Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo dan Neraca Lajur

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur bertujuan membentuk laporan posisi keuangan dan laba rugi komprehensif. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang mengakibatkan perubahan terhadap komposisi aktiva, liabilitas dan ekuitas selama jangka waktu pelaporan keuangannya.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang diperuntukkan bagi wajib pajak badan yang menjalankan aktivitas pembukuan. Setiap penerimaan dan pengeluaran kas harus didistribusikan secara jelas agar setiap penghasilan dapat diterima oleh perusahaan sejalan dengan aktivitas perusahaan yang berlangsung.

Langkah-langkah menyusun jurnal umum, jurnal pembalik dan jurnal penyesuaian harus didasarkan pada neraca saldo perusahaan. Piutang tak tertagih adalah hasil penjualan kredit perusahaan tetapi tidak dapat diterima dikarenakan terjadi kegagalan bayar oleh pelanggan menurut aktivitas perusahaan yang berjalan.

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo dan Neraca Lajur

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Dagang

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang harus dibuat setiap akhir periode untuk mengakui adanya pendapatan dan biaya yang masih harus diterima dan dibayarkan. Pengertian adjustment journal adalah pencatatan dengan menggunakan dasar akrual dalam mengakui kondisi keuangan perusahaan.

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan diterima dimuka adalah penghasilan atas kegiatan perusahaan sebagai dasar alokasi informasi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis perusahaan. Pendapatan diterima dimuka bertujuan agar pelanggan memberikan kesan positif atas kegiatan perusahaan yang telah berlangsung sesuai pembentukkannya.

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dan pembahasannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Pendapatan diakui ketika perusahaan mendapatkan tambahan manfaat ekonomis dari aktivitas bisnis yang dijalankan dan dapat diukur dengan handal sesuai aturan perusahaan yang berlaku.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur terjadi pada PT Rafinternet yang menerima uang muka atas pesanan sebesar Rp 48.200.000. Diakhir periode, PT Rafinternet hanya mampu menyelesaikan 2/3 dari total pesanan yang harus diberikan. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal umum tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Kas Rp 48.200.000
   Pendapatan Diterima Dimuka Rp 48.200.000
(Jurnal pembayaran diterima dimuka)
31/12/2018Pendapatan diterima dimuka Rp 32.133.333
Pendapatan Jasa Rp 32.133.333
(jurnal pengakuan pendapatan)

Baca Juga: Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pemakaian Perlengkapan Kantor

Contoh soal jurnal penyesuaian pemakaian perlengkapan kantor dipergunakan oleh perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor terletak pada proses pembiayaan pesanan dan pengakuannya sebagai aktiva lancar atau aktiva tetap dilaporan posisi keuangan.

Contoh soal dan cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo harus dilaksanakan setiap periodenya sejalan dengan aktivitas produksi. Neraca saldo adalah saldo akhir dari masing-masing akun nominal dan akun riil yang dilaporkan sebagai dasar pengenaan pajak penghasilan badan setiap periodenya.

Cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa diperlukan sebagai aktivitas bisnis perusahaan. PT Masraffi memiliki perlengkapan kantor sebesar Rp 84.200.000 dan berdasarkan hasil stock opname hanya terdapat Rp 11.560.000 di akhir periode. Buatlah jurnal pemakaian perlengkapan kantor tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Beban perlengkapan Rp 72.640.000
Perlengkapan Rp 72.640.000
(Jurnal pemakaian perlengkapan)

Baca Juga: 3 Langkah Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penyesuaian Harga Pokok Produksi

Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian untuk menentukan harga pokok produksi memerlukan informasi persediaan barang dagang awal dan pembelian. Hasil stock opname persediaan barang dagang diakhir periode harus diselenggarakan untuk mengetahui tingkat pemakaian aset tetap di perusahaan tersebut.

Jurnal penyesuaian dapat dibuat berdasarkan nilai neraca lajur dan neraca saldo. Tujuan pembuatan neraca lajur adalah memudahkan perusahaan mengklasifikasikan akun nominal dan akun riil. Jurnal penutuap bertujuan untuk menutup aktivitas bisnis perusahaan ditahun berjalan agar dapat menilai kinerja keuangannya.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki stock persediaan awal sebesar Rp 88.500.000 dan pembelian selama periode berjalan Rp 11.200.000. Apabila hasil temuan persediaan barang akhir periode sebesar Rp 48.500.000. Berapakah nilai harga pokok produksinya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Harga Pokok produksi Rp 51.200.000
Persediaan akhir Rp 48.500.000
Pembelian Rp 11.200.000
Persediaan Awal Rp 88.500.000
(jurnal perhitungan persediaan akhir)

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup Pendapatan dan Beban

Demikian cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur dalam laporan posisi keuangan. Jurnal penutup, jurnal pembalik dan jurnal penyesuaian merupakan tambahan pencatatan agar kondisi keuangan sesuai keadaan sebenarnya yang terjadi diperusahaan ketika melaporkan pajak penghasilannya.

0 Response to "Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo dan Neraca Lajur"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel