Cara Setting Ppn dan Pph di Accurate 5 dan Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara setting ppn dan pph di accurate 5 dan accurate online merupakan aktivitas penjualan dan pembelian yang dilakukan pemungutan dan pemotongan pajak penghasilan. Accurate adalah software akuntansi yang berasal dari negara indonesia dan dapat digunakan untuk melaporkan spt masa dan spt tahunan orang pribadi.

Langkah-langkah mengatur pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan di accurate harus diselenggarakan secara maksimal untuk melakukan pemungutan dan pemotongan. Subjek dan objek pajak penghasilan didapatkan dari perhitungan tarif pajak dikalikan dasar pengenaan pajak untuk setiap transaksi yang terjadi.

Cara membuat invoice pembelian dan penjualan termasuk pajak bertujuan untuk mempermudah pembayaran tagihan kepada perusahaan. Faktur pajak adalah bukti bahwa perusahaan telah melaporkan hasil pemungutan ppn di setiap transaksi yang terjadi melalui invoice dan bukti surat jalan pengiriman barang.

Cara Setting Ppn dan Pph di Accurate 5 dan Accurate Online

Cara Input Kode Pajak di Accurate Online dan Desktop

Cara input kode pajak di accurate online dan desktop bermanfaat bagi wajib pajak yang ingin melaporkan setiap aktivitas jual beli. Daftar kode pajak berisikan informasi tentang seluruh kewajiban pemungutan, pemotongan dan pelaporan pajak yang telah disepakati ketika mengukuhkan diri sebagai pengusaha kena pajak.

Cara memasukkan kode pajak di accurate bertujuan agar wajib pajak mudah melakukan penyetoran. PPh kurang bayar dan lebih bayar berakibat pada kas yang disetorkan ke kas negara sesuai nilai terutang. Vat in dan vat out menjadi tanggungjawab ketika membuat pajak masukan dan pajak keluaran.

Cara setting kode pajak di accurate desktop harus diselenggarakan secara maksimal untuk mendapatkan hasil lebih bayar. Pajak keluaran dan pajak masukan akan dibandingkan setiap periodenya untuk mendapatkan perhitungan pajak terutang yang wajib dibayar atau direstitusi sesuai nilai yang tertagihnya.

Baca Juga: Cara Impor PPn dari Accurate 5 ke E-Faktur Pajak Pertambahan Nilai

Cara Setting PPn di Accurate 5

Cara setting ppn di accurate 5 bertujuan untuk memudahkan ketika menginput faktur pajak keluaran. Faktur pajak keluaran adalah faktur pajak yang dikeluarkan penjual atas penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak sesuai tanggal surat jalan pengiriman barang dari gudang penjual ke pembeli.

Cara mengatur pajak pertambahan nilai di accurate 5 harus dilaksanakan dengan meminta nomor seri faktur pajak terlebih dahulu. Tanggal NSFP tidak boleh lebih kecil daripada tanggal invoice dikarenakan adanya indikasi manipulasi data penjualan barang yang harus ditagihkan oleh perusahaan.

Bagaimana cara setting ppn 11% di accurate hanya boleh dilakukan pemungutan setelah tanggal 1 april 2022. Siapa yang membuat faktur pajak keluaran? Penjual memiliki kewajiban memungut pajak keluaran sebagai upaya menjalankan kewajiban perpajakannya. Adapun langkah-langkah input pajak pertambahan nilai adalah

  1. Pelajari tentang pemotongan dan pemungutan pajak pertambahan nilai
  2. Masuk ke database accurate perusahaan anda
  3. Pilih menu Daftar > Daftar Lain
  4. Pilih kode pajak ppn
  5. Klik edit
  6. Masukkan tarif ppn baru sebesar 11%

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Aset Tetap di Accurate

Cara Memunculkan PPh Pasal 23 di Invoice Pembelian dan Penjualan

Cara memunculkan pph pasal 23 di invoice pembelian dan penjualan wajib diselenggarakan ketika perusahaan menyerahkan jasa kepada lawan transaksi. Jasa dan sewa selain tanah dan bangunan akan dikenakan pph pasal 23 dengan tarif 2% dari dasar pengenaan pajak atau nilai bersih tagihan bagi pelanggan.

Cara memunculkan pph pasal 23 di invoice penjualan dan pembelian harus mencantumkan terlebih dahulu nomor pokok wajib pajak. NPWP sebagai dasar bagi perusahaan menjalankan aktivitas bisnis setiap periodenya. Tujuan npwp dibuat adalah memudahkan administrasi perpajakan bagi orang pribadi dan badan usaha.

Bagaimana cara setting pph pasal 23 terlebih dahulu mengatur kode pajak. Isilah kode pajak di accurate sesuai tarif pph 23 yang tercantum pada ketentuan umum perpajakan. Adapun langkah-langkah memunculkan nilai pajak penghasilan pasal 23 di invoice penjualan dan pembelian sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Customer
  2. Pilih salah satu nama customer
  3. Masuk ke bagian perpajakan
  4. Isilah kode pajak 1 dengan ppn dan kode pajak 2 dengan pph pasal 23
  5. Setelah itu klik kena pajak
  6. Masuk ke invoice dan isilah total tagihan yang harus dibayarkan

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Penjualan di Accurate

Demikian cara setting ppn dan pph di accurate 5 dan accurate online dalam materi komputer akuntansi. Ppn adalah iuran wajib pajak yang dikenakan atas pemakaian barang dan jasa kena pajak. Vat in dan vat out harus dibandingkan untuk menentukan apakah terjadi ppn kurang bayar atau ppn lebih bayar.

0 Response to "Cara Setting Ppn dan Pph di Accurate 5 dan Accurate Online"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel