Contoh Soal dan Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung umur piutang tak tertagih menjadi metode penghapusan piutang tidak langsung. Pembentukan akun cadangan kerugian piutang merupakan aktivitas perusahaan mengevaluasi informasi keuangan sejalan dengan ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan yang telah jatuh tempo.

Cara membuat analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih dapat dilaksanakan dengan tujuan mempermudah membahas informasi keuangannya. Contoh soal dan jawaban skedul umur piutang bertujuan agar pemberian kebijakan penjualan kredit tepat sasaran kepada pelanggan yang memiliki kualitas pembayaran baik.

Contoh perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaian penyisihan piutang tak tertagih dapat dijalankan sesuai metode tidak langsung. Daftar umur piutang diperlukan auditor untuk memberikan penilaian terhadap kebijakan penjualan kredit yang telah dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih

Mengapa Daftar Umur Piutang Diperlukan Auditor dan Perlunya Konfirmasi Piutang

Mengapa daftar umur piutang diperlukan auditor karena entitas harus mengkaji ulang pemberian kebijakan kredit kepada para pelanggannya. Auditor adalah orang yang melakukan penilaian terhadap pelaksanaan sistem pengendalian internal dalam rangka memperoleh bukti audit yang komprehensif dan valid.

Apa kegunaan analisis umur piutang bagi perusahaan yaitu memberikan perkiraan kapan sebuah kas dari penjualan kredit diterima. Manfaat analisa usia piutang adalah menentukan kualitas pembayaran dari pelanggan dimana perusahaan dapat meningkatkan omzet ditahun berjalan sesuai tujuan pembentukan persekutuan.

Mengapa daftar umur piutang diprekukan auditor dan perlunya konfirmasi piutang diakhir periode karena sebagai metode penilaian termin pembayaran. Contoh soal dan cara menghitung umur piutang tak tertagih bertujuan agar entitas mempersiapkan akun cadangan kerugian piutang pada akhir periode laporan keuangan diterbitkan.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham (Earning per Share)

Contoh Soal Perhitungan Analisis Umur Piutang dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal dan cara menghitung umur piutang tak tertagih akan menggunakan metode cadangan kerugian piutang ketika melakukan penghapusan tagihan pelanggan. Penghapusan tagihan pelanggan harus mendapatkan otorisasi dari pejabat berwenang untuk memaksimalkan terciptanya internal control.

Cara menghitung umur piutang tak tertagih diawali pada saat faktur pajak diterbitkan. Penerbitan faktur pajak dapat disesuaikan dengan tanggal pengiriman barang dari gudang. Kegunaan analisis umur piutang bagi perusahaan adalah memastikan ketepatan waktu pembayaran yang dijanjikan pelanggan.

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan adanya saldo cadangan kerugian piutang sebesar Rp 150.000. Bagaimana cara membuat skedul umur piutang dan jurnal penyesuaian apabila saldo piutang dagang yang dilaporkan melalui buku besar pembantu piutang sebagai berikut:

Nama PelangganTanggal Faktur Pajak Tagihan Termin pembayaran
PT. Cipta01/05/2022 Rp 650.000.000 n/30
PT. Sarana02/11/2022 Rp 800.000.000 n/30
PT. Kreasi11/12/2022 Rp 230.000.000 n/30

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil dan Kas Besar

Cara Menentukan Umur Piutang Pelanggan

Contoh soal dan cara menghitung umur piutang tak tertagih bertujuan agar pelanggan dapat memberikan barang sesuai tujuan transaksi jualbeli. Wesel tagih terdiri dari wesel bunga dan wesel tanpa bunga yang diberikan kepada perusahaan dengan tujuan memperpanjang masa jatuh tempo tagihan.

Cara menentukan umur piutang pelanggan diawali dengan memperhatikan tanggal faktur pajak. Periode cut-off laporan keuangan terjadi pada tanggal 31 desember setiap tahunnya. Maka, cara membuat skedul umur piutang tak tertagih untuk menghitung cadangan kerugian piutang adalah

Nama PelangganTanggal Faktur PajakTermin pembayaranUmur Piutang
PT. Cipta01/05/2022n/30214 hari
PT. Sarana02/11/2022n/3029 hari
PT. Kreasi11/12/2022n/30-10 hari

Membuat Analisis Usia Piutang untuk Menghitung Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Cara membuat analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih bertujuan agar saldo cadangan kerugian piutang yang dibentuk sesuai keinginan dari pelanggan. Mengapa daftar umur piutang diperlukan auditor dan perlunya konfirmasi piutang adalah memastikan kebenaran saldo piutang dagang.

Contoh soal dan cara menghitung umur piutang tak tertagih menciptakan adanya analisis umur piutang dalam rangka menentukan saldo penyisihan piutang yang tidak mampu dibayarkan pelanggan. Adapun nilai cadangan kerugian piutang di akhir periode sebesar 5% dari piutang jatuh tempo. Jurnal penyesuaian penghapusan piutang sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Kerugian Piutang Rp 72.350.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 72.350.000

Baca Juga: Contoh Soal Penghapusan Piutang Metode Langsung

Demikian contoh soal dan cara menghitung umur piutang tak tertagih dalam materi penghapusan piutang metode tidak langsung. Perusahaan memiliki kebijakan penjualan kredit yang diberikan kepada pelanggan yang disesuaikan tingkat kemampuan pembayaran tunai sebelum masa jatuh tempo tagihan.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel