Akuntansi Transaksi Salam : Pengertian, Contoh Soal dan Jurnalnya

Konten [Tampil]

Akuntansi transaksi salam menjadi materi akuntansi syariah yang memiliki informasi tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan akad salam, contoh soal dan jurnal pencatatan bagi penjual dan pembeli. Akad salam yaitu transaksi yang dilakukan dalam rangka membuat produk sesuai spesifikasi yang diminta oleh pembeli dengan pembayaran tunai di muka.

Contoh soal dan jawaban akuntansi transaksi salam dapat dilakukan sebagai pencatatan jurnal bagi penjual dan pembeli. Soal akuntansi transaksi salam dan salam paralel akan terjadi antara bank syariah dengan perusahaan. Bentuk soal pilihan ganda dan soal essay akad salam dan akas istishna harus diketahui perbedaannya.

Kelebihan dan kekurangan akad salam dan akad istishna dapat dipertimbangkan sebagai sarana pembayaran yang hendak dilakukan pembeli. Rukun dan syarat salam dan istishna harus dilakukan agar memenuhi prinsip syariah dan ketentuan hukum islam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Akuntansi Transaksi Salam : Pengertian, Contoh Soal dan Jurnalnya


Pengertian Akad Salam dan Ilustrasi Akuntansi Akad Salam

Pengertian akad salam menurut para ahli adalah jual beli yang dilakukan dalam rangka memperoleh penghasilan dibayar dimuka sedangkan penyerahan barangnya dilakukan kemudian hari. Ilustrasi akuntansi akad salam dimulai dari pembeli yang memperoleh pesanan dari pihak lain sehingga akan meminta penjual menyediakan barang tersebut.

Ilustrasi akad salam dilanjutkan dengan pembeli menyerahkan modal agar penjual dapat menjalankan proses produksi. Penjual memiliki kewajiban menyerahkan pesanan di waktu yang telah ditentukan sesuai spesifikasi barang yang diminta. Apabila terjadi kegagalan dalam penyerahan barang maka pembeli dapat meminta ganti rugi barang yang dimaksud.

Pengertian akad salam dalam transaksi akuntansi syariah menurut para ahli adalah kegiatan perdagangan untuk mencari keuntungan dimana pembiayaannya akan dilakukan dimuka sedangkan barang diterima kemudian hari. Pembeli harus menyerahkan modal agar transaksi salam dapat dijalankan oleh penjual barang yang sesuai spesifikasinya.

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda

Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Jual Beli Akad Salam

Kelebihan dan kekurangan transaksi jual beli akad salam akan menjadi materi makalah akuntansi salam. Keunggulan akad salam adalah pembeli dapat menentukan spesifikasi barang yang diinginkannya dan penyerahan barang sesuai waktu yang ditentukan. Apabila terjadi kegagalan dalam menjalankan kewajiban maka salah satu pihak harus memberikan jaminan.

Kekurangan akad salam adalah penjual harus memperhatikan spesifikasi yang diminta oleh pembeli agar barang mau diterima. Soal pilihan ganda tentang akad salam berguna sebagai pemberitahuan tentang materi akuntansi transaksi salam yang menjadi pertanyaan tentang akad salam.

Kelebihan jual beli akad salam adalah penjual tidak perlu mencari modal terlebih dahulu karena pesanan sudah dibayar pembeli. Kekurangan jual beli akad salam adalah harga jual harus disesuaikan dengan kesepakatan diantara pihak-pihak yang mengadakan transaksi salam sesuai prinsip syariah.

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Metode Fifo Periodik dan Perpetual

Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Transaksi Salam

Contoh soal dan jurnal akuntansi transaksi salam harus dapat memenuhi rukun dan syarat akad salam. Ilustrasi akad salam pada dasarnya dapat diibaratkan seperti seorang pembeli yang menginginkan barang sesuai spesifikasinya tetapi pembeli harus menyerahkan modalnya terlebih dahulu.

Contoh soal akuntansi transaksi salam dapat menjadi akad syariah yang sering digunakan. Bagi pembeli yang tidak mampu menyediakan barangnya sendiri sehingga memerlukan jasa maklon. Pertanyaan tentang akad salam yaitu pengertian, rukun dan syarat, prinsip syariah, ilustrasi transaksi salam dan jurnal akuntansi yang harus dibuat.

Contoh soal dan jawaban akuntansi transaksi salam telah berlangsung antara PT Rafinternet dan Bank Masraffi. PT Rafinternet ditunjuk sebagai penyedia barang pakaian dari Bank Masraffi dengan total harga Rp 729.000.000 dan harga jual Rp 92.575. Apabila Bank Masraffi akan menjual kembali barang dengan harga Rp 104.835, Berapakah keuntungan yang didapatkan oleh Bank Masraffi?

Total Pinjaman Rp 729.000.000
Harga Barang Normal Rp 92.575
Total Barang Dihasilkan7.875
Harga Jual Barang Rp 104.835
Total Barang Terjual Rp 825.543.775
Total Keuntungan Rp 96.543.775

Jurnal akuntansi transaksi salam yang harus dibuat oleh penjual dan pembeli yaitu:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/04/2021Kas Rp 825.543.775
Hutang Usaha Dalam Negeri Rp 825.543.775
04/04/2021Piutang Salam Rp 729.000.000
Kas Rp 729.000.000
07/04/2021Persediaan Barang Salam Rp 729.000.000
Piutang Salam Rp 729.000.000
11/04/2021Hutang Usaha Dalam Negeri Rp 825.543.775
Persediaan Barang Salam Rp 729.000.000
Margin Salam Rp 96.543.775

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Akuntansi Transaksi Murabahah

Demikian pengertian, contoh soal dan jurnal akuntansi transaksi salam semoga mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan akad salam sebelum menjalankannya.


0 Response to "Akuntansi Transaksi Salam : Pengertian, Contoh Soal dan Jurnalnya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel