Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Oleh Induk Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan bergantung pada hak kontrol yang dimilikinya. Hak kontrol adalah penguasaan investasi saham anak perusahaan atas seluruh saham yang beredar dengan tujuan diperdagangkan atau dipublikasikan dalam laporan keuangan.

Contoh soal entitas induk dan entitas anak harus dilaksanakan untuk mengalokasikan kebutuhan para pemegang saham. Mengapa transaksi antar perusahaan afiliasi harus dibuatkan jurnal eliminasi dikarenakan penggunaan prinsip akuntansi berlaku umum yaitu prinsip kesatuan bisnis.

Perbedaan penjualan upstream dan downstream dalam hubungan induk dan anak perusahaan menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Kapan laba belum terealisasi dari penjualan saham anak perusahaan dapat diakui sebagai omzet ditahun berjalan bergantung pada kebijakan akuntansi persediaan dan jasa.

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Oleh Induk Perusahaan

Transaksi Hulu dan Hilir dalam Perusahaan Afiliasi

Transaksi hulu dan hilir dalam perusahaan afiliasi dikaitan sebagai aktivitas penjualan barang dan jasa antar induk perusahaan dan anak perusahaan. Upstream dan dowstream akuntansi keuangan lanjutan harus dibuatkan jurnal eliminasi untuk mencegah terjadinya pengakuan laba ditahan induk perusahaan periode berjalan.

Perbedaan penjualan downstream dan upstream dalam perusahaan afiliasi hendaknya dijadikan dasar penggabungan usaha badan swasta dan instansi pemerintah. Pengaruh laba antar perusahaan yang belum teralisasi pada laporan laba rugi konsolidasi adalah tidak diperkenankan untuk diakui pada periode berjalan.

Transaksi hulu dan transaksi hilir dalam akuntansi penggabungan usaha wajib didistribusikasi dalam pencatatan siklus akuntansi keuangan lanjutan. Pengertian penjualan dowstream adalah penjualan oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan. Pengertian penjualan upstream adalah penjualan dari anak perusahaan kepada induk perusahaan.

Baca Juga: Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung

Pertanyaan Tentang Entitas Induk dan Entitas Anak dalam Akuntansi

Pertanyaan tentang entitas induk dan entitas anak dalam akuntansi keuangan diberlakukan sebagai pengungkapan informasi keuangan. Hubungan induk dan anak perusahaan harus mematuhi prinsip kesatuan usaha bisnis terutama ketika melaporkan pemungutan dan pemotongan pajak penghasilan.

Contoh soal entitas induk dan entitas anak persediaan dan jasa menjadi salah satu item yang diperjualbelikan. Kepentingan non pengendali adalah hak minoritas anak perusahaan yang didapatkan setelah induk perusahaan membeli sebagian besar saham yang telah beredar di pasar modal atau secara langsung.

Contoh soal penjualan upstream terjadi pada PT Rafinternet yang menjual barang dagang seharga Rp 13.500.000 kepada anak perusahaannya. Harga pokok barang dagang sebesar Rp 6.000.000 dengan anak perusahaan dimiliki secara penuh. Bagaimana cara membuat jurnal eliminasi perusahaan afiliasi tersebut?

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan Akhir Metode Ritel

Contoh Penjualan Barang Dagang oleh Induk Perusahaan kepada Anak Perusahaan

Contoh penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan harus dilaksanakan dengan mematuhi ketentuan umum perpajakan dan standar akuntansi keuangan. Penggabungan usaha dilaksanakan karena entitas memerlukan sumber daya keuangan untuk memenangkan persaingan di pasar.

Contoh soal penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan menjadi transaksi penjualan upstream. Hak kontrol dijadikan dasar untuk mempertimbangkan keuntungan yang tidak boleh diakui berdasarkan prinsip penyatuan kepentingan atas penggabungan usaha metode polling of interest.

Perbedaan penjualan upstream dan downstream dalam akuntansi penggabungan usaha hendaknya dijadikan dasar untuk menentukan harga pokok produksi. Laba ditahan induk perusahaan harus dikurangi bersamaan dengan persediaan barang dagang anak. Adapun jurnal eliminasi yang harus dibuat adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
05/09/2021Laba ditahan PT Rafinternet Rp 6.500.000
Persediaan Barang CV Anak Perusahaan Rp 6.500.000

Baca Juga: Contoh Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Demikian contoh soal penjualan barang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan dalam penjualan uptream dan downstream. Akuntansi keuangan lanjutan dijadikan dasar penggabungan usaha metode purchase dan metode pooling of interest untuk mengalokasikan kekayaan yang ada di perusahaan tersebut.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Oleh Induk Perusahaan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel