Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pendiskontoan wesel tagih dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah bab liabilitas jangka pendek. Jenis-jenis wesel dalam laporan posisi keuangan terdiri dari wesel bayar dan wesel tagih. Wesel bayar termasuk akun hutang. Sedangkan, wesel tagih termasuk akun aktiva lancar.

Contoh soal wesel tagih dan wesel bayar harus dilakukan pembayaran sebelum masa jatuh tempo. Bagaimana cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih dan nilai yang diterima ketika meminjamkan uang ke bank dengan wesel sebagai jaminan akan dikenakan diskonto atas pendapatan bunganya.

Pertanyaan tentang wesel berbunga dan wesel tanpa bunga diselenggarakan karena adanya pencatatan akun aktiva dan passiva. Karakteristik wesel tagih adalah diterbitkan oleh pihak berhutang untuk memberikan kepastian tentang estimasi pembayaran tagihan sesuai dengan kemampuan pelanggan.

Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Jawabannya

Pengertian Piutang Wesel Menurut Para Ahli

Pengertian piutang wesel menurut para ahli adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain yang dibayarkan menggunakan wesel untuk memperpanjang jangka waktu tagihan. Kelebihan wesel tagih adalah perusahaan memperoleh kepastian tentang pembayaran yang diterima oleh perusahaan.

Definisi wesel tagih menurut para ahli adalah wesel yang digunakan untuk memperpanjang waktu pembayaran hutang yang telah jatuh tempo. Wesel tagih termasuk akun aktiva karena harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan agar entitas memperoleh penghasilan dari bunga wesel.

Pengertian hutang wesel menurut para ahli adalah pos laporan keuangan yang termasuk akun liabilitas jangka pendek yang bertujuan dijadikan jaminan kredit perbankan. Mendiskontokan wesel adalah meminjam uang ke bank dengan wesel menjadi jaminan. Tingkat bunga wesel adalah tingkat bunga per tahun.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dapat dilakukan dengan melihat hari, bulan dan tahun untuk memperoleh tingkat bunga. Konsep nilai waktu dari sebuah uang akan digunakan untuk menentukan tingkat bunga yang didapatkan oleh perusahaan ketika mau menunggu pembayaran hingga jatuh tempo.

Bagaimana cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel berkaitan dengan pembayaran bunga di akhir periode. Wesel bunga dan wesel tanpa bunga harus dilaporkan karena menjadi pos laporan keuangan yang terutang pajak penghasilan. Objek pajak penghasilan adalah tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan oleh perusahaan.

Piutang wesel dapat diakui ketika terjadi penjualan kredit dan pemberian pinjaman kas. Surat wesel adalah pernyataan tertulis yang dibuat oleh pihak berhutang agar dapat membayarkan tagihan sesuai jangka waktu yang dimintanya. Penentuan tingkat bunga wesel bergantung kebijakan dari pemberi pinjaman.

Baca Juga: Contoh Laporan Biaya Produksi Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal Pendiskontoan Piutang Wesel Tagih

Contoh soal pendiskontoan piutang wesel tagih dan jawabannya akan dilakukan setelah perusahaan memperoleh kepastian tentang pembayaran hutang. Tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice karena akan memudahkan dalam mencari referensi tagihan dan pelaporan spt masa ppn.

Piutang dapat lunasi dengan beberapa cara diantaranya pemberian kas, pertukaran dengan aktiva lain, dijadikan modal perusahaan, dialihkan menjadi hutang dan digantikannya piutang menjadi piutang lain. Kebijakan piutang perusahaan harus dapat menaksir tingkat jatuh tempo tagihan yang tidak dapat dibayarkan.

Contoh soal dan jawaban pendiskontoan piutang wesel terjadi pada PT Rafinternet yang menerima wesel tagih sebesar Rp 42.967.000 dengan masa 90 hari dan bunga 7%. Apabila perusahaan melakukan penjualan wesel tagih dihari ke 65 dengan tingkat diskonto 9%. Berapakah kas yang diterima perusahaan tersebut?

Nilai Nominal Rp 42.967.000
Bunga Wesel7%
Bunga Diskonto9%
Jatuh Tempo90 Hari
Hari Dijual65 Hari
Nilai Wesel ketika jatuh Tempo Rp 43.718.923
Diskonto Rp 710.432
Kas diterima Rp 43.008.490

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Demikian contoh soal pendiskontoan wesel tagih dan jawabannya semoga dapat membantu pencatatan jurnal piutang wesel pada akhir periode. Piutang wesel harus dilaporkan sesuai jumlah yang dapat ditagihkan dan dibuatkan cadangan kerugian piutang diakhir periode untuk mengakuisisi keterlambatan pembayaran.


0 Response to "Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel