Pengertian Database adalah, Arti Database, Manfaat Database dan Jenis-jenis Database

Konten [Tampil]
Apa itu database? Secara umum Pengertian Database atau sering disebut Basis Data adalah tempat berbagai informasi dan data yang tersimpan serta tersusun di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa, dimanipulasi dengan menggunakan program komputer yang dapat akses untuk menggunakan basis data tersebut. Rafinternet.com akan membahas semua hal tentang Database.

Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola serta memanggil database disebut dengan management system.

Arti database berdasarkan istilah database sendiri itu mengacu kepada keterkaitan antara data satu dengan data yang lain dimana tujuan database adalah mengelola data yang dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

Baca juga Pengertian Data

Pengertian Database


Pengertian Database Menurut Pendapat Para Ahli.

Beberapa pendapat para ahli mengenai database dibuang teknologi informasi antara lain.

1. Jogiyanto.

Menurut Jogiyanto pengertian Database adalah tempat berkumpulnya informasi dan data yang saling berhubungan satu dengan lainnya, dimana data itu tersimpan disimpan luar komputer yang memerlukan software tertentu untuk dapat memanipulasinya.

2. Abdul Kadir.

Menurut Abdul Kadir definisi database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang telah terhubung yang dapat mempermudah aktivitas untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

3. Atte.

Menurut S. atte Arti Database adalah suatu koleksi data-data yang saling berhubungan yang terdapat dalam sebuah organisasi atau enterprise dengan berbagai tujuan penggunaannya.

4. Fabbri dan Schwab.

Menurut Fabbri dan Schwab pengertian Database atau basis data adalah sebuah sistem berkas yang terpadu yang dirancang dan didesain khusus untuk meminimalkan suatu pengilangan atau redudancy data.

5. Toni Fabbri

Menurut Toni Fabbri Definisi Database adalah sebuah sistem file-file dan daya yang terintegrasi dalam file serta data tersebut mempunyai sebuah primary key yang digunakan untuk pengulabgan data.

6. Gordon C. Everest.

Menurut Gordon C Everest, Arti Database adalah sebuah kumpulan data yang memiliki sifat mekanis, terbagi atau terdefinisi secara formal serta terkontrol . Pengontrolan berasal dari pusat sebuah organisasi.

7. C.J Date

Menurut C.J Date pengertian basis data adalah sebuah koleksi daya atau informasi operasional yang sengaja disimpan dan digunakan oleh aplikasi suatu organisasi.


Fungsi Database

Berdasarkan pengertian Database dapat ditarik kesimpulan mengenai fungsi database yakni

  • Data dan informasi dapat dikelompokkan ke dalam spesifikasi yang diinginkan agar mudah di mengerti.
  • Dapat mencegah terjadinya data ganda atau duplikat data bahkan sampai inkonsistensi data 
  • Mempermudah dalam proses penyimpanan, akses, dan pembaruan serta hapus data yang dibutuhkan.
  • Menjada agar data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang telah diinput kan ke dalam sistem.
  • Dapat digunakan untuk memperkaya data dengan menyimpan banyak data.
  • Meningkatkan kinerja aplikasi yang perlu database yang besar.

Manfaat Database.

Setelah fungsi database, apa saja manfaat database secara umum ya, manfaat database secara umum adalah tempat penyimpanan data agar mudah diorganisir. Secara khusus manfaat database sebagai berikut.
  • Tidak muncul redudancy basis data.
Redudansi data adalah data yang disimpan dalam sebuah aplikasi memiliki data ganda, sehingga akan mempersulit anda ketika melakukan pencarian bahkan sampai juga memperbanyak biaya penyimpanan.
  • Terjaga integritas database.
Database akan memastikan bahwa data yang disimpan memiliki keakuratan, aksesibilitas, konsistensi serta memiliki kualitas yang tinggi pada data yang di simpan.
  • Terjaga Independensi Data.
Database akan memberikan Independensi data sehingga orang lain tidak akan bisa merubah data bahkan walaupun mereka memiliki akses.
  • Sharing data semakin mudah.
Perangkat lunak akan mempermudah dalam membagikan data yang telah disimpan dalam data base serta informasi yang diperlukan.
  • Menjaga Keamanan Data.
Database berfungsi menjamin keamanan sebuah informasi dan data, dimana Anda dapat memasukkan kode akses untuk masuk ke area database sehingga hanya orang tertentu yang bisa masuk ke sistem.
  • Akses Data yang mudah.
Dengan menggunakan databass yang memiliki unsur akses dan organisme data yang mudah ya.


Jenis-jenis Database dan Tipe-tipe Database.

Ketika menggunakan database, anda membutuhkan software khusus untuk menyimpan dan mengambil data serta informasi dari database. Software ini sering disebut dengan istilah System Management Basis Data (DBMS).

Berikut ini adalah tipe-tipe basis data.


  • Operational Database yaitu database yang menyimpan data secara mendetail yang akan dibutuhkan untuk mendukung operasi sebuah organisasi secara keseluruhan.
  • Analytical Database yaitu database yang digunakan untuk menyimpan informasi dan data yang bisa diambil dari operasional dan eksternal database.
  • Data Warehouse yaitu gudang tempat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan data dari tahun ke tahun hingga sampai sekarang ini.
  • Distributed Database yaitu kelompok kerja local database dan berbagai departemen kantor dan lokasi kerja yang lain.
  • End-user Database yaitu basis data yang digunakan untuk pengguna akhir yang terdiri dari bebagai file data yang diperoleh dari end user dalam setiap workstation.
  • Real-time Database yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola serta menangani beban kerja sebuah negara yang bisa berubah-rubah , mengandung data yang terus menerus serta sebagian tidak berpengaruh terhadap waktu.
  • Document Oriented Data yaitu perangkat lunak komputer yang dibutuhkan operasi untuk sebuah dokumen.
  • In memory Database yaitu sebuah database yang tergantung g kepada memori uang digunakan untuk menyimpan data dan informasi pada komputer.
  • Navigational database yaitu queries dapat menemukan benda yang mengikuti sebuah obyek yang menjadi suatu referensi tertentu.
  • Hypermedia database on the web yaitu sebuah halaman multimedia yang berhubungan satu dengan yang lain dalam sebuah website, yang terdiri dari hp.epage dan Hyperlink yang terdapat didalamnya meliputi multimedia dan lainnya.
  • Eksternal database yaitu database yang menyediakan akses ke luar serta data pribadi secara online.
  • Relational database yaitu database yang merupakan standard komputasi bisnis dan basis data yang sering dipakai.
  • Macam-macam software database.

    Setelah mengetahui pengertian Database, keuntungan database dan kelebihan database, anda harus mengetahui perangkat lunak database yang dapat digunakan untuk mengakses semua data yang terdapat di basis data.

    1. Microsoft Access

    Merupakan salah satu jenis software database yang sering digunakan. Microsoft Access cocok untuk digunakan pada sebagian besar komputer yang memiliki relasional. Selain itu, ketika anda berbisnis dalam skala kecil/rumahan, database dalam sistem ini cukup ringan sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengakses data tersebut, selain itu mereka mempunyai fitur yang mudah untuk digunakan.

    2. Oracle

    Merupakan software yang mampu menampung banyak sekali data dalam database hingga sampai ukuran terabyte, Oracle sering digunakan untuk perusahaan yang sedang berkembang karena mereka menyediakan layanan secara gratis untuk mengaksesnya.

    3. Ma SQL Server.

    Merupakan aplikasi database yakni manajemen basis data yang sering digunakan dalam Microsoft dengan bahasa pemrograman yang digunakan yakni Transact-SQL. Tipe data yang digunakan sangat banyak sehingga anda akan sangat membantu pekerjaan anda.

    4. MySql

    Merupakan salah satu perangkat lunak database yang memiliki kemampuan open Access dan kompatibel untuk semua perangkat Windows dan Linux. Keunggulan yang dimiliki Mysql adalah anda dapat menggunakannya secara multi user. Bahkan anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan lisensi dan juga memiliki kecepatan dalam melihat query.

    5. Fire bird.

    Perangkat lunak manajemen database yang paling ringan dan standar yaitu fitur ANS SQL-99 dan SQL-2003. Software ini bisa berkompetisi dengan sistem windows dan Linux .

    6. Postgre SQL.

    Merupakan sistem database yang open source dengan memiliki lisensi general publicly licence / GPL. Software ini menggunakan bahasa pemrograman C++, C, SQL, PHP. Jika untuk pekerjaan pribadi, perangkat lunak ini sangat di rekomendasikan.

    Baca juga Pengertian Email

    Nah Pengertian Database, Jenis-Jenis Database, Arti Database, Definisi Database, Fungsi Database, Macam-macam Database, Software Database telah saya sampaikan ya.

    0 Response to "Pengertian Database adalah, Arti Database, Manfaat Database dan Jenis-jenis Database"

    Post a Comment

    Berkomentarlah dengan bijaksana

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel