Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal kas kecil metode imprest dan pembahasannya akan mempertahankan jumlah kas yang ditetapkan perusahaan pada awal periode. Tujuan dibentuknya kas kecil dalam rangka perusahaan menghindari adanya biaya administrasi bank karena mengeluarkan cek sebagai metode pembayaran.

Contoh soal pilihan ganda mengelola dana kas kecil akan mempergunakan metode imprest dan metode fluktuatif. Metode imprest adalah mekanisme pengelolaan kas kecil dengan mempertahankan dana yang sama setiap periode. Metode fluktuatif adalah mekanisme pengelolaan dana kas kecil dengan mengisi kas yang sama setiap periodenya.

Apa fungsi kas kecil dalam perusahaan adalah membayar tagihan tunai yang berjumlah kecil. Sistem pencatatan kas kecil diperlukan dalam rangka mengelola dana agar perusahaan memperoleh hasil maksimal. Bentuk-bentuk pengeluaran kas kecil harus memperoleh bukti transaksi agar ketika audit dilakukan dapat dibuktikan asersi manajemen yang dipergunakan.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Pembahasannya


Pengertian Kas Kecil dan Fungsinya

Pengertian kas kecil menurut para ahli adalah uang yang dipergunakan untuk membayar transaksi bernominal kecil. Kas kecil diperlukan agar mempermudah perusahaan dalam pengeluaran kas sehingga tidak memerlukan cek. Semakin besar perusahaan maka semakin besar pengeluaran kas setiap harinya.

Fungsi kas kecil dalam perusahaan adalah membayar tagihan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Kas kecil berguna agar pembayaran langsung dapat dilakukan tanpa harus menunggu otorisasi dari pejabat. Pemisahan tugas antara kasir dan pencatat transaksi berguna untuk menghindari adanya pembayaran transaksi yang sudah lunas.

Pengertian kas kecil dan fungsi kas kecil dalam perusahaan berguna sebagai aktiva yang memiliki resiko bawaan. Asersi manajemen adalah representasi perusahaan dalam mencatat bukti transaksi. Asersi manajemen terhadap kas adalah keberadaan, penilaian, hak dan kewajiban serta penyajian dalam laporan keuangan.

Baca Juga: Bagaimana Audit Pemeriksaan Kas Kecil

Soal Mengelola Dana Kas Kecil dan Jawabannya

Soal mengelola dana kas kecil dan jawabannya biasanya dilakukan oleh administrasi perkantoran. Sistem pengendalian internal atas kas yang cocok diterapkan adalah metode imprest. Perusahaan akan membayar tagihan dan melakukan pergantian kas agar jumlah kas kecil sesuai yang ditetapkan.

Soal dan jawaban mengelola dana kas kecil metode imprest akan membuktikan adanya resiko bawaan. Resiko bawaan adalah resiko dari penggunaan rekening laporan keuangan. Sistem pengendalian internal perusahaan dapat diterapkan agar perusahaan tidak kehilangan uangnya. Adapun internal control atas kas dan setara kas yang dapat diterapkan adalah:

  1. Pemisahan tugas karyawan
  2. Penggunaan brankas dengan dua kunci
  3. Rekening penerimaan kas dan rekening pengeluaran kas yang berbeda.
  4. Penggunaan sistem imprest dalam mengelola dana kas kecil
  5. Rekonsiliasi bank setiap periodenya.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan pembahasannya terjadi pada PT Rafinternet yang menetapkan jumlah dana kas kecil sebesar Rp 2.350.000. PT Rafinternet hanya mengeluarkan biaya telepon sebesar Rp 120.000, biaya pemeliharaan kendaraan Rp 620.000 dan pembelian peralatan kantor sebesar Rp 160.000. Buatlah jurnal mencatat transaksi kas kecil?

Baca Juga: Contoh Laporan Kas Kecil Metode Imprest

Contoh Perhitungan Kas Kecil Metode Imprest

Contoh perhitungan kas kecil metode imprest harus mempertimbangkan tujuan dibentuknya kas kecil. Kas kecil adalah sejumlah uang yang dgigunakan untuk membayar transaksi tanpa mengeluarkan cek. Bentuk-bentuk pengeluaran kas kecil diperlukan agar transaksi perusahaan yang memerlukan pembayaran tunai dapat segera dilaksanakan.

Cara menghitung kas kecil dengan metode imprest tentunya harus memperhatikan jumlah dana kas kecil yang telah ditetapkan. Fungsi kas kecil dalam perusahaan adalah untuk pembayaran tunai tanpa memerlukan cek atau transfer bank. Sistem pencatatan kas kecil harus diselenggarakan sedemikian rupa untuk mencegah hilangnya uang perusahaan.

Jurnal mencatat pembentukan dana kas kecil dapat digunakan untuk menghindari penggunaan kas yang tidak bertanggungjawab. Pada metode imprest, penggunaan dana kas kecil hanya akan dijurnal pada akhir periode bersamaan dengan pengisian kembali dana kas kecil. Adapun jurnal pembentukan dan pengisian kembali dana kas kecil adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2020Kas Kecil Rp 2.350.000
Kas Bank Mandiri Rp 2.350.000
(Pembentukan Dana Kas Kecil)
31/12/2020Beban Telepon Rp 120.000
Beban Pemeliharaan Kendaraan Rp 620.000
Perlengkapan Kantor Rp 16.000
Kas Bank Mandiri Rp 756.000
(Pengisian Kembali Kas Kecil)

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Metode Fifo dan Average

Demikian contoh soal kas kecil metode imprest dan pembahasannya semoga dapat membantu menyelesaikan pilihan ganda dan soal essay mengelola dana kas kecil administrasi perkantoran.

0 Response to "Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Pembahasannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel