Contoh Metode Penyusutan Saldo Menurun Berganda

Konten [Tampil]

Contoh metode penyusutan saldo menurun berganda (double declining balance method) adalah proses melakukan pendistribusian biaya perolehan untuk beberapa periode penggunaan. Beban depresiasi dianggap sebagai biaya tetap yang harus dikeluarkan perusahaan dalam rangka memperoleh penghasilan setiap periodenya.

Contoh soal dan jawaban penyusutan metode saldo menurun berganda akan menjadikan perusahaan mengalami biaya depresiasi semakin menurun. Penurunan biaya depresiasi diakibatkan perusahaan menerapkan metode saldo menurun sehingga nilai buku awal periode dijadikan dasar untuk membebankan penyusutannya.

Contoh soal penyusutan metode saldo menurun berganda dan jawabannya akan memberikan informasi bahwa perusahaan mengakui adanya nilai buku awal periode. Nilai buku awal periode adalah selisih antara biaya perolehan dengan akumulasi depresiasi pada awal tahun. Nilai residu pada akhir periode biasanya akan diabaikan dan disesuaikan dengan nilai yang diperkirakan atas penggunaan manfaat tersebut.

Contoh Metode Penyusutan Saldo Menurun Berganda


Contoh Soal Metode Saldo Menurun Berganda

Contoh soal metode saldo menurun berganda akan mengungkapkan biaya perolehan yang semakin turun setiap periodenya yang diakibatkan adanya perkalian tarif depresiasi. Nilai residu dan nilai buku menjadi batas akhir dari jumlah depresiasi yang akan dilakukan sehingga biaya penyusutan yang besar pada tahun awal penggunaan.

Contoh soal dan jawaban metode saldo menurun berganda pada dasarnya menggunakan rumus excel yaitu perkalian antara tarif depresiasi dengan nilai buku awal periode. Beban depresiasi dan akumulasi depresiasi dapat dijadikan sebagai pengurang pendapatan tahun berjalan dalam laporan SPT Badan.

Contoh soal penyusutan metode saldo menurun berganda telah terjadi pada PT Rafinternet yang berhasil memenangkah lelang sepeda motor seharga Rp 70.000.000. Agar kendaraan dapat dipergunakan memerlukan biaya service sebesar Rp 5.000.000. Taksiran umur manfaat selama 4 tahun dan perusahaan menggunakan double declining method. Buatkah jurnal penyusutan setiap periodenya?

Baca Juga: Contoh Soal Metode Jumlah Angka Tahun

Cara Menghitung Biaya Penyusutan Saldo Menurun Berganda

Cara menghitung biaya penyusutan saldo menurun berganda tentunya harus mempertimbangkan biaya perolehan aktiva tetap. Masa manfaat aset tetap adalah lebih dari satu periode akuntansi dan dipergunakan sebagai alat untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari.

Rumus saldo menurun berganda excel akan mempermudah proses alokasi biaya perolehan. Biasanya biaya depresiasi saldo menurun tidak akan menghasilkan perhitungan sempurna sehingga pada akhir periode harus menyesuaikan biaya depresiai dengan nilai residu atau nilai buku yang dikehendaki perusahaan.

Cara menghitung biaya penyusutan saldo menurun berganda akan memiliki tarif dua kali lipat daripada metode garis lurus. Apabila aktiva perusahaan memiliki umur manfaat selama 4 tahun maka dianggap sebagai aktiva tetap kategori pertama dalam perpajakan dengan tarif depresiasi 25% untuk garis lurus dan 50% untuk saldo menurun.

Baca Juga: Contoh Soal Metode Garis Lurus

Jurnal Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda

Jurnal penyusutan metode saldo menurun berganda diperlukan sebab perusahaan harus mengakui adanya beban tahun berjalan. Beban tahun berjalan dan pendapatan tahun berjalan harus diperbandingkan pada periode yang sama untuk memperhitungkan kinerja perusahaan selama satu periode.

Jurnal penyusutan saldo menurun berganda dapat digunakan sebagai dasar pembuatan penyesuaikan pada akhir periode. Bagaimana cara membuat tabel depresiasi metode saldo menurun? Nilai buku awal periode untuk penyusutan diakui sebesar biaya perolehan aktiva tetap.

Tahun Nilai Buku Tarif Depresiasi Beban Depresiasi Akumulasi Depresiasi
2020 Rp 75.000.000 50% Rp 37.500.000 Rp 37.500.000
2021 Rp 37.500.000 50% Rp 18.750.000 Rp 56.250.000
2022 Rp 18.750.000 50% Rp 9.375.000 Rp 65.625.000
2023 Rp 9.375.000 50% Rp 9.375.000 Rp 75.000.000

Jurnal depresiasi double declining method menjadi metode penyusutan yang menerapkan pengakuan beban sesungguhnya. Sebab, aktiva tetap pada awal periode akan dipergunakan menghasilkan pendapatan lebih banyak karena aktiva tergolong masih baru sehingga belum mengalami kerusakan atau usang.

Bagaimana cara menghitung biaya depresiasi menggunakan metode saldo menurun berganda akan berpengaruh terhadap penentuan biaya perolehan pada awal periode. Nilai residu menjadi patokan akhir untuk mengakui adanya biaya penyusutan di akhir periode. Adapun jurnal penyusutan metode saldo menurun berganda adalah.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020Beban Depresiasi Rp 37.500.000
Akumulasi Depresiasi Rp 37.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Metode Satuan Hasil Produksi

Demikian contoh metode penyusutan saldo menurun berganda (double declining balance method) semoga dapat membantu proses alokasi biaya perolehan aktiva tetap sesuai umur manfaatnya.

0 Response to "Contoh Metode Penyusutan Saldo Menurun Berganda"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel