Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham serta Contoh Soalnya

Konten [Tampil]

Cara menghitung agio dan disagio saham bertujuan memaksimalkan keuntungan dari penjualan saham yang beredar di pasar. Contoh soal saham preferen dan saham biasa harus dicatat sesuai catatan atas laporan posisi keuangan yang mencantumkan jumlah saham beredar, saham treasury dan laba ditahan.

Contoh soal agio dan disagio saham harus dilaporkan sebagai tambahan modal di laporan posisi keuangan. Laba per lembar saham akan terjadi ketika perusahaan memperoleh keuntungan dari aktivitas operasionalnya yang hendak dibagikan. Dividen kas adalah laba ditahan yang dibagikan kepada para pemegang saham.

Amortisasi disagio dan agio metode saldo menurun dan metode garis lurus mengakibatkan terjadinya pengalokasikan keuntungan selama periode tertentu. Kapitalisasi agio artinya mutasi keuntungan yang didapatkan selama menjalankan aktivitas operasionalnya guna mendapatkan tambahan penghasilan selama tahun berjalan.

Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham serta Contoh Soalnya

Pengertian Agio dan Disagio Saham

Pengertian agio dan diagio saham adalah aktivitas operasional perusahaan dalam rangka memperoleh tambahan keuntungan berupa selisih harga jual dengan nilai nominal saham. Saham biasa diterbitkan pada nilai pari yaitu harga yang tercantum pada lembar saham yang bertujuan memudahkan pencatatan akuntansinya.

Pengertian agio saham adalah selisih lebih antara harga jual dengan nilai nominal yang tercantum pada surat pemilikan perseroan terbatas. Karakteristik utama perseroan terbatas adalah modal disetorkan dibagi atas beberapa saham yang bertujuan untuk menentukan pertanggungjawaban liabilitas ketika perusahaan dilikuidasi.

Pengertian disagio saham adalah kerugian dari penjualan saham dibawah nilai nominal yang tercantum. Disagio saham merupakan akun kontra dari agio saham yang artinya akun untuk menampung sementara keuntungan dan kerugian dari hasil transaksi dibursa efek indonesia.

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Pembahasannya

Contoh Soal Disagio dan Agio Saham Biasa

Contoh soal saham biasa dan saham preferen merupakan salah satu bentuk saham yang diperdagangkan di bursa efek indonesia. Penerbitan saham baru dapat diperjualbelikan oleh underwriter seperti perbankan atau lembaga keuangan lainnya dengan tujuan memperbanyak saham yang beredar.

Contoh soal agio dan disagio saham dapat dilaksanakan setelah adanya penjualan saham dengan kurs atau penarikan kembali saham yang beredar. Laba per lembar saham dan nilai buku per lembar saham akan menentukan kapan diadakannya stock split dan kebijakan pembagian dividen tahun berjalan.

Soal dan jawaban manajemen keuangan tentang modal saham dan laba ditahan terjadi pada PT Rafinternet yang menjual saham dengan kurs 102 dan 97. Saham biasa yang diterbitkan memiliki nilai pari sebesar Rp 849.650. Apabila PT Rafinternet hanya menjual 1 lot saham, buatlah jurnal jualbeli saham dengan underwriter?

Baca Juga: Contoh Soal Stock Split Saham di Indonesia

Contoh Soal Jurnal Penjualan Saham Preferen dan Saham Biasa

Contoh soal jurnal penjualan saham preferen dan saham biasa akan dilakukan pemotongan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang bersifat final dengan tarif 0,1%. Agio saham perusahaan dapat terbentuk dari penyetoran kas untuk penjualan saham diatas nilai nominal yang tercantum.

Jurnal penjualan saham biasa dan saham preferen bertujuan meningkatkan struktur modal manajemen keuangan. Struktur modal perusahaan yang baik seharusnya terdapat kombinasi antara liabilitas dan ekuitas yang seimbang. Liabilitas harus dapat dilunasi sebelum pembagian dividen bagi para pemegang saham.

Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham dan Jurnalnya

Cara menghitung agio dan disagio saham dapat dilakukan dengan penjualan kurs. Kurs jualbeli saham akan terbentuk dari adanya penurunan suku bunga pasar. Tingkat bunga pasar adalah harga yang mau dibayarkan oleh nasabah untuk mengalihkan sumber daya keuangan kepada perusahaan dalam bentuk setoran modal.

Jurnal mencatat agio saham dapat diterbitkan untuk mencatat kelebihan dari harga jual dibandingkan nilai pari. Saham dapat diterbitkan tanpa nilai pari sesuai persetujuan dari pemegang saham. Saham tanpa nilai pari tidak akan mengakibatkan pencatatan agio dan disagio saham yang terjadi.

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Kas Rp 86.664.300
Modal Saham Rp 84.965.000
Agio Saham Rp 1.699.300
(Jurnal mencatat penjualan saham diatas nilai nominal)
15/07/2021Modal Saham Rp 82.416.050
Agio Saham Rp 1.699.300
Disagio Saham Rp 849.650
Kas Rp 84.965.000
(Jurnal mencatatan pembelian kembali saham dibawah nilai nominal)

Baca Juga: Contoh Soal Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya

Demikian cara menghitung agio dan disagio saham biasa dan preferen yang ada di catatan atas laporan posisi keuangan. Rasio profitabilitas dan leverage bertujuan agar perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya keuangan untuk menciptakan aktiva tetap dan aktiva likuid seperti kas dan piutang dagang.

0 Response to "Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham serta Contoh Soalnya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel