Contoh Soal Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akad ijarah muntahiya bittamlik dan jawabannya menjadi bagian dari jenis transaksi akuntansi syariah. Pengertian akad ijarah muntahiya bittamlik adalah transaksi sewa menyewa barang dimana pada akhir periode barang yang disewa akan menjadi hak penyewa. Kasus pembiayaan ijarah dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan istilah leasing.

Contoh soal akad ijarah dan jawabannya menjadi bagian dari transaksi yang menggunakan prinsip syariah. Kumpulan pertanyaan tentang akuntansi ijarah berkaitan dengan bagaimana prosedur perpindahan kepemilikan barang pada akhir periode setelah berakhirnya pembayaran sewa operasi.

Makalah akuntansi transaksi ijarah harus dapat mendefinisikan pengertian ijarah, syarat dan rukun transaksi, jenis-jenis akad ijarah, prosedur pembebanan biaya perolehan dan depresiasi, perpindahan kepemilikan aset tersebut. Pertanyaan tentang akuntansi ijarah akan berguna dalam menilai pengakuan awal dan perpindahan kepemilikan aktiva tetap akhir periode.

Contoh Soal Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya


Pertanyaan Tentang Akuntansi Ijarah Muntahiya Bittamlik

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah muntahiya bittamlik adalah sewa menyewa yang akan menyerahkan barang yang disewa kepada pemilik pada akhir periode. Perpindahan kepemilikan barang yang disewa dapat melalui proses hibah atau perjanjian penjualan barang pada akhir periode.

Kumpulan pertanyaan tentang akuntansi akad ijarah muntahiyah bittamlik bagi penyewa akan mengakuinya sebagai beban sewa. Akuntansi ijarah bagi pemilik barang akan mengakui barang yang disewa sebagai hak milik sehingga harus dilakukan depresiasi dan amortisasi terhadap biaya perolehan.

Pertanyaan tentang akad ijarah muntahiya bittamlik tentunya melibatkan syarat dan rukun yang harus dipenuhi agar sesuai dengan prinsip syariah. Apabila terjadi penjualan aktiva yang disewa sebelum masa akad selesai, maka selisih harga jual dengan nilai buku akan dicatat sebagai keuntungan dan kerugian periode tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Ijarah Muntahiya Bittamlik

Contoh soal ijarah muntahiya bittamlik akan mengubah kepemilikan barang dari pemilik barang menjadi milik penyewa. Akuntansi ijarah bagi pemilik barang akan mengalokasikan biaya perolehan sesuai umur manfaat sampai akhir periode dengan menggunakan metode garis lurus dan saldo menurun berganda.

Contoh soal ijarah muntahiyah bittamlik terdiri dari penentuan biaya perolehan, depresiasi dan amortisasi, pendapatan dan beban sewa dan perpindahan kepemilikan barang. Biaya untuk memperbaiki aktiva ijarah akan ditanggung oleh pemilik barang sebab pada dasarnya sewa yang digunakan adalah sewa operasi.

Contoh soal ijarah muntahiya bittamlik akan mengakui biaya atas perbaikan aktiva tetap sebagai beban penyewa sebab pada akhir periode aktiva tersebut milik penyewa. Apabila terjadi penjualan aktiva tetap sebelum masa penggunaannya selesai maka pemilik barang akan mendapatkan keuntungan atau kerugian bergantung nilai buku.

Baca Juga: Perbedaan Ijarah dan Ijarah Muntahiya Bittamlik

Contoh Kasus Pembiayaan Ijarah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh kasus pembiayaan ijarah dalam kehidupan sehari-hari pada dasarnya seperti kita memerintahkan seseorang untuk membelikan aset yang diinginkan dan kita akan melakukan sewa. Perbedaan ijarah dan ijarah muntahiya bittamlik adalah pembayaran biaya sewa yang berbeda diantara kedua akad tersebut sebab adanya perpindahan hak milik barang.

Kasus pembiayaan ijarah dalam kehidupan sehari-hari memungkinkan seorang mencatat transaksi sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku. Perpindahan kepemilikan aktiva tetap akan dilakukan dalam bentuk hibah atau janji untuk melakukan penjualan kapada akhir periode.

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah muntahiya bittamlik terjadi pada PT Rafinternet yang menyewakan laptop dengan harga Rp 11.230.000 selama 2 tahun. Pembayaran sewa per bulan adalah Rp 650.000 dengan perjanjian perpindahan kepemilikan di akhir periode dengan cara hibah. Berapakah keuntungan PT Rafinternet apabila nilai residu sebesar 5% dari biaya perolehan?

Pendapatan Akad Ijarah Rp 15.600.000
Penyusutan Aktiva Tetap Rp 10.668.500
Pendapatan Kotor Rp 4.931.500
Rugi Penghentian Pemakaian Rp 561.500
Pendapatan Bersih Akad Ijarah Rp 4.370.000

Jurnal akuntansi ijarah muntahiya bittamlik pada saat penghentian pemakaian aktiva tetap sebab perpindahan hak milik sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Akumulasi Penyusutan Kendaraan Rp 10.668.500
Rugi Penghentian Pemakaian Rp 561.500
Kendaraan Rp 11.230.000

Baca Juga: Contoh Soal Profit Sharing dan Revenue Sharing

Demikian contoh soal akad ijarah muntahiyah bittamlik dan jawabannya, apabila ada soal ijarah yang kurang paham dapat berkomentar tentang pertanyaan akuntansi ijarah.

0 Response to "Contoh Soal Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel