Contoh Interview Accounting Terbaru dan Jawabannya 2020

Konten [Tampil]
Pertanyaan wawancara staf akuntan dan staf finance menjadi posisi yang dicari oleh banyak orang terutama lulusan ekonomi. Alasan memilih jurusan akuntansi interview menjadi pertanyaan yang sering dikeluarkan oleh HRD.

Contoh interview accounting terbaru 2020 menjadi pertanyaan wawancara untuk posisi finance dan staf keuangan terutama supervisor. Mengetahui pertanyaan wawancara akuntansi yang tepat akan memperbesar kemungkinan seseorang diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Contoh Interview Accounting Terbaru dan Jawabannya 2020

Contoh Pertanyaan Wawancara Staf Akuntan dan Staf Finance

Beberapa pertanyaan wawancara untuk posisi staf akuntansi, staf auditor, staf payroll, staff perpajakan yang sering ditanyakan oleh HRD sebagai berikut ini.

Jelaskan Tentang Diri Anda?

Perkenalkan nama saya masraffi, saya merupakan lulusan mahasiswa progdi akuntasi, saya berhasil menyelesaikan perkuliahan dalam waktu 3,5 tahun. Walaupun begitu, saya mendapatkan predikat terbaik dalam progdi akuntansi dengan IPK 3,91. Saya sering mendapatkan beberapa penghargaan terutama ketika saya sekolah baik dari pihak internal atau pihak eksternal. Penghargaan dari pihak eksternal saya sering mendapatkan rangking ketika sekolah, hal ini membuktikan bahwa saya ketika melakukan suatu pekerjaan benar-benar akan dilakukan secara tuntas. Penghargaan dibidang eksternal saya raih ketika berhasil memenangkan perhargaaan ekonomi dalam mata pelajaran akuntansi sewaktu SMA. Pada waktu SMA, selain dikenal sebagai siswa yang cerdas juga dikenal sebagai wakil ketua osis. Berorganisasi menjadi bagian dari kehidupan saya selain menuntut ilmu. Sewaktu saya kuliah, saya mengikuti UKM HMJA disanalah saya mempelajari ilmu baru yang tidak didapatkan ketika kuliah serta saya dapat sharing-sharing ilmu pengertahuan yang saya miliki. Selama kuliah, saya sering dimintai tolong untuk mengajarkan ilmu akuntansi terutama ketika mendekati waktu uas dan uts. Semakin lama, semakin banyak yang menghubungi saya untuk diajarkan akuntansi terutama dalam hal perpajakan dan auditing serta komputer akuntansi. Dari saya mengajarkan komputer akuntansi tersebut bahkan saya dimintai tolong untuk menjadi bagian dari karyawan toko teman saya.

Kenapa anda tertarik dengan akuntansi?

Karena akuntansi bersifat unik sebab akuntansi hanya berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Akuntansi tidak hanya berorientasi pada hasil akhir sebab akuntansi memiliki unsur seni sehingga seorang akuntan harus mampu menyeimbangkan apa yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dengan apa yang didapatkan. Selain itu, di akuntansi terdapat sistem informasi yang bisa menjadi hal mendukung pekerjaan akuntansi agar semakin teliti dan saya bisa membuat sistem yang saya butuhkan sendiri.

Jelaskan Kelebihan yang Dimiliki?

Saya memiliki keahlian dalam mengoperasikan komputer terutama berkaitan dengan aplikasi pencatatan seperti excel, myob dan accurate. Saya mudah mempelajari hal-hal baru terutama teknologi sehingga akan mampu membantu saya dalam memahami apa yang kurang dari diri saya. Saya mengerjakan sesuatu sesuai prioritas manakah yang akan saya lakukan terlebih dahulu dengan membuat catatan kerja. Saya memiliki pengetahuan dibidang akuntansi terutama akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, pengauditan, perpajakan, akuntansi syariah, sistem informasi bahkan analisis laporan keuangan. Saya mampu melakukan kerja sama dalam tim yang dibuktikan dengan keikutsertaan dalam berorganisasi.

Jelaskan Kekurangan yang Dimiliki?

Semua orang itu bersifat tidak sempurna, akan tetapi manusia diberi akal untuk menutupi kekurangan tersebut dengan kelebihan yang dimiliki. Kekurangan saya adalah saya baru saja merupakan lulusan baru yang masih minim pengalaman, walaupun begitu ketika saya kuliah saya bersungguh-sungguh agar kekurangan pengalaman saya tutupi dengan ilmu yang saya miliki. Saya kadang nerveous juga. Saya orang yang memiliki tujuan, ketika tujuan saya tidak tercapai saya harus memperbaiki hal tersebut agar mampu mencapai tujuan saya dan tidak merugikan orang lain.

Kenapa Anda Harus Dijadikan Staf Akuntan di Perusahaan Kami?

Sebab saya memiliki keahlian sesuai dengan klasifikasi yang diperlukan sebagai seorang akuntan secara umum dan klasifikasi yang diperlukan oleh perusahaan secara khusus. Saya memiliki keahlian dalam menghitung pajak orang pribadi atau pajak badan, saya juga memiliki keahlian dalam proses pencatatan akuntansi seccara manual ataupun terkomputerisasi.

Rencana 5 tahun ke depan diperusahaan kami?

Saya ingin memperoleh karir yang bagus diperusahaan ini dimana mendapatkan posisi yang lebih baik dibandingkan saat pertama kali bergabung. Untuk mewujudkan hal tersebut, saya harus memberikan seluruh keahlian saya dalam bidang akuntansi dan loyalitas di perusahaan agar mampu menyesuaikan tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan.

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Sesuai dengan apa yang saya kerjakan dan kinerja saya diperusahaan ini

Kenapa anda keluar / resign dari perusahaan lama?

Sebab dahulu mendapatkan tawaran mengikuti beasiswa oleh pihak universitas diharuskan untuk tidak bekerja sehingga saya berkonsultasi dengan pemilik perusahaan tersebut bagaimana yang baik untuk dilakukan.

Bagaimana Anda tetap up to date pada undang-undang dan peraturan akuntansi saat ini?

Saya biasanya membuka laman kemenkeu.go.id dan pajak.go.id, setiap peraturan baru akan selalu diberitakan disana sehingga saya dapat memperlajari ketentuan baru tersebut.

Apa tiga keterampilan utama yang dimiliki setiap akuntan yang baik?

Keterampilan pengetahuan, keterampilan pengalaman dan keterampilan diri sendiri. Keterampilan pengetahuan berkaitan dengan keahlian di bidang akuntansi terutama dari pencatatan dasar hingga tingkat ahli diimbangi dengan ketentuan pemerintah seperti adanya pajak dan hukum perusahaan. Keterampilan pengalaman, seorang akuntan yang memiliki pengalaman banyak biasanya mampu mengendalikan jumlah pekerjaan yang lebih banyak juga. Keterampilan diri sendiri, seorang akuntan harus jujur dalam melaksanakan pekerjaan agar tidak merugikan orang lain.

Jenis perangkat lunak akuntansi apa yang Anda gunakan dalam pekerjaan sebelumnya?

Saya pernah menggunakan aplikasi excel, myob dan accurate untuk melakukan kegiatan pencatatan informasi akuntansi.

Berikan saya contoh jenis laporan yang Anda buat di pekerjaan terakhir Anda.

Laporan posisi keuangan konsolidasi

Ceritakan kepada saya tentang waktu ketika Anda membuat kesalahan akuntansi dan jelaskan bagaimana Anda menanganinya.

Seorang akuntan yang salah dalam melakukan pencatatan akan ada 2 hal yakni tidakseimbang sisi debit dan kredit dan salah melakukan perhitungan. Ketika kesalahan dalam sisi debit dan kredit tidak seimbang maka saya akan mengecek buku besar sebab buku besar itu merupakan rincian dari akun yang digunakan oleh perusahaan. Kesalahan dalam perhitungan sulit untuk terdeteksi kecuali akan dilakukan audit terhadap transaksi tersebut dan membuat jurnal penyesuaian.

Demikianlah contoh pertanyaan wawancara akuntan dan auditor yang dapat membantu menjawab soal interview accounting terbaru untuk posisi finance semoga anda paham dengan penjelasan saya ya. 

0 Response to "Contoh Interview Accounting Terbaru dan Jawabannya 2020"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel