Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dan pembahasannya menjadi catatan bagi perusahaan untuk membandingkan antara penghasilan dan biaya yang telah dikeluarkan. Pendapatan diterima dimuka termasuk akun liabilitas karena perusahaan belum menyerahkan barang yang diminta pelanggan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo pendapatan diterima dimuka hendaknya harus mengetahui isi dari perjanjian kerjasama. Jangka waktu pekerjaan dilaksanakan harus telah dipotongkan dari penghasilan kena pajak. Pajak penghasilan umkm sebesar 0,5% dari peredaran bruto kekayaan perusahaan.

Contoh kasus jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka akan mengakui penghasilan tahun berjalan dan penghasilan tahun selanjutnya. Perusahaan harus dapat mengungkapkan kewajaran tentang perolehan tambahan manfaat ekonomis selama tahun berjalan sebagai penghasilan kena pajak yang disetorkan ke kas negara.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Pembahasannya

Pengertian Pendapatan Diterima Dimuka

Pengertian pendapatan diterima dimuka menurut para ahli adalah penghasilan yang diterima perusahaan tetapi belum terjadi penyerahan barang yang diminta pelanggan. Pemberian uang muka penjualan diharapkan sebagai pengikat kerjasama antara pembeli dan penjual ketika mengadakan transaksi jangka panjang.

Pengertian pendapatan diterima dimuka menurut para ahli adalah kenaikan manfaat ekonomis yang diterima oleh perusahaan sebagai akibat penyerahan transaksi penerimaan kas dimasa mendatang. Liabilitas adalah kewajiban perusahaan untuk menyerahkan sumber daya yang mengandung manfaat ekonomis di masa depan.

Perbedaan pendapatan diterima dimuka dan penjualan jasa adalah pengakuan kas yang diterima perusahaan sebelum dan sesudah penyerahan barang milik pelanggan. Catatan atas laporan keuangan harus dapat mempublikasikan informasi perihal kenaikan manfaat ekonomis yang dapat diukur dengan handal.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka menjadi harapan bagi perusahaan untuk menaikkan omzet penjualan tahun berjalan. Omzet penjualan dalam ilmu perpajakan disebut peredaran bruto. Perusahaan berhak menggunakan metode pembukuan dan peredaran bruto dalam menghitung kewajiban perpajakannya.

Contoh jurnal penyesuaian terdiri dari kelompok deferal dan kelompok akrual. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses akan membedakan penerapan ruang lingkup pemeriksaan laporan keuangan ketika seorang auditor menilai efisiensi dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka telah terjadi ketika PT Rafinternet menerima pembayaran kas sebesar Rp 11.000.000 dari total tagihan. Kerjasama pembuatan produk dilaksanakan selama 3 bulan dengan nilai kontrak Rp 25.000.000. Bagaimana jurnal umum yang dibuat pada saat transaksi berlangsung?

Baca Juga: Contoh Kasus Pembuatan Jurnal Umum Transaksi Perusahaan Jasa Salon

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dan Perhitungan Pembayaran Uang Muka

Uang muka penjualan dan uang muka pembelian digunakan sebagai komitmen kerjasama dalam jangka panjang. Pembayaran uang muka akan diakui sebagai liabilitas jangka pendek karena perusahaan harus dapat menyelesaikan kewajiban dalam pemberian barang dan jasa kena pajak sebelum satu periode akuntansi berjalan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dan perhitungan pembayaran uang muka didasarkan pada asersi manajemen. Pendapatan diterima dimuka boleh diakui sebagai penghasilan bagi perusahaan ketika sudah melaksanakan penyerahan barang dan jasa yang diminta oleh pembeli atau pelanggan perusahaan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo berkaitan dengan alokasi biaya perolehan selama masa manfaat. Setiap transaksi kas masuk dan kas keluar harus dilakukan pencatatan sebagai dasar pembukuan atas laporan perpajakan. Jurnal penerimaan kas dan penyesuaian ketika terjadi penyerahan barang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2021Kas Rp 10.000.000
Pendapatan Diterima Dimuka Rp 10.000.000
(Jurnal pembayaran uang muka pekerjaan)
29/11/2021Pendapatan Diterima Dimuka Rp 10.000.000
Kas Rp 15.000.000
Pendapatan Jasa Rp 25.000.000
(Jurnal pemberian jasa kepada pembeli)

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka dan pembahasannya yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Jurnal penyesuaian diperlukan untuk menyusun laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi sebagai dasar rekonsiliasi atas pencatatan dengan kejadian sebenarnya.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Pembahasannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel