Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Konten [Tampil]

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang bertujuan menghindari adanya kemungkinan pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan sesuai termin pembayaran. Pengertian termin pembayaran adalah jangka waktu yang ditetapkan perusahaan untuk melunasi tagihan atas barang yang telah diserahkan.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berfungsi agar dapat memanfaatkan informasi yang disajikan pada laporan posisi keuangan. Beban kerugian piutang adalah biaya yang ditanggung perusahaan atas piutang yang tidak mampu dibayarkan pelanggan sesuai masa jatuh temponya.

Metode penghapusan piutang secara langsung dan tidak langsung dapat diterapkan sebagai upaya mempermudah perusahaan dalam mengalokasikan informasi keuangan. Piutang timbul ketika terjadi penyerahan barang dan jasa kepada pelanggan sesuai nilai tukar yang disepakati sebelumnya.

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Penghapusan Piutang Metode Langsung VS Tidak Langsung

Penghapusan piutang metode langsung dan tidak langsung dapat diterapkan sesuai kebijakan akuntansi di perusahaan. Sistem pengendalian internal untuk penerimaan pembayaran tagihan harus dapat mengestimasikan nilai piutang yang dapat ditagihkan kepada pelanggan untuk menerima kas dan setara kas.

Metode penghapusan piutang tak tertagih secara langsung artinya perusahaan langsung mengurangi jumlah nilai tagihan ke rekening piutang dagang pelanggan tersebut. Jurnal piutang tak tertagih yang dibuar adalah mendebit beban kerugian piutang dan mengkreditkan piutang dagang senilai tagihan yang tidak mampu dibayarkan.

Penghaputan piutang tidak langsung akan membentuk cadangan kerugian piutang. Cadangan kerugian piutang bertujuan agar perusahaan dapat mengestimasikan nilai yang tidak mampu dibayarkan pelanggan disebabkan kebangkutan, likuidasi bahkan pembubaran paksa karena perintah dari pengadilan setempat.

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang diperuntukkan bagi wajib pajak yang ingin melaporkan pajak penghasilan badan. Piutang dinilai berdasarkan nilai tukar yang dapat didapatkannya selama menjalankan aktivitas bisnis sejalan dengan tujuan pendirian persekutuan.

Contoh soal dan jawaban piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang menjadi persoalan yang wajib dijalankan untuk mencegah terjadinya beban kerugian piutang. Kerugian piutang tidak dapat dijadikan sebagai kredit pajak untuk mengurangi sejumlah penghasilan kena pajak di akhir periode.

Contoh jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki saldo penjualan kredit sebesar Rp 846.210.000. Kebijakan akuntansi perusahaan harus membuat cadangan kerugian piutang sebesar 20% dari penjualan kredit. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal penyesuaiannya?

Baca Juga: Perbedaan Surat Promes dan Surat Wesel

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Tidak Langsung

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode tidak langsung bertujuan agar entitas dapat menerapkan kebijakan akuntansi keuangan. Sistem pengendalian internal penjualan kredit akan berperan untuk mengurangi pemberian termin pembayaran cicilan kepada pelanggan yang credis scorenya rendah.

Contoh jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang wajib dijalankan bagi perusahaan untuk menarik minat pelanggannya. Kekurangan penjualan kredit adalah meningkatkan ketidakpastian pembayaran dari pelanggan yang tidak menjalankan prosedur credit score.

Jurnal penghapusan piutang metode cadangan kerugian piutang dapat dihitung dari taksiran piutang usaha dan taksiran penjualan kredit. Piutang usaha dapat diselesaikan dengan memberikan kas dan setara kas, menukarkan dengan saham perusahaan atau ditukarkan dengan liabilitas sejenisnya.

Adapun jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode tidak langsung adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Beban Kerugian Piutang Rp 169.242.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 169.242.000

Baca Juga: Contoh Soal Wesel Bunga dan Wesel Tanpa Bunga

Demikian jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode tidak langsung dalam akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal piutang dan penjualan wajib dialokasikan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam rangka memproses penerimaan termin pembayaran secara kredit di periode tersebut.

0 Response to "Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel