Langkah-Langkah Input Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Konten [Tampil]

Langkah-langkah input transaksi retur pembelian di myob dapat diselenggarakan untuk proses pengembalian barang dagang yang dikirimkan oleh supplier tetapi tidak sesuai spesifikasi yang diminta. Pembatalan faktur pajak harus diselenggarakan agar transaksi berjalan normal sesuai kejadian yang sebenarnya.

Cara mencatat transaksi pembelian kredit dan pembelian tunai menjadi salah satu bentuk pertukaran barang dengan kas dan setara kas. Modul apa yang digunakan untuk menerima pelunasan piutang dan penerimaan selain piutang dagang adalah menu sales dan menu purchases sesuai kebijakan perusahaan.

Pencatatan ketika terjadi transaksi pelunasan piutang dagang dengan potongan penjualan harus diselenggarakan guna mencegah terjadinya kelemahan sistem pengendalian internal. Receive payment digunakan untuk transaksi piutang. Paybill digunakan untuk mencatat arus kas keluar pembelian barang.

Langkah-Langkah Input Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Perbedaan Pembelian Tunai dan Pembelian Kredit

Pembelian tunai adalah transaksi jualbeli barang dagang dengan pihak supplier untuk menyediakan bahan baku sesuai spesifikasi yang diminta dimana pembayaran dilakukan pada waktu diterimanya barang. Termin pembayaran adalah waktu yang diberikan untuk melunasi tagihan yang dimulai dari tanggal penerimaan barang.

Pencatatan ketika terjadi transaksi pelunasan piutang dagang dilaksanakan setelah pihak perusahaan memperoleh bukti transfer dana. Cara memasukkan bukti penerimaan kas dan pengeluaran kas di myob perlu mempertimbangkan keabsahan dari transaksi sesuai asersi manajemen yang diterapkan di entitas.

Perbedaan pembelian tunai dan pembelian kredit terletak pada mekanisme pembayaran tagihan setelah barang diterima. Pembelian kredit artinya penjual akan menerima pelunasan tagihan setelah beberapa hari dari tanggal pengiriman barang dan sampainya barang di gudang pembeli serta diterbitkan faktur pajak masukan.

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Metode Identifikasi Khusu dan Jawabannya

Cara Input Transaksi Pembelian Tunai dan Kredit di Myob

Cara input transaksi pembelian tunai dan kredit di myob harus menjadikan entitas sebagai perusahaan dagang. Perusahaan dagang adalah entitas yang memperjualbelikan barang tanpa mengubah bentuk dan nilai manfaatnya. Bukti kas keluar myob dicatat pada modul purchases dan modul sales setiap periodenya.

Langkah-langkah mengentri transaksi pembelian kredit dan pembelian tunai harus disertai konfirmasi dari manajer kredit. Penentuan kualitas pembayaran tagihan dari nasabah akan menentukan termin pembayaran yang diberikan. Penjualan angsuran akan meningkatkan omzet perusahaan tahun berjalan.

Bagaimana cara mencatat transaksi penerimaan kas dan pembayaran kas sebagai akibat jurnal pembelian kredit dan debit dapat diselenggarakan sesuai kebijakan perusahaan. Setelah mengentri bukti transaksi jurnal sementara dapat dilihat dengan mengklik tombol ctrl+r secara bersamaan.

Adapun cara input transaksi pembelian tunai sebagai berikut:

  1. Aktifkan dabatase perusahaan anda.
  2. Pilih menu purchase dan enter puchases
  3. Aktifkan layout item
  4. Masukan nama dan kode barang yang hendak dibeli
  5. Tentukan termin pembayaran yang disepakati seperti COD atau cicilan

Baca Juga: Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan Barang Dagang dan Jawabannya

Cara Mengentri Transaksi Retur Pembelian di Myob

Cara mengentri transaksi retur pembelian di myob perlu mempertimbangkan bukti kas keluar. Bukti transaksi pembelian barang terdiri dari invoice tagihan, surat jalan dari pihak gudang dan faktur pembelian apabila perusahaan telah menjadi pengusaha kena pajak yang ditetapkan menteri keuangan.

Cara mencatat retur pembelian dan potongan pembelian akan mengurangi harga pokok penjualan sehingga laba kotor meningkat. Laba kotor adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dari penjualan barang dagang setelah dikurangkan seluruh biaya untuk memperoleh aset yang diperjualbelikan.

Langkah-langkah mencatat transaksi potongan pembelian dan retur pembelian barang dagang akan memberikan pengurangan biaya perolehan persediaan. Setelah mengentri bukti transaksi jurnal sementara dapat dilihat dengan menekan tombol ctrl+r. Adapun cara input transaksi retur di myob sebagai berikut:

  1. Cari database perusahaan anda
  2. Login menggunakan user bagian pembelian
  3. Cari modul purchase dan pilih purchase register
  4. Pilih purchase return
  5. Cari barang yang ingin dikembalikan

Baca Juga: Contoh Soal Hubungan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Demikian langkah-langkah input transaksi retur pembelian di myob accounting semoga dapat menggunakan fitur modul pencatatan seluruh aktivitas bisnis yang ada di perusahaan. Penerimaan kas dan pengeluaran kas sebaiknya diterapkan sistem otorisasi agar dapat dipertanggungjawabkan penggunaan dana.

0 Response to "Langkah-Langkah Input Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel