Contoh Soal dan Jurnal Wesel Bayar Tanpa Bunga dalam Akuntansi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal wesel bayar tanpa bunga dalam akuntansi berguna untuk memberikan kepastian tentang pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo. Wesel bayar dan wesel tagih adalah hak dari sekutu untuk memberikan kepastian tentang penerapan sistem pengendalian internal liabilitas jangka pendek.

Wesel bayar dan wesel tagih dalam akuntansi keuangan akan diakui sebagai liabilitas jangka panjang. Liabilitas adalah kewajiban perusahaan menyerahkan kas dan setara kas sebagai pembayaran atas pemakaian aset tetap pihak ketiga. Wesel diakui sebesar nilai nominal yang tercantum pada surat hutang.

Perhitungan bunga wesel dilakukan berdasarkan tingkat bunga per tahun dan nilai nominal. Membayar cicilan wesel bayar dan wesel tagih yang sudah jatuh tempo harus segera dilaksanakan untuk menghindari denda keterlambatan. Wesel bayar termasuk akun hutang. Wesel tagih termasuk akun piutang dagang.

Contoh Soal dan Jurnal Wesel Bayar Tanpa Bunga dalam Akuntansi

Pengertian Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Pengertian wesel adalah surat yang memerintah pembuat untuk membayarkan tagihan sesuai masa jatuh tempo beserta bunganya. Perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih ditentukan berdasarkan perbandingan antara jumlah bulan yang telah dilalui serta termin pembayaran yang disepakati pihak ketiga.

Perbedaan wesel bayar dan wesel tagih adalah pihak yang berstatus sebagai peminjam dana milik pihak ketiga. Wesel bayar diakui sebagai hutang jangka panjang. Wesel tagih termasuk akun piutang dagang. Keuntungan memiliki surat wesel adalah entitas mendapatkan kepastian perihal dana yang dikembalikan.

Bedanya wesel tagih dan wesel bayar terletak pada informasi yang disampaikan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Wesel dapat diterbitkan dengan bunga atau tanpa bunga mengikuti ketentuan perusahaan. Pihak yang membuat wesel tagih adalah perusahaan yang memiliki liabilitas yang belum terselesaikan.

Baca Juga: Pengertian dan Macam-Macam Metode Penyusutan

Contoh Soal Wesel Bayar dan Jawabannya

Contoh soal wesel bayar dan jawabannya dapat diselenggarakan menyesuaikan kebijakan pembayaran hutang piutang entitas. Dalam surat wesel harus berisikan informasi tentang nama pihak yang membayar, batas waktu pembayaran tagihan dan tandatangan dari pihak yang bertanggungjawab.

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel bayar dan wesel tagih mengikuti aturan perhitungan harian dan bulanan. Dalam akuntansi keuangan, satu tahun dianggap memiliki 12 bulan dan 365 hari. Tanggal penarikan wesel dan tempat pembayarannya harus dicantumkan ketika perjanjian dilaksanakan.

Contoh soal dan jawaban wesel jangka panjang terjadi pada PT Rafinternet yang membeli peralatan dengan menerbitkan wesel bayar senilai Rp 5.690.000. Jangka waktu jatuh tempo pembayaran selama 90 hari dengan bunga 8%. Buatlah jurnal penerimaan wesel bayar dan pelunasan wesel ketika jatuh tempo?

Baca Juga: Cara Input Pembelian dan Penjualan Di Myob dan Accurate

Contoh Jurnal dan Cara Menghitung Wesel Bayar Berbunga dan Tanpa Bunga

Contoh jurnal dan cara menghitung wesel bayar berbunga dan tanpa bunga dalam akuntansi keuangan menengah harus mengikuti PSAK yang berlaku. Pelunasan wesel tagih dan wesel bayar dapat menggunakan aktiva seperti kas atau aset tetap dan menerbitkan liabilitas jangka pendek seperti hutang dagang.

Cara menghitung bunga wesel bayar mengikuti prinsip time value of money dengan diberikannya pendapatan bunga. Wesel bayar adalah akun untuk mencatat perintah pembayaran tagihan dengan waktu yang ditentukan lawan transaksi. Keuntungan memiliki wesel adalah meningkatkan omzet perusahaan.

Contoh jurnal dan cara menghitung piutang wesel berbunga dan tanpa bunga dapat mengikuti aturan diskonto wesel tagih. Membeli peralatan dengan menerbitkan wesel bayar akan mengurangi arus kas masuk. Adapun perhitungan pendapatan bunga dan beban bunga wesel yang harus dibayarkan adalah

KeteranganJumlah
Nilai Nominal Wesel Rp 5.690.000
Bunga8%
Masa Jatuh Tempo90
Pendapatan Bunga Rp 112.241
Jumlah Kas yang Diterima Rp 5.802.241

Jurnal transaksi penerbitan wesel bayar dan jumlah pelunasan tagihan pada saat jatuh tempo adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
30/08/2021Hutang Dagang Rp 5.690.000
Wesel Bayar Rp 5.690.000
(Jurnal penerimaan pembayaran wesel)
28/11/2021Wesel bayar Rp 5.690.000
Kas Rp 112.241
Pendapatan Bunga Wesel Rp 112.241
Pendapatan Usaha Rp 5.690.000
(Jurnal pelunasan wesel bayar)

Baca Juga: Contoh Kasus Piutang Wesel Tidak Dapat Ditagih

Demikian contoh soal dan jurnal wesel bayar tanpa bunga dalam akuntansi keuangan menengah. Setiap liabilitas jangka panjang harus mampu dibayarkan sesuai termin pembayaran yang disepakati. Ketepatan waktu pembayaran akan meningkatkan kualitas kredit dari customer perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Wesel Bayar Tanpa Bunga dalam Akuntansi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel