Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal dividen saham dan jawabannya menjadi salah satu bentuk imbal balik atas investasi modal yang diberikan pemegang saham. Alasan perusahaan untuk membayar dividen saham adalah menghindari adanya masalah likuidasi perusahaan apabila membayar dividen menggunakan kas dan setara kas.

Jelaskan hubungan dividen dengan laba ditahan tentunya berkaitan dengan jumlah yang akan dibagikan kepada para investor. Contoh soal dividen saham preferen dan saham biasa akan diberikan kepada pemegang saham yang memiliki persentase kepemilikan diperusahaan. Saham adalah bukti penyertaan modal di perseroan terbatas.

Contoh soal saham preferen dan saham biasa manajemen keuangan memberikan informasi tentang berapakah jumlah laba ditahan yang akan dibagikan pada tanggal pengumuman. Contoh soal metode non kumulatif dan non partisipatif berkaitan dengan tingkat pekerjaan yang diberikan oleh pemegang saham perusahaan.

Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya


Alasan Perusahaan Memberikan Dividen Saham

Alasan perusahaan untuk memberikan dividen saham adalah mempertahankan rasio likuiditas untuk menjalan kegiatan operasionalnya. Kas dan setara kas menjadi aktiva yang rentan adanya risiko terutama kecurangan sehingga perusahaan lebih memprioritaskan membagikan dividen dalam bentuk saham walaupun pemegang saham tidak memperoleh penghasilan.

Mengapa perusahaan memberikan dividen saham daripada dividen kas tentunya dapat memperluas pangsa pasar di perusahaaan. Beban administrasi dan beban pemasaran menjadi pertimbangkan dewan komisaris ketika akan memutuskan membagian dividen atas laba ditahan periode tersebut.

Alasan perusahaan memberikan dividen saham adalah mempertahankan jumlah kas yang dapat digunakan untuk membayar liabilitas yang jatuh tempo. Masalah likuiditas bagi perusahaan baru sering terjadi bahkan ketika pemegang saham meminta pembagian laba per lembar saham.

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Laba Rugi Perusahaan

Bagaimana Cara Pembagian Dividen Saham

Bagaimana cara pembagian dividen saham tentunya memerlukan otorisasi dari pejabat perusahaan yaitu dewan komisaris. Pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 akan dikenakan pada wajib pajak orang pribadi dengan tarif sebesar 10%. Dividen dari koperasi tidak akan dikenakan pajak penghasilan apabila memiliki nilai kurang dari 240ribu per bulan.

Tata cara pembagian dividen saham tentunya harus menetapkan tanggal pengumuman dan tanggal pembagian dividen. Harga saham akan cenderung naik ketika tanggal pengumuman akan terjadi dan cenderung turun ketika perusahaan telah membagikan dividen saham perusahaan.

Pembagian dividen dalam perusahaan dapat dilakukan setiap tahunnya. Perusahaan besar biasanya melakukan pembagian laba ditahan sebagai dividen setiap kuartalan untuk memberikan imbal balik atas investasi diperusahaan. Semua dividen kecuali dividen saham akan mengurangi jumlah modal di perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Pembahasannya

Contoh Soal Perhitungan Dividen Saham dan Pembahasannya

Contoh soal perhitungan dividen saham dan pembahasannya tentunya perusahaan tidak akan mengeluarkan aset bahkan mengakui adanya hutang tetapi akan menerbitkan tambahan saham sebagai imbalan investasi pemegang saham. Dividen tunai, dividen properti dan dividen likuidasi mengakibatkan jumlah ekuitas perusahaan berkurang.

Contoh soal dividen saham dan pembahasannya telah terjadi pada PT Rafinternet yang didirikan dengan sebanyak 7.000 seharga Rp 9.000. Apabila perusahaan mendapatkan laba ditahan sebesar Rp 89.000.000 dan membagian dividen saham sebanyak 15% dari 80% saham ditanam dengan harga Rp 11.000. Buatlah jurnal pengumuman dan jurnal pembagian dividen tunai atau dividen saham tersebut?

Cara menghitung pembagian dividen saham dan jawabannya tentu membutuhkan laporan posisi keuangan sebelum adanya transaksi tersebut. Dividen saham tidak akan melibatkan jumlah ekuitas berkurang bahkan tidak akan mengeluarkan aktiva bahkan menambah likuiditas. Adapun necara saldo yang dibuat sebagai berikut.

Saham Biasa Rp 50.400.000
Agio Saham Biasa Rp 11.200.000
Laba Ditahan Rp 89.000.000
Jumlah Rp 150.600.000

Cara menghitung jumlah dividen saham yang akan dibagikan tentunya sebesar 7000*80% = 5.600. Dividen saham akan mengakibatkan jumlah saham perusahaan bertambah sehingga pada saat pengumuman harus dibuatkan jurnal umum sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/01/2020Laba Ditahan Rp 61.600.000
Saham Akan Diterbitkan Rp 50.400.000
Agio Saham Biasa Rp 11.200.000

Jurnal pembagian dividen yang dibuat akan menjadikannya saham yang siap untuk dimiliki oleh masing-masing pemegang saham. Adapun jurnal pembagian dividen adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Saham Akan Diterbitkan Rp 50.400.000
Saham Biasa Rp 50.400.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Obligasi Dengan Diskonto dan Premium

Demikian contoh soal dividen saham dan jawabannya semoga dapat membantu proses memahami siklus pembagian laba per lembar saham perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel