Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan Barang di Pergudangan

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan persediaan barang di pergudangan wajib diselenggarakan oleh perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan bertujuan agar auditor mengetahui bagaimana penentukan harga pokok penjualan barang jadi kepada pelanggannya.

Pertanyaan audit tentang persediaan dan pergudangan dapat diselenggarakan secara maksimal untuk mendapatkan keuntungan ditahun pajak. Kesalahan dalam proses pembebanan biaya akan mengakibatkan bertambahnya harga pokok produksi sejalan dengan aktivitas perusahaan di setiap periode pelaporannya.

Kendala yang dialami akuntan publik ketika melakukan pemeriksaan persediaan dan pergudangan adalah kesulitan menentukan standar penilaian produk. Tugas auditor adalah mengecek kebenaran saldo persediaan sesuai catatan yang diberikan manajemen untuk memprioritaskan pengendalian harga pokok produksi.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan Barang di Pergudangan

Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Persediaan

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan persediaan wajib diterapkan dalam setiap proses pencatatan perusahaan. Sistem pengendalian internal persediaan dan pergudangan bertujuan menghindari kenaikan harga pokok produksi yang diakibatkan adanya kehilangan produk, kerusakan produk dan produk cacat.

Prosedur audit persediaan diawali dengan menentukan sistem pembelian, penyimpanan dan pengeluaran barang serta perpindahan bahan baku menjadi barang jadi. Contoh soal audit pemeriksaan persediaan barang di pergudangan harus disesuaikan dengan sistem penilaian metode fifo atau rata-rata tertimbang.

Tujuan pemeriksaan persediaan adalah memastikan nilai persediaan yang tercantum dalam laporan posisi keuangan sejalan dengan kriteria entitas. Bukti audit yang harus diperoleh auditor dalam pemeriksaan persediaan adalah ada tidaknya biaya penyisihan barang rusak, barang hilang dan barang yang bergerak lambat.

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Pembelian di Accurate

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan Barang di Pergudangan

Contoh soal audit pemeriksaan persediaan barang di pergudangan wajib diselenggarakan secara maksimal setiap periodenya. Pengertian persediaan menurut para ahli adalah aset yang tersedia untuk dijual, bahan baku untuk kegiatan produksi dan alat bantu memberikan jasa kepada para pelanggan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan wajib diselenggarakan secara maksimal untuk keperlukan informasi kepada manajerial. Biaya bahan baku menjadi pembebanan biaya atas produk jadi yang akan dikirimkan kepada pelanggan sesuai process costing dan job order costing.

Contoh soal audit siklus persediaan dan pergudangan terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan saldo persedian akhir sebesar Rp 812.267.000. Berdasarkan hasil pemeriksaan akuntan publik mendapatkan hasil sebesar Rp 84.271.000 dinyatakan hilang, bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Umum dari Persamaan Dasar Akuntansi

Pertanyaan Audit tentang Pemeriksaan Persediaan

Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dapat diselenggarakan setelah akuntan publik melakukan pemeriksaan lapangan. Stock opname merupakan tindakan akuntan memeriksa catatan atas bukti audit dan kriteria audit yang telah dilaporkan perusahaan ketika melaksanakan asersi manajemen.

Pertanyaan wawancara dan pilihan ganda audit pemeriksaan persediaan dan pergudangan bertujuana agar entitas memiliki sistem pengendalian internal yang kuat. Bagaimana cara auditor menilai internal control yang diterapkan? yaitu dilaksanakan dengan membaca bagan alir dokumen dan wawancara.

Kendala apa saja yang dihadapi oleh auditor dalam mengaudit persediaan di gudang adanya minimnya informasi harga jual dan harga beli produk. Cara auditor mengefektifkan waktu yang lama dalam mengaudit persediaan adalah meminta kartu stock per tanggal laporan keuangan dikeluarkan.

Adapun jurnal penyesuaian atas temuan audit berdasarkan contoh soal audit pemeriksaan persediaan barang di pergudangan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Harga Pokok Produksi Rp 84.271.000
Persediaan Barang Rp 84.271.000

Baca Juga: Cara Setting E-Faktur Pajak di Accurate

Demikian contoh soal audit pemeriksaan persediaan barang di pergudangan semoga membantu dalam mengalokasikan informasi keuangan. Siklus persediaan dan gudang diawali dengan proses pembentukan informasi pembelian, pemeliharaan barang dan pengiriman barang jadi kepada pelanggan.

0 Response to "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan Barang di Pergudangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel