Contoh Analisis Time Series dan Forecasting Data di Laporan Posisi Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh analisis time series dan forecasting data di laporan posisi keuangan berguna dalam rangka menentukan trend keuangan yang berlangsung selama beberapa periode berurutan. Forecasting berguna untuk mempredisiksi kondisi keuangan di masa depan sebagai akibat tindakan perusahaan dimasa lampau.

Pertanyaan tentang analisis time series berkaitan dengan berapa lama minimal data yang dikumpulkan bergantung pada kebijakan perusahaan untuk memproyeksikan kejadian di masa depan. Bedanya analisis ex-post dan analisis ex-ance dalam peramalan data keuangan dikaitkan pada pendekatan ekonomis, statistik dan variabel.

Data time series dan cross section berguna untuk memproyeksikan transaksi yang sedang terjadi. Mengapa analisis times series digunakan pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa dan perusahaan dagang karena berguna dalam meramalkan trend penjualan produk yang sedang diminati dan menghasilkan keuntungan lebih tinggi.

Contoh Analisis Time Series dan Forecasting Data di Laporan Posisi Keuangan

Pengertian Analisis Times Series dan Forecasting Data Keuangan

Pengertian analisis times series adalah metode mengevaluasi data keuangan secara berurutan dari periode ke periode untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada kompetisi dan teknologi pembuatan produk. Peraturan pemerintah dan merger perusahaan akan menjadikan data keuangan semakin diminati investor baru.

Pengertian forecasting data keuangan adalah tindakan perusahaan menggunakan laporan posisi keuangan sebagai dasar proyeksi informasi di masa depan. Tujuan forecasting adalah memberikan pola atau trend sebuah penjualan produk yang meningkat karena adanya pengaruh lingkungan atau kebijakan pemerintah.

Data time series minimal 5 tahun karena berkaitan dengan informasi boleh disimpan sebagai bukti transaksi. Dalam analisis time series, pendekatan-pendekatan yang dapat digunakan diantaranya ekonomi, statistik dan visual. Pendekatan times series harus digunakan seluruhnya karena berkaitan.

Baca Juga: Karakteristik Kualitatif Informasi Keuangan

Pertanyaan Tentang Analisis Time Series

Pertanyaan tentang analisis time series berkaitan dengan informasi data keuangan seperti lama pelaporan, pendekatan time series, komponen-komponen penyusun informasi. Pada data penjualan, terdapat beberapa informasi yang diambil dari laporan keuangan seperti informasi trend, siklus, musiman dan ketidakteraturan.

Mengapa analisis time series juga mesti digabungkan dengan analisis time series industri hal ini mengikuti kebijakan akuntansi perusahaan. Adanya perubahan kebijakan akuntansi seperti metode penyusutan dan metode penilaian persediaan mengakibatkan perubahan pada laporan keuangan untuk pajak badan.

Pertanyaan tentang analisis time series dan cross section digunakan sebagai dasar pembelian bahan baku dan proyeksi penjualan dimasa depan. Trend adalah pergerakan time series dan forcasting data keuangan dalam jangka panjang. Siklus merupakan pergerakan bisnis dalam jangka pendek di perusahaan.

Baca Juga: Analisis Prediksi Kebangkrutan: Multivariate dan Univariate

Contoh Soal Analisis Time Series dan Pembahasannya

Contoh soal analisis time series dan pembahasannya dilangsung untuk menentukan jumlah informasi keuangan di perusahaan. Manakah yang termasuk data cross section dan time series adalah jika data yang dikumpulkan secara berurutan tanpa dilampaui suatu hal maka disebut data berurutan.

Analisis times series menurut para ahli merupakan hal yang perlu dilakukan agar entitas mengetahui trend, siklus dan musiman dari produk yang hendak dijual. Bedanya analisis ex-post dengan analisis ex-ante terletak pada data yang digunakan sebagai informasi yang dikelola oleh perusahaan.

Contoh soal kasus analisis time series dan forcasting data keuangan terjadi pada PT Rafinternet yang menggambarkan trend penjualan menggunakan tangan atau model matematika. Bagaimana cara membuat persamaan time series dengan menggunakan data cross section sebagai berikut:

TahunXPenjualan (Y)XYX2Trendpersentase Trend
20181708708173796%
201927331.4664613120%
20203101303967715%
202146812.72416204334%
202253531.7652561258%
JUMLAH152576696655

Contoh perhitungan data time series dilakukan dengan rumus sebagai berikut

b = (6.966 - 5 x 3 x (2576 / 5)) / 55 - 5 x 3^2 = 12,5
a = (2576 / 5)) - 12,5 = 105

Baca Juga: Bedanya Analisis Times Series dan Cross Section

Demikian contoh analisis time series dan forecasting data di laporan posisi keuangan dan laba rugi. Manfaat dan tujuan analisis cross section dan time series berguna dalam pembuatan judul skripsi sesuai dengan fenomena yang ditemukan oleh mahasiswa ketika melaksanakan penelitian di akhir semester.

0 Response to "Contoh Analisis Time Series dan Forecasting Data di Laporan Posisi Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel