Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Bunga

Konten [Tampil]

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel bunga dilakukan agar perusahaan memperoleh pendapatan dan biaya yang harus ditanggungnya. Pengertian wesel bunga menurut para ahli adalah surat perintah pembayaran hutang yang dikeluarkan untuk melunasi tagihan yang telah jatuh tempo selama waktu tertentu.

Contoh soal wesel bunga dan wesel tidak berbunga akuntansi keuangan menengah menjadi materi liabilitas jangka pendek. Hutang jangka pendek adalah pinjaman yang diberikan pihak ketiga karena adanya transaksi pembelian barang, penggunaan jasa bahkan adanya biaya yang belum terbayarkan.

Bagaimana cara menghitung bunga wesel dan menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bayar bergantung kebijakan akuntansi di perusahaan tersebut. Piutang bunga wesel akan didapatkan karena nilai nominal wesel terdapat tingkat bunga yang telah dijanjikan oleh penerbit dan waktu jatuh temponya.

Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Bunga

Pertanyaan Tentang Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Pertanyaan tentang wesel tagih dan wesel bayar menjadi materi liabilitas jangka pendek akuntansi pengantar. Wesel tagih adalah bentuk lain dari piutang wesel. Wesel bayar adalah bentuk lain dari hutang wesel. Penentuan tanggal jatuh tempo wesel bergantung penandatangan dan nilai nominal wesel tersebut.

Pertanyaan tentang wesel bunga dan wesel tanpa bunga berkaitan dengan catatan akuntansi. Akuntan perusahaan akan mencatat pendapatan bunga dan biaya bunga selama periode yang telah dilalui berdasarkan konsep nilai waktu dari uang. Piutang wesel terjadi karena adanya penjualan atau pelunasan hutang.

Kerugian dan keuntungan wesel tagih adalah perusahaan memperoleh kepastian pembayaran tagihan dan pendapatan bunga. Apa yang terjadi apabila wesel bayar dan tagih mengalami kerugian bergantung pada kebijakan hutang perusahaan. Piutang wesel kurang dari satu tahun diberlakukan sebagai aset jangka pendek.

Baca Juga: Penyajian Piutang Wesel dan Utang Wesel dalam Laporan Keuangan

Contoh Soal Utang Wesel Bunga dan Jawabannya

Contoh soal utang wesel bunga dan jawabannya akan terjadi ketika entitas melaporkan laporan posisi keuangan terutama aktiva dan passiva. Aktiva adalah total kekayaan yang disetorkan para pemilik modal dan pinjaman dari pihak ketiga yang berguna untuk melaksanakan kegiatan produksinya.

Contoh soal wesel bunga dan pembahasannya akan melibatkan nilai nominal wesel, tingkat bunga wesel dan masa jatuh tempo wesel. Perbedaan piutang dan wesel tagih adalah adanya kemungkinan entitas memperoleh pendapatan bunga atas pembayaran tagihan yang telah dijanjikan lawan transaksi.

Piutang wesel akan diakui ketika terjadi penjualan kredit, pelunasan tagihan dan pemberian pinjaman uang. Pendiskontoan wesel tagih dan bayar adalah proses merubah piutang wesel untuk menerima pembayaran kas sebelum masa jatuh tempo yang telah diperjanjikan oleh penandatangan wesel tagih.

Baca Juga: Contoh Soal Pendiskontoan Wesel dan Pembahasannya

Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bayar dilakukan dengan memperhitungkan hari, bulan dan tahun. Apabila jangka waktu wesel dinyatakan dalam satuan hari maka entitas harus menghitung hari yang akan dilalui secara tepat misalnya 60 hari dan 90 hari.

Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih dilakukan entitas untuk menghitung tingkat bunga yang diperolehnya. Wesel dibedakan menjadi piutang wesel (wesel tagih) dan hutang wesel (wesel bayar). Wesel dapat diterbitkan dengan tingkat bunga tertentu atau nilai nominal yang diperoleh perusahaan akhir periode.

Contoh soal hutang wesel dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang menerima wesel tagih sebesar Rp 109.568.000 dengan masa 90 hari dan tingkat bunga 9%. Penerbitan wesel dilakukan pada tanggal 6 Juni 2021. Kapan batas waktu pembayaran wesel yang dijanjikan oleh lawan transaksi?

Tanggal Penerbitan06/06/2021
Jatuh Tempo90 Hari
Bulan Juni30/06/202124 Hari
Bulan Juli31/07/202131 Hari
Bulan Agustus31/08/202131 Hari
Bulan September04/09/20214 Hari

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembalik Pendapatan Diterima Dimuka

Demikian cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel bunga dan tingkat bunga wesel yang harus dibayarkan lawan transaksi. Bedanya wesel berbunga dan wesel tanpa bunga adalah nilai nominal yang tercantum pada surat wesel dan catatan atas laporan keuangan per aktiva yang dimilikinya.

0 Response to "Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Bunga"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel