Contoh Soal Laporan Biaya Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Laporan biaya pokok produksi perusahaan manufaktur terdiri dari contoh soal dan langkah-langkah membuat laporan HPP. Manfaat perhitungan harga pokok pembelian dan penjualan bagi perusahaan adalah menentukan berapa besar kemungkinan perusahaan memperoleh keuntungan atas penjualan barang.

Contoh laporan harga pokok produksi 2 departemen perusahaan manufaktur harus dilaksanakan sebagai tindakan perusahaan mempertanggungjawabkan biaya. Rumus untuk menghitung harga pokok produksi adalah persediaan barang dagang awal dan pembelian barang pada periode tersebut dikurang hasil inventory opname.

Langkah-langkah membuat laporan harga pokok produksi dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan hendaknya dilaksanakan dalam rangka memperoleh harga pokok produk per satuan hasil produksi. Biaya produksi terdiri dari kas yang telah dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan aset tertentu.

Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan harus dilaksanakan untuk menghitung biaya per unit produk. HPP terdiri dari seluruh pengeluaran dalam rangka mempersiapkan aset atau kekayaan yang dapat diperjualbelikan kepada pihak ketiga dalam rangka memperoleh keuntungan.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan proses harus dilaksanakan pembuatan jurnal umum atas transaksi pembelian bahan baku, pembayaran tenaga kerja dan penggunaan biaya yang dilaksanakan departemen jasa dan bahan baku penolong. Biaya produksi harus diperhitungkan per unit produknya.

Laporan biaya pokok produksi harus dilaksanakan setiap periodenya untuk mempertanggungjawaban kas yang dikeluarkan perusahaan. Adanya kemungkinan produk hilang selama proses produksi dan kerusakan karena unsur manusia akan dipertimbangkan untuk membuat sistem pengendalian internal kegiatan produksi.

Baca Juga: Contoh Penjualan Angsuran dalam Kehidupan Sehari-hari

Langkah-Langkah Membuat Laporan Biaya Produksi per Departemen

Langkah-langkah membuat laporan biaya produksi per departemen menjadi materi akuntansi biaya karena mempertanggungjawabkan kas perusahaan. Biaya produksi per unit dihasilkan ketika perusahaan berhasil menciptakan barang jadi setiap periode untuk dijual ke pelanggan.

Apa itu HPP dan bagaimana cara menghitung hpp harus diketahui oleh akuntan perusahaan karena berkaitan dengan pelaporan laba tahun berjalan. Laporan laba rugi komprehensif akan digunakan sebagai dasar pengenaan pajak bagi entitas yang telah menjadi pengusaha kena pajak pada akhir periode.

Langkah-langkah membuat laporan biaya pokok produksi per departemen dimulai dengan meminta data pengeluaran kas untuk pembelian bahan, penggunaan tenaga kerja dan biaya administrasi perkantoran. Apabila perhitungan HPP terjadi pada PT Rafinternet dengan pengeluaran biaya produksi sebagai berikut:

KeteranganDepartemen Produksi
Produk dalam Proses Awal
- Departemen Produksi5000 Unit
(BB 100%, BK 70%)
Produk Masuk Proses dalam Periode Berjalan
- Departemen Produksi1000 Unit
Produk dalam Proses Akhir
- Departemen Produksi4000 Unit
(BB 100%, BK 60%)
Biaya Produksi
Produk dalam Proses Awal
- Dari departemen produksi
- Biaya Bahan Rp 129.868.580
- Biaya tenaga kerja Rp 84.696.900
- Biaya Overhead Pabrik Rp 169.393.800
Periode Berjalan
- Biaya Bahan Rp 124.222.120
- Biaya tenaga kerja Rp 118.575.660
- Biaya Overhead Pabrik Rp 220.211.940

Baca Juga: Perbedaan Biaya Bahan dan Biaya Konversi

Rumus Menghitung Unit Ekuivalen Laporan Biaya Produksi

Rumus menghitung unit ekuivalen dalam laporan biaya produksi berasal dari biaya bahan dan biaya konversi yang digunakan pada akhir periode. Harga pokok produksi adalah pertanggungjawaban departemen human resource dan departemen produksi dalam rangka menciptakan pendapatan.

Rumus menghitung unit ekuivalen dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan dapat dilakukan untuk mempertanggungjawabkan biaya produksi. Pengeluaran karena membeli bahan baku atau tenaga kerja langsung dapat ditelusuri ke dalam produk jadi yang dibuat perusahaan.

Contoh soal laporan biaya pokok produksi berisi informasi tentang penjadwalan unit produksi dan penggunaan tenaga kerja. Biaya konversi adalah biaya untuk proses perubahan bahan baku menjadi persediaan barang jadi. Adapun laporan harga pokok produksi PT Rafinternet sebagai berikut:


Baca Juga: Alokasi Biaya Departemen Pendukung ke Departemen Produksi

Demikian contoh soal laporan biaya pokok produksi perusahaan manufaktur yang terdiri dari 2 departemen atau lebih. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan mempublikasikan seluruh pengeluaran yang berkaitan dengan proses pembuatan produk sampai akhir periode.

0 Response to "Contoh Soal Laporan Biaya Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel