Contoh Soal Imbalan Kerja Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Konten [Tampil]

Contoh soal imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Kapan pengakuan pendapatan dilakukan ketika entitas mendapatkan kepastian nilai tagihan yang diserahkan kepada pelanggan sesuai akad kerjasama bisnisnya.

Akuntansi imbalan kerja telah diatur pada PSAK 24 dan PSAK 72 tentang pengakuan pendapatan dan biaya ditahun berjalan. Tiga pendekatan terhadap perubahan akuntansi dapat diselenggarakan setelah entitas mendapatkan kepastian pembayaran tagihan sesuai nilai piutang tak tertagih diakhir periode akuntansi.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja bertujuan agar entitas memaksimalkan proses pemungutan pajak pertambahan nilainya. Apa yang dimaksud dengan biaya jasa lalu dan biaya jasa kini menjadi pertimbangan ketika perusahaan memutuskan menggunakan tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung dalam proses produksi.

Contoh Soal Imbalan Kerja Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Pertanyaan Tentang Imbalan Jangka Pendek dan Panjang

Pertanyaan tentang imbalan jangka pendek dan panjang akan terjadi ketika entitas mempergunakan tenaga kerja. Pengertian tenaga kerja langsung dalam akuntansi biaya adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membuat barang yang dapat ditelusuri langsung ke produk jadi tanpa menggunakan alat bantu pengukuran.

Pertanyaan tentang akuntansi imbalan jangka panjang dan imbalan jangka pendek telah diatur pada sistem informasi keuangan perusahaan. Asumsi akruarial artinya entitas diwajibkan memberikan informasi secara cocok dan tidak bias yang terdiri dari asumsi demografis dan asumsi keuangan berdasarkan tingkat diskonto yang berlaku.

Contoh soal imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang terjadi saat entitas memberikan fasilitas kepada para pencari kerja. Pertanyaan tentang imbalan akan melibatkan informasi liabilitas dan expance yang mungkin didapatkan perusahaan akibat adanya pemutusan hubungan kerja bahkan pemberian bonus tertentu.

Baca Juga: Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank 2 Kolom di Myob

Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan jawabannya perlu diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan berkaitan fasilitas yang diterima pencari kerja. Tenaga kerja tidak langsung adalah tenaga kerja yang digunakan perusahaan dalam mengevaluasi dan memberikan keamanan pada produk jadinya.

Contoh soal imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang dapat berupa estimasi kenaikan gaji di masa depan, imbalan dalam program pensiun, prakiraan gaji di masa depan seperti adanya inflasi, senioritas dan promosi bahkan adanya regulasi tingkat imbalan minimun yang ditentukan oleh pemerintah daerah.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka panjang dan jangka pendek bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai pertanggungjawaban barang jadi. Imbalan pasca kerja terdiri dari program iuran pasti dan program manfaat pasti yang didapatkan oleh calon karyawan selama bekerja.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi 2 Departemen dan Jawabannya

Macam-Macam Imbalan Kerja Jangka Pendek

Imbalan kerja jangka pendek didapatkan oleh pekerja dalam rangka mencari upah dan gaji diantarany

  1. Gaji dan Upah
  2. Iuran jaminan sosial
  3. Cuti tahunan berjalan
  4. Cuti sakit berbayar
  5. Bagi laba dan bonus
  6. Imbalan moneter lainnya

Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Excel

Contoh soal perhitungan PSAK 24 imbalan kerja excel akan menggunakan biaya jasa kini dan biayajasa lalu. Apa yang dimaksud biaya jasa kini? biaya jasa kini merupakan estimasi naiknya kewajiban imbalan bagi pekerja dimasa mendatang sesuai tingkat senioritas, promosi bahkan program lainnya.

Contoh perhitungan PSAK 24 imbalan kerja jangka panjang dan jangka pendek memungkinkan wajib pajak melakukan pengurangan penghasilan kena pajak. Pengusaha kena pajak atau PKP diwajibkan melaporkan pajak penghasilan tahunan melalui spt badan usaha berdasarkan risiko pembayaran tagihannya.

Contoh dan jurnal imbalan kerja berdasarkan PSAK 24 bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian bisnis terutama pembayaran gaji dan upah tenaga kerja. Bagaimana perlakuan aktuaris imbalan kerja terhadap pesangon terhadap kasus pemutusan hubungan kontrak harus dibuatkan jurnal pencatatannya.

Contoh soal imbalan kerja jangka pendek terjadi ketika PT Rafinternet yang memiliki 6 karyawan dengan gaji Rp 820.000 selama 5 hari. Apabila terdapat 1 orang menggunakan cuti tahunan 1 hari dan sisanya menggunakannya 3 hari. Bagaimana cara menghitung biaya cuti berimbalan tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/05/2022Beban cuti berimbalan Rp 10.176.000
Kas Rp 10.176.000

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Jatuh Tempo

Demikian contoh soal imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang sesuai biaya jasa kini dan biaya jasa lalu. Keuntungan dan kerugian akruarial dikarenanya adanya perbedaan dampak perubahan  asumsi dan kebijakan akuntansi yang telah dipergunakan dimasa lalu sesuai aturan perundang-undangan entitas.

0 Response to "Contoh Soal Imbalan Kerja Jangka Pendek dan Jangka Panjang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel