Pengertian dan Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi

Konten [Tampil]

Pengertian dan contoh soal pendapatan kontrak konstruksi bertujuan agar entitas mendapatkan kepercayaan dari pelanggan tentang nilai yang seharusnya ditagihkan. Cara membuat invoice di accurate dan myob accounting bermanfaat sebagai bukti transaksi terjadinya penagihan dan penerimaan pelunasan piutang.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi layak dipertimbangkan oleh wajib pajak ketika melaporkan total kekayaannya. Akuntansi kontrak konstruksi merupakan informasi awal tentang kewajiban pembayaran tagihan perusahaan selama masa manfaatnya sejalan aktivitas bisnis utama yang dikerjakan.

Pertanyaan tentang kontrak konstruksi jangka panjang bertujuan agar entitas mengetahui omzet dan uang masuk dimasa mendatang. Pengakuan pendapatan kontrak konstruksi metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai layak dipertimbangkan untuk mengoptimalkan keseluruhan informasi keuangan entitas.

Pengertian dan Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi

Pengakuan Pendapatan Kontrak Konstruksi Jangka Panjang

Pengakuan pendapatan kontrak konstruksi jangka panjang dan jangka pendek dilaksanakan agar entitas menyakini adanya kekayaan yang masuk ke perusahaan. Kapan penerimaan kas dari penjualan barang dan pemberian jasa kepada pelanggan dapat diakui sebagai pendapatan ketika entitas telah memperhitungkan nilai jualnya.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai artinya entitas hanya akan menerima kas dan setara kas diakhir periode akuntansi. Kewajiban dan hak para sekutu adalah memberikan modal untuk membantu aktivitas bisnis walaupun pada waktu berjalannya kegiatan bisnis masih terdapat liabilitas.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian artinya entitas diperkenankan mengakui pendapatan sesuai dengan persentase pekerjaan selesai. Bagaimana pengakuan pendapatan yang ditunda disesuaikan kebijakan pengiriman barang ke gudang pembeli dan surat perjanjian perpindahan hak miliknya.

Baca Juga: Contoh Soal Operating Lease dan Jawabannya

Perbedaan Metode Persentase Penyelesaian dan Metode Kontrak Selesai

Perbedaan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai akan diberlakukan menyesuaikan kebijakan akuntansi keuangan menengah. Pendapatan hanya boleh diakui ketika entitas mendapatkan informasi yang pasti tentang nilai penjualan atas pengiriman barang dan jasa kepada lawan transaksinya.

Bedanya metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian berdampak pada total omzet yang diakui perusahaan. Perusahaan yang menggunakan metode kontrak selesai cenderung memiliki modal yang relatif besar. Imbal balik modal perusahaan ditentukan berdasarkan pembagian dividen selama operasionalnya.

Perbedaan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai hendaknya diakui sebagai penjualan ditahun berjalan. Adanya aktivitas bisnis mengakibatkan entitas mendapatkan kepastian tentang proses pencatatan tagihan yang jatuh tempo. Pendapatan dan biaya harus dibandingkan di periode yang sama.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya

Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi Metode Kontrak Selesai

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode kontrak selesai berlaku untuk aset tunggal atau beberapa aset bangunan. Akuntansi kontrak konstruksi meliputi perjanjian pembuatan dan penghancuran aset sesuai keinginan dari pelanggan. Kontrak dapat berbentuk kontrak harga tetap dan biaya plus.

Pengertian dan contoh soal pendapatan kontrak konstruksi layak menjadi pertimbangan bagi lawan transaksi untuk memotongkan pph pasal 4 ayat 2. Akuntansi kerugian dalam kontrak jangka panjang terjadi ketika salah satu pihak tidak berhasil menjalankan hak dan tanggungjawab sesuai nilai kesepakatan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai terjadi ketika PT Rafinternet memenangkan tender pembangunan jembatan dengan nilai Rp 84.000.000. Perkiraan biaya pembangunan senilai Rp 44.000.000. Buatlah jurnal pemotongan pph final dan penerimaan penghasilan bagi kontraktor tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/11/2022Kas Rp 89.880.000
PPh Pasal 4 Ayat 2 dibayar dimuka Rp 3.360.000
HPP Rp 44.000.000
Penjualan Jasa Rp 84.000.000
PPN keluaran Rp 9.240.000
Persediaan Bahan Baku Rp 44.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Dividen yang Diterima Pemegang Saham

Demikian pengertian dan contoh soal pendapatan kontrak konstruksi dalam sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas. Klaim, penyimpanan kontrak dan pembayaran insentif hendaknya diberlakukan untuk mencegah terjadinya pemanipulasian proses pembukuan perusahaan.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Pendapatan Kontrak Konstruksi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel