✓ Pengertian LAN adalah: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Komponen Jaringan LAN

Konten [Tampil]
Pengertian LAN adalah, Apa yang dimaksud dengan LAN? Secara umum Pengertian LAN adalah sebuah jaringan komputer dimana cakupan wilayah jaringan yang dimilikinya sangat terbatas atau kecil. Seperti Jaringan komputer kantor, sekolah, satu ruangan bahkan rumah.

Pengertian LAN


Sekarang ini, sebagian besar jaringan LAN menggunakan Teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki fitur perangkat switch dengan kecepatan transfer yang tinggi yakni 10, 100, atau 1000 Mbits/s . Selain itu ada teknologi lainnya yakni WiFi dengan nama teknologi 802.11b yang banyak digunakan untuk membentuk jaringan LAN, sehingga terbentuklah hotspot, hotspot adalah jaringan LAN yang menyediakan LAN dengan teknologi Wi-Fi.

Secara umum jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang memiliki jarak yang sedikit atau berada di wilayah yang berdekatan. Seperti jaringan komputer yang ada di laboratorium komputer sehingga dapat digunakan untuk bertukar akses file dan data dengan mudah dan cepat.

Baca juga PENGERTIAN TEKNOLOGI.

PENGERTIAN LAN MENURUT PARA AHLI.

Berdasarkan pengertian LAN diatas, para ahli membuat beberapa rujukan pengertian LAN menurut para ahli yaitu.

1. Bonnie Suherman.

Menurut Bonnie Suherman, definisi LAN adalah sebuah jaringan yang terbatas terhadap ruangan tunggal dalam sebuah satu gedung atau yang menghubungkan beberapa gedung dalam satu area geografis yang tertutup.

2. Angga Wibowo.

Menurut Angga Wibowo, pengertian LAN adalah suatu jaringan yang bersifat lokal atau pribadi. Pada umumnya jaringan LAN hanya digunakan dalam ruang lingkup yang terbatas seperti kantor, kampus, dan lingkungan lainnya.

3. Teguh Wahyono.

Menurut Teguh Wahyono, Arti LAN adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki sifat lokal yang hanya memiliki cakupan wilayah yang tidak terlalu besar. Jaringan LAN hanya memiliki cakupan wilayah dengan radius sekitar 20 km atau bahkan lebih sempit.

4. Arief Ramadhan.

Menurut Arief Ramadhan, definisi LAN adalah suatu jaringan komputer yang memiliki cakupan area yang terbatas pada satu lokasi tertentu saja.

5. Agus J. Alam

Menurut Agus J. Alam, LAN adalah sesuatu jaringan yang tertidur atas satu atau lebih komputer yang terdapat dalam suatu lokasi tertentu.


Karakteristik LAN dan Ciri-Ciri LAN.

LAN mempunyai beberapa karakteristik yang dapat membedakan dengan jaringan MAN atau metropolitan area network dan AKAN arah Wide Area Network. Adapun beberapa Ciri-Ciri LAN adalah.
  • LAN memiliki ruang lingkup yang lebih sempit daripada jaringan yang lain seperti area kantor, kampus, sekolah bahkan rumah.
  • LAN mempunyai jaringan yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi karena jaraknya cukup pendek.
  • LAN dapat berfungsi dengan tanpa jaringan telekomunikasi alias menggunakan jaringan localhost.
Baca Juga PENGERTIAN DATA.

Fungsi Jaringan LAN dan Manfaat Jaringan LAN.

Secara umum, fungsi utama jaringan LAN adalah menghubungkan beberapa komputer satu dengan komputer yang lain dalam jaringan sehingga membuat proses kerja menjadi mudah dan cepat. Seusia dengan Pengertian LAN yang sudah dijelaskan, adapun tujuan LAN adalah;
  1. Dapat menghubungkan beberapa komputer yang memiliki wilayah yang kecil.
  2. Dapat berkomunikasi antar beberapa komputer dan perangkat dalam satu jaringan.
  3. Dapat mempercepat bahkan lebih cepat  dalam proses berbagi data dan program antar komputer dalam satu jaringan.
  4. Dapat mengurangi biaya operasional karena perangkat dalam satu jaringan dapat digunakan secara bersamaan seperti printer, dan server.
Baca Juga PENGERTIAN E-COMMERCE.

Komponen Dasar Jaringan LAN

Jaringan LAN memiliki beberapa komponen dasar yang diatur sehingga dapat menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan kecil. Adapun  beberapa komponen dasar LAN adalah.
  • Workstation, adalah host yang merupakan suatu sistem komputer.
  • Server, yaitu sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation agar terkoneksi dengan jaringan LAN.
  • Link, yaitu bagian dari LAN yang menghubungkan beberapa perangkat yaitu workstation dan server secara fisik.
  • Network inter card, sering disebut dengan NIC, yaitu sebuah rangkaian elektronika yang digunakan untuk menangani network protokol.
  • Network Software, yaitu perangkat lunak yang digunakan agar dapat menjalankan jaringan LAN sebagaimana mestinya.
Baca juga pengertian email.

Kelebihan LAN dan Kekurangan LAN.

Setiap jaringan pasti ada kelebihan dan kekurangan LAN, begitupun LAN juga memilikinya. Adapun kelebihan dan kekurangan LAN adalah.

Kelebihan LAN.

  • Dapat berbagi sumber daya, sehingga setiap perangkat yang mengakses komputer di jaringan LAN dapat berbagi sumber daya yang dimilikinya.
  • Data terpusat, data yang digunakan oleh setiap komputer dalam jaringan LAN dapat disimpan disatukan jaringan yakni di server. Dengan adanya server maka setiap pengguna dapat menggunakan akses file ke setiap masing-masing komputer.

Kekurangan LAN.

  • Keamanan yang rentan, hal ini terjadi karena setiap pengguna komputer dapat mengakses database oleh penggunanya. Mungkin saja ada pengguna yang tidak memiliki otorisasi masuk untuk menerobos sistem keamanannya ya.
  • Server yang bermasalah, ketika server pusat bermasalah maka semua jaringan LAN yang dibangun akan tidak bisa diakses. Seperti jaringan LAN dimana server komputer utama rusak terkena virus dan lain-lain.
  • Biaya instalasi yang mahal, karena ini merupakan salah satu jaringan pribadi, maka secara umum setiap orang harus membelinya secara tersendiri.
Nah pengertian LAN, definisi, fungsi, karakteristik, manfaat LAN. Semoga bermanfaat ya.

0 Response to "✓ Pengertian LAN adalah: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Komponen Jaringan LAN"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel