Cara Menentukan Umur Ekonomis Aktiva Tetap Menurut Akuntansi Perpajakan

Konten [Tampil]

Cara menentukan umur ekonomis aktiva tetap menurut akuntansi perpajakan akan berguna sebagai pembagi biaya perolehan aset. Contoh soal perubahan umur manfaat aset tetap perlu dilakukan karena perusahaan telah mengeluarkan kas dalam jumlah material ketika memperbaiki aset untuk siap dipergunakan.

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap akan mengeluarkan capital expenditure dan revenue expenditure. Mengapa aktiva tetap memerlukan reparasi dan pemeliharaan dikarenakan adanya masa pakai yang mengakibatkan mesin dan kendaraan memerlukan suku cadang ketika dipergunakan.

Tabel masa manfaat aset tetap pemerintah daerah harus diberlakukan ketika telah memperoleh izin dari pejabat berwenang. Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang digunakan produksi dan tidak diperjualbelikan kembali tetapi mempunyasi nilai substansi komersial dan tidak komersial.

Cara Menentukan Umur Ekonomis Aktiva Tetap Menurut Akuntansi Perpajakan

Cara Menghitung Biaya Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Cara menghitung biaya penyusutan aktiva tetap metode garis lurus atau straight line method dapat diselenggarakan agar dijadikan biaya fiskal. Aktiva tetap diakui ketika sudah siap dipergunakan. Kapan dimulainya penyusutan? yaitu ketika aktiva sudah mampu digunakan produksi setelah dilakukan pengaturan aset.

Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai penyusutan adalah biaya perolehan, usia ekonomis dan nilai residu. Penyusutan terjadi sebab perusahaan harus mengalokasikan pengeluaran kas dan setara kas selama penyesuaian aset. Peralatan kantor termasuk akun aktiva tetap, perlengkapan kantor termasuk akun aktiva lancar.

Contoh soal beban penyusutan metode garis lurus terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki mobil dengan harga beli Rp 56.000.000 dan biaya pengiriman senilai Rp 1.200.000. Berapakah nilai penyusutan yang harus ditanggung PT Rafinternet setiap periode berjalannya transaksi tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Produk Sampingan dan Jawabannya

Cara Menentukan Umur Manfaat Aset Tetap Menurut Akuntansi Perpajakan

Cara menentukan umur manfaat aset tetap menurut akuntansi perpajakan sebaiknya disesuaikan karena menghindari adanya kewajiban dan aset pajak tangguhan. Pajak tangguhan artinya pembayaran pajak yang ditangguhkan karena perbedaan waktu pencatatan dan alokasi kerugian fiskal yang ditanggung entitas.

Tabel masa manfaat aset tetap pemerintah daerah dan pemerintah pusat diberlakukan untuk menentukan skala prioritas pembayaran tagihan. Contoh pengeluaran selama masa manfaat adalah biaya reparasi rutin dan biaya pemeliharaan aset agar mesin dan kendaraan mampu memberikan hasil optimal.

Bagaimana cara menentukan usia manfaat aktiva tetap menurut pajak harus melibatkan ketentuan umum perpajakan yang harus dihindari oleh perusahaan. Bedanya capital expenditure dan revenue expenditure adalah penggunaan prinsip materialitas dalam melakukan asersi manajemen atas transaksi tersebut.

Baca Juga: Contoh Kasus Hubungan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aset Tetap dan Jawabannya

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aset tetap dan jawabannya diperuntukkan bagi entitas yang ingin melakukan reparasi total atas mesin dan kendaraan. Aktiva tetap akan mengalami penyusutan seperti bangunan dan gedung. Aset tetap yang tidak mengalami penyusutan adalah tanah.

Contoh soal dan jawaban perubahan umur manfaat aktiva tetap terjadi sebab adanya capital expenditure yang terlalu material. Prinsip materialitas adalah konsep dimana kesalahan dalam menyajikan informasi akan mempengaruhi pengambilan keputusan yang diambil oleh manajerial.

Contoh soal perubahan umur ekonomis aktiva terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki bangunan seharga Rp 846.000.000 yang digunakan selama 8 tahun. Pada akhir tahun kedua, perusahaan melakukan revonasi yang mampu menambah masa manfaat selama satu tahun. Berapakah beban penyusutan aktiva tetap yang baru?

Biaya Perolehan Rp 846.000.000
Umur Manfaat Awal8
Biaya Depresiasi Per Periode Rp 105.750.000
Nilai Buku akhir tahun ke dua Rp 634.500.000
Taksiran usia manfaat baru7
Biaya Depresiasi setelah perubahan umur manfaat Rp 90.642.857

Baca Juga: Cara Memasukkan Saldo Awal Persediaan Barang di Myob dan Accurate

Demikian contoh soal dan cara menentukan umur ekonomis aktiva tetap menurut akuntansi perpajakan. Agar proses alokasi biaya perolehan dan penyusutan sesuai aturan perpajakan maka akuntan publik harus dapat memperoleh asersi manajemen berkaitan dengan transaksi aset tersebut.

0 Response to "Cara Menentukan Umur Ekonomis Aktiva Tetap Menurut Akuntansi Perpajakan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel