Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penutup dan pembalik perusahaan dagang menjadi materi akuntansi pengantar. Neraca saldo setelah penutupan bertujuan agar laporan posisi keuangan menunjukkan kekayaan perusahaan setelah kegiatan operasional. Adanya pembagian laba rugi dilaksanakan untuk memberikan imbal balik kepada pemilik saham.

Contoh soal jurnal penutup perusahaan dagang berlangsung mulai dari transaksi penerimaan barang sampai pembayaran tagihan. Tujuan akuntansi adalah melaporkan kinerja keuangan entitas untuk pertanggungjawaban modal yang diberikan oleh investor ketika menjalankan kegiatan usahanya.

Buku besar terdiri dari riwayat transaksi terdiri dari akun nominal dan akun riil. Akun nominal adalah akun yang tidak dibawa ke periode selanjutnya. Contoh akun nominal adalah pendapatan, biaya yang dikeluarkan perusahaan dan pengambilan pribadi dari pemegang saham perusahaan.

Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang


Fungsi dan Tujuan Jurnal Penutup

Fungsi dan tujuan jurnal penutup ialah mengakhiri penggunaan rekening nominal atau akun sementara. Akun nominal berfungsi untuk mencatat transaksi berkaitan pendapatan, biaya dan prive perusahaan. Akun nominal dapat berguna untuk melaporkan transaksi modal perusahaan setiap periodenya.

Tujuan pembuatan jurnal penutup akuntansi pengantar adalah menghitung kenaikan modal pemilik. Ayat jurnal penutup harus dilakukan posting ke buku besar. Ikhtisar laba rugi digunakan sebagai akun penampung transaksi penambahan dan pengurangan modal akhir kegiatan operasional perusahaan.

Fungsi jurnal penutup adalah mengakhiri penggunaan suatu akun laporan keuangan sehingga saldo akhirnya menjadi nol. Akun nominal bersifat sementara karena hanya berlaku selama satu periode. Pada awal periode berikutnya, akun pendapatan dan beban akan dimulai dengan saldo nol.

Baca Juga: Contoh Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Cara Membuat Jurnal Penutup

Cara membuat jurnal penutup dilakukan setelah akhir periode akuntansi setelah perusahaan mengumumkan mengakhiri pendapatan dan biaya tahun berjalan. Penerapan prinsip matching cost againt revenue dilakukan untuk menghindari adanya pengakuan kinerja keuangan periode sebelumnya.

Cara menyusun jurnal penutup dan pembalik perusahaan dagang dan jasa pada dasarnya akan menggunakan rekening ikhtisar laba rugi. Akun rugi-laba berguna untuk menampung sementara akun penambah modal dan akun pengurang modal di akhir periode akuntansi perusahaan tersebut.

Cara membuat jurnal pembalik dan jurnal penutup dimulai dengan mencari dokumen pendukung yaitu faktur pajak dan bukti transaksi pengeluaran kas. Akuntan harus menghitung seluruh pendapatan, biaya dan prive pemilik modal yang akan mengurangi jumlah laba ditahan dan modal masing-masing pemilik.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Dibebankan

Contoh Soal Jurnal Penutup dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penutup dan jawabannya dilaksanakan setelah proses pembuatan neraca lajur. Neraca lajur adalah media yang digunakan untuk membantu membuat laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi sehingga dapat ditentukan ikhtisar laba rugi yang berlangsung periode tersebut.

Contoh jurnal penutup dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan pendapatan sebesar Rp 78.150.000 dan biaya sebesar Rp 49.567.000. Pemilik saham mengambil modalnya sebesar Rp 7.010.000. Bagaimana cara membuat jurnal penutup perusahaan dagang?

Cara menutup pendapatan, biaya dan prive dilaksanakan setelah perusahaan membayarkan pajak penghasilan tahunan badan. Tarif pph badan adalah 22% dari jumlah penghasilan kena pajaknya. Adapun jurnal penutup yang harus dibuat oleh akuntan perusahaan yaitu:

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/12/2021Pendapatan Rp 78.150.000
Biaya Rp 49.567.000
Prive Rp 7.010.000
Ikhtisar Laba Rugi Rp 21.573.000
30/12/2021Ikhtisar Laba Rugi Rp 21.573.000
Laba Ditahan Rp 21.573.000

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Dagang Akuntansi Pengantar

Demikian contoh soal jurnal penutup dan pembalik perusahaan dagang akuntansi pengantar semoga dapat membantu menjawab pertanyaan wawancara dan soal essay. Penutupan dan penyesuaian kembali di akhir periode diperlukan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel