukan merupakan fungsi dari kas kecil adalah membayarkan pembelian tanah secara tunai, menggunakannya untuk penyusutan setiap periode dan membeli aktiva tetap berwujud.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Wawancara Staff Accounting

Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar

Bedanya kas kecil dan kas besar dalam perusahaan terletak pada kebijakan pembayaran tagihan perusahaan. Entitas dapat menetapkan minimal pembayaran tagihan melalui transfer bank atau kas kecil. Pembayaran melalui transfer bank mengakibatkan timbulnya faktur pajak sesuai dasar pengenaan pajaknya.

Bedanya kas besar dan kas kecil terletak pada tujuan pembentukkannya. Contoh soal kas kecil dan kas besar perusahaan dagang dan jasa bertujuan agar dapat mencegah pemakaian kas yang tidak terotorisasi. Kas kecil berfungsi untuk membiayai pengeluaran kecil yang tidak memerlukan cek atau bilyet giro.

Apa perbedaan kas kecil dan kas besar tercantum pada proses penciptaan akun tersebut. Persiapan pengelolaan kas kecil dimulai dari memilih pihak sebagai kasir. Kas kecil disebut juga patty cash. Contoh soal kas kecil dan kas besar perusahaan jasa dan dagang terjadi ketika PT Rafinternet mencairkan cek sebesar Rp 44.010.000. Buatlah jurnal pembentukan kas kecil yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Patty Cash Rp 44.010.000
Mandiri Bank Rp 44.010.000

Baca Juga: Contoh Penerapan Internal Control Kas Kecil di Perusahaan

Contoh Soal Mengelola Kas Kecil dan Kas Besar

Contoh soal mengelola kas kecil dan kas besar perlu dipraktikkan agar internal control berjalan. Akun yang memiliki risiko besar dalam laporan keuangan adalah kas dan setara kas. Kas memiliki risiko bawaan dan risiko pengendalian internal karena sifatnya yang likuid dan mudah diselewengkan penggunaannya.

Contoh soal kas kecil dan kas besar perusahaan jasa dan dagang harus dialokasikan secara wajar sesuai tujuan pendirian perusahaan. Sebutkan bentuk-bentuk pengeluaran kas kecil terdiri dari pembayaran biaya notaris, biaya ongkos kirim, biaya air galon dan biaya-biaya yang tidak perlu mengeluarkan cek atau bilyet giro.

Contoh soal kas kecil metode imprest terjadi setelah PT Rafinternet menetapkan dana kas kecil. Kas kecil digunakan untuk membiayai setiap pengeluaran yang tidak melalui transfer bank. Apabila PT Rafinternet memiliki pengeluaran selama satu periode sebagaimana terlampir, buatlah jurnal pengisian kembali kas kecil?

TanggalTransaksi
Minggu, 02 Januari 2022Pembayaran biaya isi ulang galon air minum sebesar Rp 15.220.000
Sabtu, 08 Januari 2022Pembayaran biaya fotocopy sebesar Rp 2.050.000
Senin, 17 Januari 2022Pembelian materai sebesar Rp 845.260
Minggu, 23 Januari 2022Pembelian bensin kendaraan sebesar Rp 11.546.000
Senin, 31 Januari 2022Pengisian kembali kas kecil sesuai pengeluarannya

Jurnal pembentukan dan jurnal pengisian kembali kas kecil metode imprest harus mempersiapkan kuitansi penggunaan dana tetap tersebut. Contoh metode dana tetap tidak akan merubah jumlah kas yang ditetapkan pada awal periode. Adapun jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali patty cash sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022All Expance Rp 29.661.260
Mandiri Bank Rp 29.661.260

Baca Juga: Contoh Transaksi Kas Kecil dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demikian contoh soal kas kecil dan kas besar perusahaan jasa dan dagang dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Bentuk-bentuk pengeluaran kas kecil harus disesuaikan dengan prosedur pengelolaannya agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang sejalan sistem pengendalian internal.

0 Response to "Contoh Soal Kas Kecil dan Kas Besar Perusahaan Jasa dan Dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel