Contoh Soal dan Hubungan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan hubungan biaya kualitas dengan produktivitas akan menjadikan perusahaan mempertanggungjawabkan setiap arus kas yang keluar dan masuk. Kualitas adalah tolak ukur pembelian barang kena pajak yang ditetapkan berdasarkan fungsional dan manfaat dari aspek-aspek teknis yang diberikan.

Hubungan antara biaya kualitas dan produktivitas akan menentukan jumlah barang yang diperjualbelikan. Produktivitas adalah upaya perusahaan memaksimalkan output yang dihasilkan dari bahan baku yang dipergunakan. Kinerja produk adalah tolak ukur dari daya tanggap, jaminan dan empati barang kena pajak.

Manajemen produktivitas dan biaya kualitas akan menentukan sejauh mana pertanggungjawaban perusahaan setelah memberikan barang kepada pelanggan. Penyediaan produk berkualitas tinggi akan membantu perusahaan memperoleh keuntungan dan menciptakan nilai lebih atau goodwill daripada pesaing.

Contoh Soal dan Hubungan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Pengertian Biaya Kualitas dan Produktivitas yang Tinggi

Pengertian biaya kualitas adalah pengorbanan perusahaan untuk menciptakan rasa puas bagi pelanggan setelah terjadi pemanfaatan barang yang dijual. Cost of quality diasumsikan terdapat aktivitas pengendalian dan aktivitas kegagalan untuk menghindari adanya produk cacat yang tidak sesuai kualifikasi.

Pengertian produktivitas adalah upaya perusahaan memperoleh hasil maksimal dari proses produksi. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan akan menentukan biaya pokok penjualan aset tertentu agar ditentukan kartu biaya persediaan barang sesuai produk yang hilang dan cacat tersebut.

Produktivitas dan biaya kualitas akuntansi manajemen memberikan gambaran tentang harapan pelanggan ketika membeli produk. Biaya kualitas diuku sesuai dengan biaya yang dapat diamati dan biaya yang tersembunyi. Biaya pencegahan dan biaya penilaian menjadi tolak ukur keberhasilan pembuatan produk.

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang

Hubungan Biaya Kualitas dengan Produktivitas

Hubungan biaya kualitas dengan produktivitas akan menentukan tingkat keuntungan atas penjualan produk. Produktivitas yang tinggi menandakan perusahaan mampu menghasilkan output barang sesuai target dengan menekan biaya kegagalan untuk mengendalikan jumlah produk yang beredar dipasar.

Jelaskan hubungan biaya kualitas dan produktivitas menandakan pengeluaran perusahaan sebagai upaya mencegah produk gagal yang mengurangi margin perusahaan. Biaya kualitas tersembunyi tidak langsung berdampak pada omzet perusahaan seperti biaya kehilangan kepercayaan pelanggan dan biaya komplain pelanggan.

Cara meningkatkan produktivitas dan kualitas produk adalah meningkatkan pengeluaran biaya pencegahan produk cacat. Biaya kualitas menjadi unsur pencegahan agar entitas memberikan produk yang sesuai harapan dari pelanggan. Adapun komponen biaya kualitas terdiri dari pengeluaran perusahaan yakni:

  1. Biaya pencegahan
  2. Biaya penilaian
  3. Biaya kegagalan internal
  4. Biaya kegagalan eksternal

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisa Umur Piutang Dagang dan Pembahasannya

Contoh Soal Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh soal biaya kualitas dan produktivitas diperlukan untuk efisiensi dan efektivitas kegiatan produksi. Perusahaan wajib menghitung biaya kualitas untuk menentukan jumlah pengorbanan agar mencapai spesifikasi pembeli. Sistem perhitungan biaya pesanan perlu menerapkan metode identifikasi khusus.

Perbaikan produktivitas dapat dicapai tanpa memperbaiki biaya kualitas produk dengan memberikan hasil yang lebih efisien. Pengukuran dan pelaporan biaya kualitas dipertimbangkan sebagai aktivitas pencegahan dan pengendalian produk gagal atau produk cacat. Produk cacat artinya produk yang tidak sesuai spesifikasi pelanggan.

Contoh soal biaya kualitas dan produktivitas terjadi pada PT Rafinternet yang mengutamakan pelayanan purna jual kepada pelanggan. Biaya pencegahan dan biaya kegagalan produk diperhitungkan sebesar Rp 42.600.000 dan Rp 56.350.000. Bagaimana cara membuat laporan biaya kualitas akuntansi manajemen?

Laporan Biaya Kualitas
PT Rafinternet
Keterangan BiayaJumlah
- Biaya Pencegahan Rp 42.600.000
- Biaya Kegagalan Rp 56.350.000
Jumlah Rp 98.950.000

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan Akhir dan Hpp Metode Laba Kotor

Demikian contoh soal dan hubungan biaya kualitas dan produktivitas akuntansi manajemen. Agar manajemen persediaan mampu memberikan laba maksimal setiap input dan output yang dihasilkan, maka perusahaan dapat mempergunakan sistem penentuan biaya berdasarkan pesanan dan proses.

0 Response to "Contoh Soal dan Hubungan Biaya Kualitas dan Produktivitas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel