Contoh Perhitungan Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan penyusutan metode jumlah angka tahun menjadikan perusahaan akan menanggung beban depresiasi lebih besar pada awal penggunaan. Soal dan pembahasan depresiasi jumlah angka tahun akan memperkecil kemungkinan perusahaan dibebankan biaya pajak penghasilan badan.

Rumus penyusutan jumlah angka tahun excel mempermudah akuntan publik meminimalisir pajak penghasilan badan. Contoh soal dan jawaban metode jumlah angka tahun menjadikan akuntan publik memperoleh informasi tentang jumlah laba tahun berjalan yang diperbolehkan dikurangi dengan biayanya.

Contoh soal metode jumlah angka tahun tanpa nilai residu biasanya ketika perusahaan tidak menentukan nilai buku akhir dari sebuah aktiva yang dipergunakan. Depresiasi adalah proses pengalokasian biaya perolehan aktiva tetap untuk kegiatan produksi selama umur manfaat penggunaan atau jumlah produksi maksimal.

Contoh Perhitungan Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun


Apa itu Metode Jumlah Angka Tahun? Bagaimana Contohnya

Metode jumlah angka tahun adalah proses penyusutan biaya perolehan aktiva tetap berdasarkan jumlah angka tahun umur penggunaannya. Misalnya perusahaan membeli kendaraan dengan estimasi umur manfaat selama 4 tahun, maka dapat dihitung 1+2+3+4 = 10. 10 periode harus dialokasikan sesuai umur manfaatnya.

Metode jumlah angka tahun akan mengakibatkan jumlah pajak penghasilan badan yang disetorkan pada awal periode sedikit. Hal ini disebabkan perusahaan mengakui adanya beban yang terlalu banyak sehingga laba tahun berjalan berkurang. Perusahaan berhak melakukan revaluasi aktiva tetap dengan mempertimbangkan kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Contoh penerapan metode jumlah angka tahun pada dasarnya mirip dengan metode saldo menurun berganda. Jumlah beban depresiasi semakin lama akan semakin turun sebab penggunaan aktiva tetap pada awal periode akan dipergunakan secara maksimal sehingga beban depresiasi yang dikeluarkan juga akan banyak.

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Contoh Soal dan Pembahasan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun akan menyebabkan perusahaan diperkenankan melakukan revaluasi. Proses revaluasi akan memperhitungkan jumlah taksiran nilai buku dan perubahan tahun berjalan serta perubahan tahun selanjutnya ketika melakukan depresiasi.

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dan jawabannya terdiri dari proses menentukan biaya perolehan aktiva tetap. Beban depresiasi aktiva tetap akan dimulai ketika aktiva tetap sudah siap untuk proses produksi. Jadi, bagian dari tanggal dan bulan suatu periode dianggap sebagai bagian dari bulan tersebut.

Contoh soal depresiasi metode jumlah angka tahun dan jawabannya telah terjadi pada PT Rafinternet yang telah membeli kendaraan dengan harga perolehan Rp 40.000.000. Kendaraan hanya dapat dipergunakan ketika perusahaan telah melakukan service awal dengan biaya sebesar Rp 10.000.000. Apabila umur manfaat selama 4 tahun, tentukan biaya perolehan dan jurnal depresiasi pada awal periode?

Baca Juga: Contoh Soal Saham Treasuri Dalam Laporan Posisi Keuangan

Contoh Perhitungan Depresiasi Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh perhitungan depresiasi metode jumlah angka tahun tentu dapat digunakan sebagai alat menghindari pembayaran pajak badan. Beban penyusutan yang lebih besar pada awal periode dianalogikan seperti kendaraan baru yang dipergunakan secara maksimal sehingga kerusakan dapat terjadi.

Contoh perhitungan penyusutan metode jumlah angka tahun menjadikan perusahaan dapat menentukan biaya perolehan aktiva tetap. Biaya perolehan didapatkan dengan menjumlahkan seluruh biaya untuk membuat sebuah aktiva tetap siap untuk dipergunakan produksi atau konsumsi dari perusahaan. Jurnal pembelian aktiva tetap adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2020Kendaraan Rp 50.000.000
Kas Rp 50.000.000

Agar alokasi biaya perolehan dapat berjalan maksimal maka perusahaan dapat membuat tabel perhitungan beban depresiasi per tahun. Adapun alokasi biaya perolehan sebagai berikut.

TahunPeriodeTotal PeriodeBiaya PerolehanBeban Depresiasi
2020410 Rp 50.000.000 Rp 20.000.000
2021310 Rp 50.000.000 Rp 15.000.000
2022210 Rp 50.000.000 Rp 10.000.000
2023110 Rp 50.000.000 Rp 5.000.000

Jurnal penyusutan metode jumlah angka tahun akan memperlihatkan bahwa perusahaan akan menanggung beban depresiasi semakin mengecil setiap bertambahnya tahun. Jurnal depresiasi metode jumlah angka tahun pertama adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Depresiasi Rp 20.000.000
Akumulasi Depresiasi Rp 20.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa

Demikian contoh perhitungan penyusutan metode jumlah angka tahun semoga dapat membantu proses alokasi biaya perolehan selama umur manfaat aktiva tetap.

0 Response to "Contoh Perhitungan Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel