Contoh Soal Biaya Bahan Baku Akuntansi Biaya

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya menjadi proses menentukan harga pokok penjualan pada materi akuntansi biaya. Biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik berguna agar perusahaan dapat memaksimalkan perolehan laba tahun berjalan sehingga pajak penghasilan badan disetorkan lebih besar.

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku harus dicatat menyesuaikan kebijakan akuntansi biaya di perusahaan. Proses permintaan pesanan persediaan bahan baku hendaknya dilakukan bagian produksi melalui departemen purchase dan departemen gudang dapat memberikan stock terakhir yang dimilikinya.

Rumus menghitung pemakaian bahan baku per unit merupakan cara yang dipergunakan perusahaan dalam menentukan tingkat harga pokok penjualan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses harus dipertimbangkan jenis entitas manufaktur dan perlakuan biaya yang menyesuaikan kebijakan akuntansinya.

Contoh Soal Biaya Bahan Baku Akuntansi Biaya


Pertanyaan Tentang Biaya Bahan Baku Akuntansi Biaya

Pertanyaan tentang biaya bahan baku dapat berupa soal essay, pertanyaan wawancara bahkan pilihan ganda materi akuntansi biaya. Cost accounting berguna untuk menentukan harga pokok penjualan agar penghasilan kotor perusahaan dapat ditentukan sebelum biaya administrasi atau biaya pemasaran.

Pertanyaan tentang biaya bahan baku berkaitan dengan pemakaian persediaan yang harus dapat dipertanggungjawabkan. Pada perusahaan manufaktur terdapat persediaan bahan baku karena entitas akan mengelola sampai produk jadi sesuai yang dipesan pembeli atau standar yang ditetapkan perusahaan.

Cara menghitung biaya bahan baku menggunakan rumus perbandingan antara total biaya yang dikeluarkan dengan jumlah produk yang berhasil dibuat perusahaan pada periode tersebut. Bahan baku adalah persediaan yang berguna untuk melakukan kegiatan produksi pada perusahaan manufaktur.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Nama Pelanggan dan Pemasok

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya harus melalui proses sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan atau proses. Harga pokok penjualan adalah seluruh biaya produksi dan biaya konversi untuk membuat produk jadi agar dapat di jual kepada konsumen akhir perusahaan.

Contoh soal dan jawaban biaya bahan baku berkaitan dengan materi akuntansi biaya. Biaya overhead pabrik menjadi beban yang tidak kasat mata sehingga keberadaannya dapat mempengaruhi pengambilan keputusan ekonomis. Bahan baku disebut raw material dan diakui sebagai aktiva perusahaan.

Persediaan bahan baku akhir dan awal periode seharusnya dapat mempublikasikan seluruh kebijakan di perusahaan. Rumus menghitung pemakaian bahan baku akhir selalu berkaitan dengan laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan agar dapat membuat laporan laba rugi komprehensif di akhir periode.

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Jurnal Penyesuaian Persediaan Bahan Baku Akhir Periode

Contoh jurnal penyesuaian persediaan bahan baku akhir periode berkaitan dengan materi akuntansi biaya. Perhitungan biaya bahan baku harus mempertimbangkan siklus pembelian dan pemakaian agar dapat dilakukan proses alokasi sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan atau berdasarkan proses.

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki bahan baku awal sebesar Rp 25.000.000. Pada tahun berjalan, PT Rafinternet melakukan pembelian bahan baku sebesar Rp 90.000.000 tetapi terdapat retur sebesar Rp 3.400.000. Bagaimana cara menghitung persediaan bahan baku akhir?

Persediaan Bahan Baku Awal Rp 25.000.000
Pembelian Bahan Baku Rp 90.000.000
Retur Pembelian Rp (3.500.000)
Persediaan Bahan Baku Akhir Rp 111.500.000

Jurnal penyesuaian pemakaian bahan baku pada akhir periode terjadi ketika PT Rafinternet melakukan perhitungan pemakaian bahan baku sebesar Rp 102.000.000. Sistem pengendalian internal persediaan bahan baku harus dapat dilakukan pembuatan jurnal penyesuaian sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/05/2021Biaya Bahan Baku Rp 102.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp 102.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Biaya Tenaga Kerja Langsung

Demikian contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya yang menjadi materi akuntansi biaya. Persediaan bahan baku menjadi awal dari kegiatan produksi yang termasuk kekayaan perusahaan dapat digunakan dan harus disesuaikan pada akhir periode.

0 Response to "Contoh Soal Biaya Bahan Baku Akuntansi Biaya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel