Contoh Soal Akuntansi Produk Sampingan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi produk sampingan dan jawabannya menjadi pembahasan akuntansi biaya bahan baku, tenaga kerja dan overhead pabrik. Perhitungan biaya produk bersama dapat diakui sebagai produk utama dan produk sampingan. Harga jual produk utama lebih mahal dibandingkan produk sampingan hasil produksi.

Cara menghitung alokasi biaya bersama masing-masing produk utama dan produk sampingan akan menentukan tingkat keuntungan perusahaan. Produk utama adalah produk yang memiliki harga pokok produksi paling mahal dan menjadi tujuan proses produksi yang dilakukan oleh bagian penciptaan produk baru.

Alokasi biaya produk gabungan dan produk sampingan ditentukan berdasarkan nilai persediaan akhir yang dimiliki perusahaan. Metode perhitungan persediaan akhir didasarkan pada metode first in first out dan metode rata-rata tertimbang. Besarnya kontribusi akan menentukan tingkat pendapatan perusahaan.

Contoh Soal Akuntansi Produk Sampingan dan Jawabannya

Pengertian dan Macam-Macam Produk Gabungan

Pengertian produk gabungan adalah produk yang dihasilkan secara bersama-sama melalui serangkaian proses produksi. Pembebanan biaya adalah proses pengalokasikan pengeluaran perusahaan sebagai akibat penciptaan barang-barang yang dapat diperjualbelikan dalam rangka memperoleh penghasilan kena pajak.

Perhitungan biaya produk bersama terdiri dari produk utama dan produk sampingan. Produk utama adalah barang yang dihasilkan dari hasil pengelolahan bahan baku prioritas perusahaan. Produk sampingan adalah barang yang dihasilkan dari aktivitas kegiatan produksi dan dapat diidentifikasi khusu.

Pengertian produk gabungan menurut para ahli adalah barang yang dihasilkan dari aktivitas utama perusahaan dan menjadi tujuan pengolahan bahan baku produksi. Perbedaan produk utama dan produk sampingan terletak pada banyaknya pengeluaran perusahaan untuk menghasilkan barang-barang yang diperjualbelikan.

Baca Juga: Contoh Analisis Time Series dan Forecasting Data Keuangan

Contoh Produk Utama dan Produk Sampingan

Contoh produk utama dan produk sampingan biasanya diproduksi melalui proses pencairan dana keuangan di perusahaan. Metode pengalokasikan produk bersama harus menentukan besarnya biaya produk dan nilai persediaan dengan tujuan diasuransikan agar terhindar dari kebakaran atau kejadian luar biasa.

Contoh produk sampingan adalah produk yang dihasilkan dari aktivitas produksi tetapi memiliki nilai produk relatif kecil. Akuntansi untuk produk sampingan akan mengakui penghasilan sebagai penambah pendapatan non operasional, pengurang biaya pokok produksi dan pengurang biaya penjualan perusahaan.

Contoh produk utama adalah produk yan dihasilkan dari tujuan utama pengelolaan bahan baku. Alokasi biaya produk bersama harus mengikuti kebijakan akuntansi seperti prinsip konservatisme, keberlangsungan usaha, penandingan pendapatan dan beban serta satuan unit moneter yang digunakan.

Baca Juga: Pengertian, Konsep dan Peranan Akuntansi Biaya

Contoh Soal dan Cara Menghitung Akuntansi Produk Sampingan

Contoh soal dan cara menghitung akuntansi produk sampingan dan produk utama diperlukan agar segala proses produksi dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan tanpa mengorbankan bahan baku. Persediaan adalah aktiva lancar yang memiliki nilai material untuk sektor perusahaan manufaktur.

Alokasi biaya produk gabungan ke produk sampingan dilakukan ketika perusahaan menghitungkan persediaan akhir. Cara menghitung persediaan akhir dipengaruhi oleh metode fifo dan rata-rata tertimbang. Pembayaran pajak terutang akan berkurang dengan penerapan kebijakan pengeluaran barang perusahaan.

Makalah sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan harus mendistribusikan biaya produksi ke beberapa barang yang berhasil dibuat. Alokasi biaya produk gabungan dan produk sampingan akan menentukan laba yang diperoleh perusahaan. Penjualan produk sampingan dapat dijadikan penambah penghasilan atau pengurang beban.

Contoh soal akuntansi produk sampingan terjadi pada PT Rafinternet yang menjual baju sebagai produk utama sebesar Rp 500.000.000 dan kaos kaki sebagai produk sampingan sebesar Rp 1.000.000. Buatlah jurnal penjualan produk sampingan apabila diakui sebagai pendapatan dan pengurang beban?

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2022Kas Rp 1.000.000
Pendapatan Non Operasional Rp 1.000.000
(Jurnal alokasi biaya sampingan sebagai pendapatan)
02/01/2022Kas Rp 1.000.000
Beban Pokok Penjualan Rp 1.000.000
(Jurnal alokasi biaya sampingan sebagai beban)

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Biaya Produksi

Demikian contoh soal akuntansi produk sampingan dan jawabannya yang menjadi pertanyaan diskusi tentang sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan. Hasil penjualan produk sampingan dapat menambah pendapatan non operasional dan dijadikan sebagai pengurang biaya pokok produksi barang tertentu.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Produk Sampingan dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel