Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap dan jawabannya harus dilakukan ketika entitas memperoleh bukti bahwa aset dapat digunakan dimasa berikutnya. Jangka waktu pemakaian aset yang diharapkan oleh perusahaan disebut usia ekonomis. Umur manfaat hendaknya disesuaikan ketentuan perpajakan.

Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila perusahaan mendapatkan informasi tidak bertambahnya manfaat ekonomis dimasa depan dan terjadi pelepasan aktiva tetap melalui penjualan dan pertukaran. Metode penyusutan dimana beban depresiasi setiap periodenya sama adalah metode garis lurus.

Kriteria suatu aktiva dapat digolongkan ke dalam aktiva tetap adalah memiliki harga perolehan yang material dan masa manfaat lebih dari setahun. Dalam metode penyusutan metode saldo menurun berganda besarnya persentase penyusutan setiap periodenya bergantung pada umur manfaat yang digunakan perusahaan.

Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya


Kriteria Aktiva Tetap

Kriteria aktiva tetap harus terpenuhi apabila perusahaan agar dapat digunakan sebagai beban pengurang pajak penghasilan. Metode penyusutan aset tetap dan contohnya adalah metode saldo menurun berganda, metode garis lurus dan metode unit produksi yang dihasilkan perusahaan.

Kriteria agar suatu aktiva dapat dikategorikan sebagai aktiva tetap adalah biaya perolehan yang material dapat diukur dengan handal dan perusahaan memperoleh manfaat ekonomis selama tahun berjalan. Biaya perolehan aset tetap meliputi seluruh pengeluaran perusahaan ketika mempersiapkan aset.

Suatu aktiva tetap diberhentikan pemakaiannya ketika perusahaan melakukan pelepasan aset tetap atau berkurangnya manfaat ekonomis tahun berikutnya. Umur manfaat adalah perkiraan waktu perusahaan dapat menggunakan aset untuk kegiatan operasional selama beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Amortisasi Aktiva Tak Berwujud

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Taksiran Umur Manfaat

Perubahan taksiran umur manfaat artinya perusahaan menambah atau mengurangi usia ekonomis penggunaan aset tetap yang telah dilaporkan. Catatan atas laporan posisi keuangan harus mempublikasikan informasi tentang metode penyusutan, biaya perolehan dan nilai residu.

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat tidak akan mempengaruhi beban depresiasi tahun lalu karena akan mengurangi tingkat kepercayaan pengguna laporan keuangan. Perusahaan hanya dapat melakukan revisi biaya penyusutan periode berjalan dan periode yang akan datang.

Contoh soal dan jawaban perubahan umur manfaat aset tetap tidak akan memenuhi prinsip konsistensi. Prinsip konsistensi berarti perusahaan melakukan pencatatan dengan metode yang sama untuk beberapa periode. Prinsip materialitas adalah kesalahan dalam perhitungan akan mempengaruhi kebijakan akuntansinya.

Baca Juga: Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi

Jurnal Mencatat Penyusutan Aktiva Tetap

Jurnal mencatat penyusutan aktiva tetap harus diselenggarakan setelah perusahaan memperoleh kepastian tentang biaya perolehannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga perolehan aktiva meliputi harga jual, biaya ongkos kirim dan pajak pertambahan nilai serta pajak penghasilan pasal 4 ayat 2.

Contoh soal metode garis lurus tanpa nilai residu terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki kendaraan seharga Rp 42.650.000 yang telah digunakan selama 2 tahun. PT Rafinternet memutuskan untuk memperpanjang masa manfaat aset tetap karena telah mengeluarkan biaya perbaikan mesin.

Berikut ini yang bukan merupakan jurnal untuk mencatat aktiva tetap tentu memerlukan metode pembayaran. Pembelian aktiva tetap secara tunai akan mengeluarkan kas. Pembelian aktiva tetap secara kredit akan menambah hutang jangka pendek. Maka perhitungan beban penyusutan ketika umur manfaat ditambah adalah

Nilai Buku Rp 21.325.000
Taksiran Usia Manfaat Baru3
Biaya Depresiasi Rp 7.108.333

Baca Juga: Pengukuran Awal Aktiva Tetap Berwujud dan Tak Berwujud

Demikian contoh soal perubahan umur manfaat aktiva tetap dan jawabannya akuntansi keuangan menengah. Materi aktiva tetap yaitu penyusutan, biaya perolehan dan revaluasi aset. Aset dapat dikategorikan sebagai aktiva tetap ketika perusahaan melaporkannya dicatatan atas laporan keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel