Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Cara menghitung laba per lembar saham bertujuan agar pemegang saham mengetahui tingkat pertumbuhan investasi yang dimilikinya selama satu periode akuntansi. Contoh soal earning per share dimaksudkan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan kegiatan operasionalnya selama satu periode akuntansi.

Contoh soal sekuritas dilusian dan laba per lembar saham biasa dan preferen akan menentukan sampai dimanakan pertanggungjawaban dana investor. Dalam mengukur tingkat profitabilitas perusahaan dapat menggunakan return of assets, return of equity dan earning per share yang didapatkan selama satu periode.

Cara mencari jumlah saham yang beredar di pasar modal dapat mencantumkan informasi di laporan posisi keuangan. EPS negatif artinya perusahaan menderita kerugian yang akan ditanggung oleh para sekutu. EPS positif artinya perusahaan mendapatkan keuntungan dari aktivitas bisnis selama satu periode akuntansi.

Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya

Pengertian Earning per Share dan Book Value per Share

Pengertian earning per share menurut para ahli adalah total tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan wajib pajak dan akan dibagikan kepada para pemegang saham setelah pembayaran pajak. Laba per lembar saham sering disebut EPS dari hasil perhitungan laba bersih dibagikan rata-rata saham yang beredar di pasar.

Pengertian book value per share menurut para ahli adalah nilai buku dari total saham yang dimiliki perusahaan selama satu periode. Bab 16 sekuritas dilutif dan laba per lembar saham diperioritaskan bagi pembayaran pajak final artinya pajak yang sudah diperhitungkan dari total kekayaan yang ada diperusahaan.

Perbedaan earning per share dan book valuer per share harus dimengerti oleh wajib pajak agar dapat melaporkan spt pph pasal 4 ayat 2 versi 2. Tarif pajak dividen orang pribadi adalah 10%, dividen bagi badan usaha sebesar 15% bagi perusahaan yang memiliki hak kontrol kurang dari 25% dari jumlah saham beredar.

Baca Juga: Contoh Kasus Pendiskontoan Wesel Tagih dan Pembahasannya

Contoh Soal Laba per Lembar Saham dan Pembahasannya

Contoh soal laba per lembar saham dan pembahasannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Cara menghitung earning per share saham dasar dan saham dilusian diperuntukkan bagi wajib pajak yang memenuhi kualifikasi sebagai pengusaha kena pajak selama satu periode akuntansi.

Contoh soal sekuritas dilusian dan laba per saham bertujuan agar wajib pajak dapat melaporkan penghasilan dari investasi. Pendapatan adalah tambahan manfaat ekonomis yang diterima wajib pajak baik dari indonesia atau luar negeri dengan tujuan menambahkan kekayaan bagi pemilik harta tersebut.

Contoh soal laba per lembar saham terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki 800lot saham yang beredar. PT Rafinternet melaporkan mendapatkan laba sebesar Rp 800.000.000 setelah pembayaran pajak badan. Bagaimana cara menghitung earning per share yang dibagikan kepada pemegang saham?

Baca Juga: Cara Menentukan Umur Ekonomis Aktiva Tetap

Cara Menghitung Laba per Lembar Saham

Cara menghitung laba per lembar saham perlu mempertimbangkan jumlah saham yang beredar. Cara mengetahui jumlah saham yang beredar dapat melalui laporan posisi keuangan yang dilaporkan satu periode. Laporan keuangan dikatakan berkualitas apabila dapat digunakan pengambilan keputusan disaat yang tepat.

Bagaimana cara menghitung earning per share dan book value per share harus diterangkan dalam catatan atas laporan posisi keuangan. 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham yang beredar. Sekuritas dilutif artinya aset berharga yang dapat dikonversikan menjadi saham biasa oleh pemegang saham.

Cara menghitung laba per lembar saham dan jawabannya harus mengetahui alasan mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif. Pengukuran aset dan liabilitas hendaknya menggunakan nilai wajar karena menunjukkan nilai sekarang dari pemilikan aktiva tetap. Adapun contoh perhitungan earning per share sebagai berikut:

Earning per Share = Rp 800.000.000 / (800*100) = Rp 80.000

Baca Juga: Contoh Soal Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Demikian contoh soal dan cara menghitung laba per lembar saham dari laporan posisi keuangan yang diterbitkan perusahaan. Untuk menilai profitabilitas perusahaan dapat menggunakan rasio profitabilitas seperti roa, roe, eps. EPS negatif artinya aktivitas operasional menghasilkan kerugian bagi perusahaan.

0 Response to "Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel