Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang : Pengertian dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa menjadi hak optional yang dapat diterapkan pada siklus akuntansi sebelum melaksanakan transaksi periode selanjutnya. Jurnal penyesuaian terdiri dari depresiasi, pengakuan beban dan pendapatan yang masih harus diterima dan dibayarkan periode masa lampau.

Cara membuat jurnal penyesuaian kembali pada perusahaan dagang dan jasa memiliki kesamaan dalam waktu penerbitan jurnal umum tersebut. Bedanya jurnal umum dan jurnal khusus berkaitan dengan transaksi penerimaan kas dan pengeluaran kas untuk pembelian barang jasa sebagai penentu harga pokok penjualan.

Contoh soal jurnal pembalik pada perusahaan jasa akuntansi pengantar berkaitan dengan transaksi pengakuan pendapatan yang masih harus diterima dan beban yang masih harus dibayar. Mengapa perlu dibuat jurnal penyesuaian? kapan jurnal pembalik dibuat? bagaimana siklus akuntansi dari analisa bukti transaksi sampai laporan keuangan? menjadi bagian dari materi akuntansi pengantar.

Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang : Pengertian dan Contoh Soal

Akun-Akun yang Memerlukan Jurnal Penyesuaian Kembali

Sebutkan akun-akun yang memerlukan jurnal penyesuaian kembali dapat menggunakan akrual basis. Prinsip keberlangsungan usaha adalah anggapan bahwa perusahaan akan tetap berjalan dimasa berikutnya dengan adanya alokasi biaya perolehan aktiva tetap yang dinamakan depresiasi atau penyusutan setiap periodenya.

Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik adalah segala aktivitas yang tidak berkaitan dengan arus kas masuk dan arus kas keluaran. Laporan perubahan modal adalah informasi tentang mutasi saldo modal yang dimiliki pemegang saham atas segala penyerahannya ke perusahaan sebagai saham biasa atau saham preferen.

Manfaat jurnal penyesuaian kembali akan didapatkan oleh manajemen perusahaan ketika perusahaan mempunyai adjusment entries dalam jumlah banyak. Menyederhanaan transaksi akan mencegah terjadinya kesalahan pencatatan yang mungkin dilakukan akuntan perusahaan melalui penerapan sistem pengendalian internal.

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Jurnal Pembalik Akuntansi Pengantar

Mengapa Jurnal Pembalik Bersifat Optional Boleh Dibuat atau Tidak

Mengapa jurnal pembalik bersifat optional boleh dibuat atau tidak bergantung pada kebijakan yang ada diperusahaan. Pembagian modal dalam perseroan terbatas dinyatakan dalam bentuk saham biasa dan saham preferen. Adanya pemotongan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 atas transaksi penjualan saham preferen sebesar 1,5%.

Mengapa jurnal penyesuaian kembali bukan merupakan keharusan bagi perusahaan untuk dilakukan pencatatan karena berdampak pada kewajaran laporan keuangan periode berjalan. Hubungan akun riil dengan neraca berkaitan dengan informasi keuangan yang dibawa ke periode selanjutnya untuk dipertanggungjawabkan.

Kapan jurnal pembalik dibuat perusahan yaitu ketika akan dimulai pencatatan perusahaan diperiode mendatang. Pengertian jurnal penyesuaian kembali adalah ayat jurnal umum yang dibuat perusahaan dalam rangka mengurangkan saldo penyesuaian yang telah dibuat periode sebelumnya agar diakui periode sekarang.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Perusahaan Dagang dan Pembahasannya

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pembalik Akuntansi Pengantar

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang dapat menjadi pertanyaan pilihan ganda akuntansi pengantar. Siklus akuntansi akan dimulai dari analisis bisnis tetapi jika perusahaan telah berjalan maka dapat melanjutkan buku lama tanpa harus membuat buku baru untuk pencatatan di perusahaan.

Contoh jurnal pembalik perusahaan jasa terjadi pada PT Rafinternet yang membeli surat berharga senilai Rp 19.200.000 dengan bunga 9% per tahun. PT Rafinternet telah mengakui pendapatan bunga selama 5 bulan dari 9 bulan yang seharusnya didapatkan. Pencatatan jurnal penyesuaian akhir periode sebelumnya adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/03/2021Piutang Bunga Rp 720.000
Pendapatan Bunga Rp 720.000
(Jurnal penyesuaian pendapatan bunga)

Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan dagang memiliki sifat opsional artinya entitas dapat membuat atau tidak membuat apabila ingin memudahkan pengalokasikan beban dan pendapatan. Jurnal pembalik bukan menjadi kewajiban perusahaan setiap awal periode dan harus didukung oleh otorisasi pejabat berwenang.

Cara menyusun jurnal pembalik diawali dengan mengetahui total saldo jurnal penyesuaian yang telah dibuat periode sebelumnya. Neraca saldo setelah penutupan merupakan dasar dalam menentukan laba bersih tahun berjalan yang harus dipotongkan pajak penghasilan tahunan badan paling lambat bulan 4 tahun berikutnya.

Bagaimana cara menyusun jurnal penyesuaian kembali memerlukan informasi tentang alokasi perhitungan anggaran biaya overhead pabrik dan biaya konversi. Maka, ketika perusahaan membuat jurnal penerimaan pendapatan bunga atas investasi yang dilakukannya selama 9 bulan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2021Pendapatan Bunga Rp 720.000
Piutang Bunga Rp 720.000
(Jurnal pembalik pendapatan yang masih harus diterima)
TanggalKeterangan Debit Kredit
30/07/2021Kas Rp 1.296.000
Pendapatan Bunga Rp 1.296.000
(Jurnal mengakui pendapatan bunga yang diterima dari bank)

Baca Juga: Contoh Jurnal Penutup dan Neraca Setelah Penutupan

Demikian jurnal pembalik perusahaan dagang yang menjadi materi akuntansi pengantar. Pertanyaan jurnal pembalik berkaitan dengan pilihan ganda dan soal essay yang dipergunakan sebagai media pembelajaran atas ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester periode akuntansi berikutnya.

0 Response to "Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang : Pengertian dan Contoh Soal"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel