Contoh Soal dan Jawaban Selisih Biaya Overhead Pabrik

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban selisih biaya overhead pabrik akan dilaksanakan ketika perusahaan ingin menentukan jumlah penghasilan bruto. Bagaimana mekanisme dalam pengawasan biaya overhead pabrik ditentukan berdasarkan tingkat kapasitas yang digunakan untuk kegiatan produksi pesanan pelanggan.

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah ketidakefisiensi kegiatan produksi atau kesalahan dalam menentukan dasar penentuan bop aktual. Setiap departemen produksi harus memiliki anggaran penggunaan biaya overhead pabrik yang akan dibandingkan dengan bop sesungguhnya.

Perbedaan biaya overhead pabrik aktual dan applied akan menghasilkan pertanyaan perlakukan selisih bop antar departemen. Contoh soal departementalisasi biaya overhead pabrik berguna untuk menentukan jumlah penghasilan yang didapatkan setiap segmen kegiatan produksi dan pengeluarannya.

Contoh Soal dan Jawaban Selisih Biaya Overhead Pabrik


Pertanyaan dan Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik

Pertanyaan dan contoh soal biaya overhead pabrik perusahaan manufaktur dan jasa tentu dilaksanakan dalam rangka memperoleh informasi tentang harga jual produk. Keuntungan didapatkan perusahaan ketika entitas mampu menjual produk diatas harga pokok produksi dan biaya administrasi selama satu periode tersebut.

Contoh biaya overhead pabrik perusahaan manufaktur seperti biaya tenaga kerja tidak langsung, penyusutan, asuransi bahkan pemakaian listrik dan air setiap departemen. Alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi digunakan sebagai langkah untuk menghitung total pengeluaranya.

Pertanyaan tentang materi biaya overhead pabrik diberikan agar dapat ditentukan kapasitas teoritis dan kapasitas sesungguhnya yang diinginkan. Pembebanan biaya overhead pabrik dibebankan harus didasarkan pada penentuan tarif BOP sesuai kewajaran kegiatan produksi yang ada diperusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas

Penyebab Terjadinya Selisih Biaya Overhead Pabrik

Apa penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah ketidakefisiensinya kegiatan produksi dan kegagalan dalam menentukan tarif BOP aktual. BOP aktual adalah biaya yang tidak dapat ditelusuri dalam produk yang sebenarnya terjadi untuk digunakan sebagai penentuan biaya setiap periodenya.

Penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik dikarenakan adanya pertimbangan bagi karyawan yang ingin menerapkan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan, proses atau aktivitas. Just in time menjadi dasar menentukan tarif bop dibebankan selama satu periode untuk kegiatan produksi selanjutnya.

Penyebab terjadinya selisih biaya overhead pabrik adalah setiap departemen produksi tidak dapat melaksanakan kegiatan penghematan sumber daya manusia dan modal. Departementalisasi biaya overhead pabrik berguna untuk mengalokasikan seluruh beban yang ditimbul ke setiap segmen produksi.

Baca Juga: Alokasi Biaya Departemen Pendukung ke Departemen Produksi Metode Bertahap

Contoh Soal Perlakuan Selisih Biaya Overhead Pabrik

Perlakuan selisih biaya overhead pabrik akan dianggap sebagai BOP kurang dan lebih dibebankan. Bagaimana mekanisme dalam pengawasan biaya overhead dilakukan sebagai sarana mencegah adanya penggunaan sumber daya keuangan yang tidak diperuntukkan sebagai biaya produksi.

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik terjadi pada PT Rafinternet yang menganggarkan BOP dibebankan sebesar Rp 42.000.000. BOP Aktual yang terjadi selama satu kegiatan produksi adalah Rp 70.000.000. Bagaimana cara mengalokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi.

Jurnal transaksi untuk mencatat pembebanan biaya overhead pabrik sesungguhnya ke biaya overhead pabrik dibebankan harus didasarkan data keuangan terutama laporan laba rugi. Perlakuan selisih BOP harus disesuaikan anggaran yang ditetapkan dan perhitungan bop aktual yang terjadi sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/02/2021PDP - BOP Rp 4.200.000
BOP Aplied Rp 4.200.000
(Jurnal Anggaran BOP)
13/02/2021BOP Aktual Rp 70.000.000
Kas Rp 14.000.000
Persediaan Bahan Penolong Rp 17.500.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 24.500.000
Akumulasi Penyusutan Rp 14.000.000
(Jurnal BOP Sesungguhnya)
28/02/2021BOP Applied Rp 4.200.000
Selisih BOP Rp 65.800.000
BOP Aktual Rp 70.000.000
(Jurnal Perlakukan Selisih BOP)

Baca Juga: Dasar Penentuan Biaya Overhead Pabrik Dibebankan

Demikian contoh soal dan jawaban selisih biaya overhead pabrk. Pertanyaan dan perlakuan bop harus segera dilaksanakan guna menentukan jumlah keuntungan dan kerugian selama tahun berjalan. Mekanisme perlakuan dan pengawasan biaya overhead dilaksanakan oleh manajer produksi dan hrd.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Selisih Biaya Overhead Pabrik"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel