Contoh Soal dan Jawaban Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang dan Jasa

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban laporan arus kas perusahaan dagang dan jasa akan memberikan informasi tentang aliran kas masuk dan keluar dalam rangka menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Arus kas (Cash Flow) menjadi informasi yang harus diberitahukan kepada klien tentang aliran penggunaan uang setiap periodenya.

Contoh soal laporan arus kas metode tidak langsung dan metode langsung dapat digunakan dalam upaya mengklasifikasikan penggunaan kas dalam tiga kategori yaitu aktivitas operasi, investasi dan pendanaan. Proses pembuatan laporan arus kas akan memudahkan mengetahui mutasi penggunaan kas untuk pembayaran dan penerimaan.

Penyusunan laporan arus kas diikuti dengan perpindahan adanya aktivitas perusahaan dalam perolehan dan penggunaan kas dan setara kas. Pengertian kas dan setara kas adalah aktiva yang digunakan perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya yang bersifat likuid dan tidak mudah berkurang nilainya.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang dan Jasa


Klasifikasi Arus Kas Perusahaan Dagang dan Jasa

Klasifikasi arus kas perusahaan dagang dan jasa diikuti dengan proses pengkonversian aktiva menjadi kas dalam jangka pendek. Laporan arus kas tidak termasuk mutasi kas di bank menjadi kas kecil. Penerimaan kas dan pembayaran kas diperlukan dalam rangka mempermudah penggolongan kas di laporan posisi keuangan.

Aktivitas Operasi

Klasifikasi laporan arus kas perusahaan dimulai dari penggunaan kas dalam rangka memperoleh penghasilan dan beban periode tersebut. Contoh arus kas aktivitas operasi adalah penjualan barang dan jasa, penerimaan royalti dan komisi, pendapatan bunga, pembayaran pesanan dan beban gaji pegawai.

Aktivitas Investasi

Laporan arus kas digolongkan menjadi aktivitas investasi yaitu kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan perolehan dan pelepasan aktiva tetap atau investasi dalam jangka panjang. Contoh aktivitas investasi adalah penjualan aset tetap, penjualan saham, pembelian aktiva tetap dan revaluasi aktiva tetap.

Aktivitas Pendanaan

Klasifikasi laporan arus kas perusahaan dagang dan jasa diantaranya aktivitas pendanaan. Aktivitas pendanaan dalam laporan keuangan berkaitan dengan perubahan jumlah dan komposisi modal di perusahaan. Contoh aktivitas pendanaan adalah penerbitan saham baru dan pembayaran dividen atas laba ditahan.

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Cara Membuat Laporan Arus Kas

Cara membuat laporan arus kas menjadi aktivitas menyusun beberapa aktivitas operasi, investasi dan pendanaan dalam rangka membuat ringkasan arus kas. Arus kas perusahaan dapat dibuat dengan metode langsung dan metode tidak langsung sebagai upaya pertanggungjawaban kas perusahaan.

Laporan arus kas menggunakan metode langsung akan memberikan rincian tentang kas aktual yang digunakan perusahaan. Perusahaan dianjurkan menggunakan metode langsung dalam menyusun laporan arus kas sebab mempermudah mengestimasikan jumlah kas masa depan yang dimilikinya.

Laporan arus kas menggunakan metode tidak langsung akan dimulai dengan melaporkan laba rugi periode berjalan dilanjutkan dengan menyesuaikan transaksi nonkas, beban tangguhan dan dasar akrual atas penghasilan dan pengeluaran perusahaan. Contoh transaksi nonkas adalah penyusutan, pajak tangguhan dan laba entitas perusahaan.

Baca Juga: Cara Membedakan Aktivitas Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas Perusahaan

Contoh Soal Laporan Arus Kas dan Jawabannya

Contoh soal laporan arus kas adalah informasi tentang aliran kas baik penerimaan dan pengeluaran dalam satu periode akuntansi. Arus kas berkaitan dengan transaksi pajak harus disajikan terpisah dan diklasifikasikan sebagai aktivitas operasi. Bunga dan pembagian dividen dapat diakui sebagai aktivitas investasi perusahaan.

Contoh soal dan jawaban laporan arus kas perusahaan dagang dan jasa terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan transaksi penerimaan kas dan pengeluaran kas sebagai berikut:

Laba Netto Rp    40.000.000
Dividen Rp 5.000.000
Peningkatan Piutang Rp 1.000.000
Peningkatan Hutang Rp 7.000.000
Pembelian Peralatan Rp 8.000.000
Beban Penyusutan Rp 4.000.000
Catatan utang bermasalah Rp 20.000.000

Bagaimana cara membuat laporan arus kas metode tidak langsung ? penyusunan laporan arus kas menggunakan metode tidak langsung akan mengakui laba netto sebagai dasar pembuatan cash flow report. Cara menghitung arus kas perusahaan yaitu:

Laba Netto Rp    40.000.000
Dividen Rp (5.000.000)
Peningkatan Piutang Rp 1.000.000
Peningkatan Hutang Rp 7.000.000
Pembelian Peralatan Rp (8.000.000)
Beban Penyusutan Rp (4.000.000)
Catatan utang bermasalah Rp (20.000.000)
Laporan Arus Kas Rp 11.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Pembahasannya

Demikian contoh soal dan jawaban laporan arus kas perusahaan dagang dan jasa semoga dapat membantu bagaimana cara mengklasifikasi aktivitas penerimaan kas dan pengeluaran kas periode tersebut.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang dan Jasa"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel