Contoh Soal dan Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal penghapusan piutang tak tertagih menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal atas piutang dagang sebaiknya dapat memberikan otorisasi atas penjualan kredit yang mungkin dapat dilakukan. Piutang dagang dalam bahasa inggris disebut account recaivables.

Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan oleh peraturan perpajakan harus menyesuaikan biaya fiskal. Biaya fiskal adalah biaya yang dapat mengurang jumlah penghasilan kena pajak sehingga pajak penghasilan yang dilaporkan dan dibayarkan dapat berkurang dari yang seharusnya dibayarkan perusahaan tersebut.

Syarat-syarat piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih harus menyesuaikan cadangan kerugian piutang. Tata cara penghapusan piutang tak tertagih adalah melampirkan berkas perkara penyerahan tagihan ke pengadilan negeri setempat. Langkah mengatasi piutang yang tidak dapat dibayarkan yaitu otorisasi penjualan kredit.

Contoh Soal dan Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang

Sistem pengendalian internal piutang dagang dapat dilaksanakan guna mencegah kecurangan atas penjualan tunai dan penjualan kredit. Perbedaan penjualan tunai dan kredit berkaitan dengan arus kas yang diterima perusahaan setelah terjadi penyerahan barang dan jasa kena pajak di daerah pabean.

Contoh sistem pengendalian internal atas piutang dagang adalah otorisasi penjualan kredit. Penjualan kredit adalah tagihan perusahaan yang dibayarkan oleh pelanggan setelah penyerahan barang. Penjualan kredit hendaknya dilakukan setelah perusahaan melakukan evaluasi terhadap keseriusan pembayaran pelanggan.

Pemeriksaan terhadap sistem pengendalian internal piutang dagang dapat dilaksanakan untuk melihat kelemahan internal control Resiko penjualan kredit akan terjadi ketika entitas tidak menerima pembayaran atas barang yang telah diberikan. Penilaian kredit pelanggan harus diberikan terlebih dahulu oleh manajer kredit.

Baca Juga: Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh Soal Penilaian Piutang Usaha dan Jawabannya

Contoh soal penilaian piutang usaha dan jawabannya akan dilaksanakan setelah terjadinya pelaporan piutang dagang sebagai aktiva. Aktiva adalah seluruh kekayaan perusahaan yang diterima oleh pelanggan setelah akhir tahun pajak dengan mempertimbangkan risiko bawaan dan risiko pengendalian.

Contoh soal dan jawaban penilaian piutang usaha terdiri dari kerugian piutang dan penghapusan piutang tak tertagih. Piutang dilaporkan pada laporan laba rugi sebesar nilai yang dapat ditagihkan ke pelanggan yaitu piutang bersih dikurangi jumlah cadangan kerugian piutang di akhir periode berjalan.

Soal dan jawaban metode penghapusan piutang terdiri dari metode langsung dan metode tidak langsung. Akun cadangan kerugian piutang adalah pos laporan keuangan yang berguna untuk melaporkan adanya aktiva yang mungkin tidak dapat ditagihkan ke pelanggan sampai akhir periode akuntansi.

 Baca Juga: Cara-Cara Menyelesaian Piutang Dagang

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Menurut Pajak

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih menurut perpajakan harus dilakukan karena tidak semua perusahaan dapat menjadikan biaya kerugian piutang sebagai biaya fiskal. Koreksi fiskal positif dan koreksi fiskal negatif akan terjadi ketika entitas salah mengklasifikasikan pos laporan keuangan.

Metode penghapusan piutang yang diperbolehkan menurut peraturan perpajakan adalah metode tidak langsung. Akuntasi memperbolehkan perusahaan membentuk akun cadangan kerugian piutang untuk mencegah risiko bawaan dan risiko pengendalian internal atas pos laporan keuangan yang dipublikasikan.

Contoh soal penghapusan piutang metode tidak langsung terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan piutang sebesar Rp 45.680.000 yang seharusnya mampu dibayarkan 8 kali tetapi baru diterima 5 kali. Cadangan kerugian piutang sebesar Rp 1.700.000. Bagaimana jurnal penghapusan piutang dalam bahasa inggris.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Biaya Kerugian Piutang Rp 15.430.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 1.700.000
Piutang Usaha Rp 17.130.000

Baca Juga: Syarat-Syarat Piutang Usaha Sebagai Biaya Fiskal

Demikian contoh soal dan jurnal penghapusan piutang tak tertagih semoga dapat membantu menjawab soal essay akuntansi keuangan menengah. Bab piutang terdiri dari penilaian piutang, penghapusan piutang dan pengakuan piutang di periode berjalan sebelum akhir periode tersebut

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel