Pengertian E-COMMERCE dan contoh

Apa itu e-commerce? pengertian E-Commerce adalah sebuah kegiatan penyebaran, jual dan Bu serta pemasaran produk baik barang atau jasa dengan menggunakan jaringan internet atau telekomunikasi seperti jaringan komputer. Rafinternet.com adalah salah satu produk E-Commerce.

Definisi E-Commerce adalah sebuah aktivitas penggunaan teknologi dan informasi serta komunikasi dalam pengolahan data digiaatal di dalam melakukan transaksi bisnis yakni menciptakan, mengubah, dan mendefinisikan
kembali hubungan antara penjual serta pembeli.

Pengertian E-Commerce


Pengertian E-COMMERCE secara sederhana dapat diartikan sebuah kegiatan transaksi jual-beli barang, servis pelayanan dan transmisi data dengan menggunakan elekronik yang berhubungan dengan telekomunikasi yakni internet.

Pengertian E-COMMERCE menurut Para Ahli

Berikut ini adalah keterangan pengertian E-commerce menurut para ahli.

  • Loudon tahun 1998
Pengertian E-Commerce menurut Loudon adalah sebuah proses transaksi yang dikerjakan oleh penjual dan pembeli dalam sebuah pertemuan tanpa harus tatap muka terhadap berbagai produk daur sebuah perusahaan dengan menggunakan internet dan komputer sebagai perantara transaksi.
  • Kalakota dan Whinston Tahun 1997.
Pengertian E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston adalah kegiatan berbelanja secara online dengan menggunakan jaringan internet dalam bertransaksi dengan pembayaran transfer secara digital. Keduanya meninjau pengertian E-Commerce melalui 4 perspektik yakni.
  1. Perspektif komunikasi, yakni sebuah kegiatan pengirimanan barang, layanan informasi serta pembayaran melalui jaringan elektronik terutama komputer.
  2. Perspektif Proses Bisnis, yakni sebuah aplikasi teknologi yang menuju ke arah otomatisasi transaksi bisnis dan aliran kerja.
  3. Perspektif Layanan, yakni sebuah alat untuk memenuhi keinginan dari perusahaan terutama manajemen dan konsumen dalam mengurangi biaya layanan ketika ingin meningkatkan kualitas barang dan kecepatan pengiriman barang tersebut.
  4. Perspektif Online, yakni untuk menyediakan berbagai informasi terutama dalam jual dan beli produk melalui layanan internet atau sarana online lainnya.
  • Jony Wong.
Pengertian E-Commerce menurut Jony Wong adalah penjualan dan pembelian serta pemasaran sebuah barang dan jasa melalui sistem elektronik.
  • Vermaat.
Pengertian E-Commerce menurut Vermaat adalah sebuah transaksi yang terjadi dalam bisnis yang menggunakan jaringan elektronik seperti internet sehingga setiap orang yang memiliki jaringan telekomunikasi internet dapat melakukan aktivitas E-Commerce.

Sejarah E-COMMERCE

E-COMMERCE muncul pertama kali mulai dari tahun 1960 pada saat bisnis menggunakan Data EDI atau Electronik Data Interchange mulai populer. Kemudian berkembang pada tahun 1979, ketika American Standard instutute mengembangkan sebuah ASC X12. ASC X 12 digunakan sebagai sarana transfer dokumen dengan menggunakan sebuah perangkat elektronik dan terus berkembang pada tahun 1980-1990 sampai lahirnya sebuah perusahaan besar yakni eBay dan Amazon.


Sekarang inikonsumen dibebaskan untuk berbelanja online pada waktu kapanpun secara tidak terbatas.

Jenis-jenis E-COMMERCE

Setelah diatas membahas mengenai pengertian E-Commerce, maka sekarang ini kita lanjutkan ke bahasan jenis-jenis E-COMMERCE. E-COMMERCE dibedakan menjadi 2 pihak yakni bisnis dan konsumen. Sehingga istilah E-Commerce dan e-business selalu ditemui bersamaan.
  • E-COMMERCE Business to Business (B2B)
Transaksi e-commerce yang dilakukan oleh pihak yang memiliki kepentingan bisnis dari sama yang lain sehingga mereka mengetahui dan mengerti bisnis yang dijalankan.

Secara umum bisnis itu dilakukan secara berkesinambungan atau berlangganan seperti perusahaan dan supplier yang selalu bertransaksi secara online untuk memenuhi kebutuhan barang sampai proses pembayarannya.
  • E-COMMERCE Business to Customer (B2C)
Busines to consumer yang dilakukan oleh para pembisnis dengan konsumen mereka, transaksi ini sering kita jumpai dalam penjualan biasa. Konsumen akan dapat melakukan penawaran produk sampai akhirnya melakukan pembayaran.
  • E-COMMERCE Customer to Customer (C2C)
Transaksi C2C sering dilakukan oleh konsumen dengan konsumen, ketika anda menggunakan beberapa aplikasi marketplace seperti shopee dan Bukalapak. Pengguna dapat mengupload produk dan pembeli / pengguna lain membeli produk tersebut.
  • E-COMMERCE Consumer to Business (C2B)
C2B merupakan sebuah kegiatan yang berkebalikan dengan B2C dimana konsumen akhirlah yang bertindak sebagai penjual sementara perusaahan sebagai pembeli.
  • Aplikasi E-COMMERCE
Setelah saya jelaskan pengertian E-Commerce bahwa transaksi ini bergantung kepada sejumlah aplikasi atau media online lainnya ya. Baca PENGERTIAN MEDIA ONLINE seperti email atau FtP.

Nah PENGERTIAN E-COMMERCE DAN CONTOHNYA telah saya bahas ya.

0 Response to "Pengertian E-COMMERCE dan contoh"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel